14 Rekomendasi Aneka Jajanan Pasar dan Kue Lezat

Dwi Latifatul Fajri
22 Desember 2021, 17:34
Jajanan Pasar
Kemdikbud.go.id
Aneka Jajanan Pasar

Jajanan pasar adalah makanan khas Indonesia yang dijual di pasar tradisional. Jajanan tradisional ini bisa dijadikan sebagai camilan dan hidangan untuk acara.

Sebagai generasi penerus Anda perlu mengetahui jajanan pasar. Selain pasar tradisional, kalian bisa menemukan pedagang keliling yang menjual kue atau jajanan pasar.

Ada berbagai jenis camilan yang dijual di pasaran. Kini, jajanan pasar dulu diubah kekinian untuk menarik minat pembeli. Contohnya, bakpia oleh-oleh khas Yogyakarta yang tersedia berbagai rasa.

Ada banyak varian rasa makanan tradisional yang ditawarkan. Anda akan menemukan makanan yang manis seperti kue lapis, jajanan pasar rasa pedas, dan gurih.

Selain itu, makanan tradisional yang dijual umumnya masih menggunakan bahan alami, sehingga menyehatkan. Jajanan tradisional harganya lebih ekonomis dan rasanya tak kalah dengan makanan kekinian.

Aneka Jajanan Pasar

1. Dadar Jagung

Bahan utama dadar jagung adalah terigu, telur, dan jagung. Dadar jagung termasuk makanan gorengan yang banyak dijual di pasar dan pedagang keliling. Dadar jagung punya rasa gurih karena campuran bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Nama lain dadar jagung adalah perkedel jagung yang bisa dijadikan camilan, sekaligus lauk makanan.

2. Risoles

Risoles
Risoles (pixabay.com/mufidpwt)

Makanan risol berisi daging cincang, potongan telur, dan sayuran. Risoles termasuk jajanan pasar yang digoreng. Di bagian luarnya dilapisi campuran telur ayam dan tepung panir sehingga adonan menutup isi makanan.

Risoles banyak dijual di pasar tradisional. Selain isi daging, risoles yang dijual kebanyakan berisi potongan sayur dan telur.

3. Kroket

Kroket termasuk jajanan pasar kekinian karena isinya daging dan sayur. Isian kroket hampir sama dengan risoles. Bedanya ada pada bentuk ukuran kroket yang lebih bundar atau pipih.

Isian kroket seperti kentang tumbuk, daging cincang, wortel, dan buncis balut dengan tepung panir yang digoreng.

4. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau atau burjo, merupakan cemilan manis yang bisa disantap dalam keadaan hangat atau dingin. Bubur kacang hijau terbuat dari kacang hijau, santan, dan gula.

Bahan tersebut dimasukkan dalam satu wadah besar lalu direbus. Kacang hijau yang sudah lunak pertanda sudah matang. Di pasar tradisional, bubur kacang hijau ditambahkan santan putih lalu dicampur. Santan bisa menambah rasa gurih dan sedikit asin pada bubur.

5. Bubur Sumsum

Makanan cair dan lembut selanjutnya adalah bubur sumsum. Bahan utama bubur sumsum adalah tepung beras dan kuahnya dari gula merah yang sudah dicairkan. Tepung berat ini dimasak sampai lunak dan kenyal menjadi bubur. Bubur sumsum ditambahkan kuah manis untuk penambah rasa manis dan gurih.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...