16 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan hingga Obat Penyakit Lambung

Lidah buaya sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat lidah buaya ternyata sangat banyak. Apa saja manfaatnya?
Image title
16 Agustus 2021, 10:44
16 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan Hingga Obat Penyakit Lambung
pixabay.com
Lidah buaya tanaman kaya nutrisi dan manfaat

Manfaat lidah buaya sudah lama digunakan untuk berbagai kebutuhan. Lidah buaya atau Aloe vera ini merupakan tanaman bermanfaat yang mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman ini sebenarnya bukan berasal dari Tanah Air, melainkan dari dKepulauan Canary sebelah barat Afrika.

Tanaman ini biasanya digunakan untuk obat dan produk perawatan tubuh mulai dari wajah, rambut, hingga kulit. Ingin tahu apa saja manfaat lidah buaya? Berikut ini penjelasannya.

Kandungan Lidah Buaya

Sebelum menilik lebih jauh manfaat dari lidah buaya, tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan baik yang ada di dalam tanaman yang satu ini. Dilansiar dari pertanian.pontianakkota.go.id, lidah buaya memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin B3, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

Juga mengandung Choline, Inositol, Folic acid, kalsium, magnesium, potasium, sodium, zat besi, seng, kromium, beberapa jenis enzim, dan asam amino. Kandungan baik tersebut memiliki peranan yang berbeda, namun semuanya baik untuk kesehatan jika digunakan dengan cara yang tepat.

Advertisement

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Sudah sejak lama, lidah buaya dipercaya baik untuk kecantikan bahkan tanaman yang satu ini biasa dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah.

1. Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

Tinggal di negara tropis terkadang membuat kulit menjadi mudah kering. Kondisi tersebut tentu saja menjadi kurang nyaman. Terlebih kulit kering di wajah bisa menyebabkan iritasi hingga rasa perih.

Kondisi ini jika tidak segera diatasi bisa berakibat lebih parah. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan berbagai produk pelembab. Sebenarnya sudah banyak produk kecantikan yang bisa melembabkan kulit wajah, namun jika anda ingin menggunakan bahan alami, anda bisa menggunakan daging buah lidah buaya.

2. Membuat Wajah Menjadi Cerah Alami

Wajah cerah dan bersinar ternyata bisa diperoleh dengan menggunakan bahan alami. Lidah biaya ternuata memiliki kandungan enzim yang bisa mencerahkan kulit dan mengatasi kulit kusam. Anda bisa mengoleskan daging lidah buaya sebagai masker secara rutin, dan wajah cerah alami bisa di dapatkan.

3. Menghilangkan Noda Hitam

Terkadang kita sering melihat adanya noda hitam di wajah. Kondisi ini tentu cukup menggangu. Terlebih jika noda hitam sudah banyak pasti akan sulit untuk diatasi sekalipun dengan menggunakan make up tebal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami, salah satunya lidah buaya. Manfaat lidah buata ini bisa dirasakan jika anda menggunakannya secara teratur.

4. Menunda Penuaan Dini

Manfaat lidah buya untuk wajah selanjutnya bisa untuk mencegah penuaan dini. Tanda penuaan dini bisa dilihat dari munculnya kerutan di wajah. Biasanya penuaan dini ini disebabkan oleh terlalu sering kulit terpapar radikal bebas atau bisa juga disebabkan perawatan yang kurang cocok. Untuk mengatasi tersebut, anda bisa menggunakan gel atau daging lidah buaya secara rutin, hingga tanda-tanda penuaan dini menghilang.

5. Mengatasi Jerawat

Gangguan pada wajah berikutnya yang sering dikeluhkan banyak orang yaitu jerawat. Sejauh ini sebenarnya sudah banyak produk kecantikan yang meng-klaim bisa mengatasi masalah jerawat, namun sayangnya tidak semua produk efektif bahkan ada juga produk kecantikan yang memberikan efek samping kurang bagus untuk wajah. Maka dari itu, akhirnya banyak orang beralih menggunakan produk dari bahan alami.

Lidah buaya bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah jerawat. Bahan alami ini memiliki kandungan anti mikroba yang baik untuk mencegah munculnya jerawat. Selain itu, kandungan saponin dan astringent juga bisa berperan sebagai antibakteri dan mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat.

6. Make up Remover

Produk make up remover atau pembersih make up tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya produk ini berbentuk cair yang diaplikasikan sebelum cuci muka atau setelah cuci muka untuk memastikan semua make up terangkat. Siapa sangka lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghapus make up. Bahan alami ini tidak hanya bisa membersihkan wajah namun juga bisa melembabkan dan memberikan nutrisi pada wajah. Wajah akan menjadi bersih dan lebih sehat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

Selain bisa untuk menjaga kesehatan wajah, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tulit. Ada beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit. Berikut ini penjelasannya:

1. Menyembuhkan Luka Bakar

Terkadang secara tidak sengaja kulit kita terkena api atau bahan sejenisnya sehingga menyebabkan luka bakar. Kondisi ini jika dibiarkan bisa menyebabkan perih hingga bekas luka yang menggangu penampilan.

Untuk mengatasi luka bakar, anda bisa juga menggunakan lidah buaya sebagai obat alaminya. Lidah buaya memiliki sifat anti mikroba sehinga bisa membersihkan luka dan mencegah adanya infeksi pada luka tersebut. Biasanya lidah buaya digunakan juga untuk menyembuhkan luka bakar karena terpapar sinar matahari yang sangat terik.

2. Melindungi Kulit

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh. Kulit juga menjadi jaringan pertama yang akan terpapar berbagai bahan dari luar. Untuk itu, penting sekali menjaga dan melindungi kulit dari berbagai bahaya mulai dari paparan bahan kimia hingga mikroba. Untuk melindungi kulit anda bisa memanfaatkan lidah buaya karena bahan alami ini dipercaya bisa membuat kulit tetap terhidrasi sehingga selalu sehat dan bersih.

3. Mengurangi Peradangan

Manfaat lidah buaya untuk kulit selanjutnya yaitu bisa mengurangi peradangan. Radikal bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya peradangan pada kulit. Peradangan ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan kulit lainnya seperti iritasi.

Untuk mengatasi tersebut lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting untuk mencegah peradangan. Anda bisa mengolahnya sebagai jus kemudin meminumnya secara rutin atau bisa juga dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang mengalami peradangan.

4. Memudarkan Stretch Mark

Stretch mark bisanya muncul pada perempuan yang sedang hamil, namun kondisi ini juga bisa dialami oleh mereka yang mengalami kenaikan berat badan diatas batas normal. Stretch mark menjadi tanda bahwa elastisitas dari kulit berkurang.

Kondisi ini terkadang menjadi masalah karena banyak orang yang memiliki stretch mark menjadi kurang percaya diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai obatnya. Manfaat lidah buaya ini bisa anda gunakan sebagai sabun setiap harinya. Penggunaan rutin bisa membuat stretch mark lebih cepat memudar.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut, bahkan beberapa masalah rambut bisa dengan mudah diatasi dengan menggunakan bahan alami yang satu ini. Beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut, sebagai berikut:

1. Menghilangkan Ketombe

Masalah rambut yang satu ini seringkali membuat kulit kepala menjadi tidak nyaman karena area kepala menjadi lebih gatal. Ketombe bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari produksi minyak yang berlebihan, adanya sel mati di kepala, hingga infeksi di kepala. Manfaat lidah buaya untuk menghilangkan ketombe disini karena bahan alami ini memiliki sifat anti mikroba dan bisa mengatasi infeksi serta menenangkan kulit kepala.

2. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok juga menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Kondisi ini jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan rambut menjadi tipis. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin B12 dan asam folat yang berperan pentin untuk mengatasi rambut rontok. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E juga bisa meregenerasi sel yang membuat sel-sel rambut menjadi lebih sehat.

3. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Bagi anda yang memimpikan memiliki rambut panjang, manfaat lidah buaya ini bisa menjadi pilihan cara. Lidah buata dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut bisa dengan cepat tumbuh panjang. Tidak hanya pertumbuhan yang cepat namun bisa juga menghasilkan rambut yang sehat dan kuat.

4. Mengatasi Minyak di Rambut

Rambut yang berminyak bisa menjadi pemicu masalah rambut seperti ketombe hingga aroma yang tidak sedap. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menggunakan bahan alami dari lidah buaya untuk merawat rambut dan mengurangi minyak yang berlebih.

5. Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Selain dengan cara rutin dipotong, rambut bercabang juga bisa diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Manfaat lidah buaya bisa mengangkat sel kulit mati di kapala, dengan hilangnya sel kulit mati tersebut, maka rambut akan tumbuh lebih sehat dan rambut bercabang bisa teratasi.

6. Melembabkan Rambut

Rambut juga ternyata membutuhkan pelembab. Sama seperti kulit, rambut juga bisa mengalami kering dan kondisi ini bisa menyebabkan rambut menjadi kusut dan tak jarang mengalami kerontokan. Manfaat lidah buaya ternyata bisa menjadi pelembab alami untuk rambut. Menggunakan secara rutin, akan membuat anda mendapatkan rambut yang lembut, halus, dan sehat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Penyakit Lambung

Kita semua sudah mengetahui bahwa manfaat lidah buaya sangatlah beragam. Tetapi tidak cukup sampi disitu saja, karena ternyata lidah buaya ini memiliki manfaat sebagai obat alami penyaki asam lambung. Dikutip dari laman halodoc.com, disebutkan bahwa lidah buaya memiliki manfaat untuk mengurangi gejala dari refluks asam lambung. Lidah buaya yang digunakan untuk pengobatan penyakit ini yaitu lidah buaya yang sudah diolah menjadi jus.

Selain itu, disebutkan juga bahwa manfaat lidah buaya untuk penyakit asam lambung ini dikarenakan bahan alami ini memiliki kemampuan antiinflamasi dan bisa mengurangi produksi asam di lambung. Namun jika setelah konsumsi jus lidah buaya, rasa sakit tidak kunjung menghilang sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan ke dokter, agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait