4 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Cara Memperolehnya

Image title
23 Desember 2021, 17:14
manfaat lidah buaya untuk wajah
Pixabay/endriqstudio
Ilustrasi lidah buaya

Aloe vera tidak hanya dikenal berkhasiat bagi kesehatan kulit kepala dan rambut saja. Tetapi, tanaman tersebut juga memiliki segudang manfaat lain. Misalnya, manfaat lidah buaya untuk wajah.

Habitat asli tanaman lidah buaya berasal dari daerah kering seperti Afrika, Asia, dan Amerika. Lidah buaya diketahui masuk dalam suku Liliaceae. Di mana selain lidah buaya, diperkirakan masih ada 4.000 jenis tumbuhan yang tergolong suku ini.

Advertisement

Lidah buaya sendiri terdiri lebih dari 250 jenis. Tanaman ini bisa tumbuh di lingkungan yang cukup ekstrim seperti pada daerah kering ataupun dingin. Sebab, lidah buaya memiliki kemampuan untuk menutup stomata daun sampai rapat pada musim kemarau. Hal ini bertujuan agar lidah buaya tidak  kehilangan air dari daunnya.

Selain itu, menurut sejumlah literatur disebutkan bahwa lidah buaya termasuk tanaman yang efisien dalam penggunaan air. Jika dilihat dari fisiologi tumbuhan, lidah buaya termasuk dalam jenis tanaman CAM (Crassulacean Acid Metabolism) dengan sifat tahan kekeringan.

Kandungan Gizi Lidah Buaya

Saat ini lidah buaya sudah banyak digunakan dalam beberapa produk kesehatan. Ini mengingat, tanaman tersebut memang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Dikutip dari situs Lifebuoy.co.id, kandungan nutrisi pada lidah buaya antara lain sebagai berikut:

Vitamin:

  • Vitamin B.
  • Vitamin B12.
  • Vitamin E.
  • Vitamin C.
  • Dan vitamin lainnya.

Asam Folat

Mineral:

  • Kalsium.
  • Sodium.
  • Magnesium.
  • Kromium selenium.
  • Zinc.
  • Potassium mangan.

Selain kandungan di atas, lidah buaya dipercaya kaya akan antioksidan yang bermanfaat melindungi kulit dari sengatan sinar UV. Kemudian, lidah buaya diketahui bersifat antiinflamasi, yaitu terdapat sebuah enzim yang disebut Bradykinase. Di dalam tanaman Aloe vera juga punya banyak kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Melihat dari kandungan gizinya saja, bukan hal aneh kalau tanaman ini sangat berkhasiat. Termasuk manfaat lidah buaya untuk wajah.

Seperti dijelaskan di atas, nutrisi, mineral, dan kandungan lainnya pada lidah buaya memiliki peran cukup besar dalam menjaga kesehatan kulit serta wajah. Oleh karenanya, tanaman ini mulai banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk produk kecantikan maupun kesehatan.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Dilansir dari Healthline, lidah buaya adalah salah satu tanaman herbal yang paling banyak digunakan untuk mengatasi kondisi dan masalah pada kulit topikal. Komponen di dalam daging lidah buaya yang berupa gel sejak dulu dianggap mampu menyembuhkan kulit dari berbagai penyakit ringan.

Selain berkhasiat, lidah buaya juga punya banyak manfaat bagi kesehatan wajah. Masih dilansir dari Healthline dan Phram Easy, berikut daftar manfaat lidah buaya untuk wajah. Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini:

1. Membantu Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang pertama yaitu dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Tanaman lidah buaya mengandung banyak antioksidan yang berfungsi menghalau paparan sinar UV ke kulit.

Selain itu, gel lidah buaya bersifat mendinginkan dan mampu melembabkan kulit. Meski bisa melindungi dari sinar matahari, penggunaan sunscreen masih dianjurkan. Sebab, berdasarkan riset dari sumber terpercaya menunjukkan bahwa memakai lidah buaya bukan cara yang efektif untuk mencegah sengatan matahari.

2. Melawan Penuaan Kulit

Selain bisa melembabkan, lidah buaya juga diketahui dapat melawan penuaan kulit pada wajah. Gel lidah buaya memiliki vitamin C dan E, beta-karoten yang berlimpah. Oleh karena itu, tanaman ini memiliki sifat anti penuaan. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement