16 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan hingga Obat Penyakit Lambung

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 10:44
16 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan Hingga Obat Penyakit Lambung
pixabay.com
Lidah buaya tanaman kaya nutrisi dan manfaat

Manfaat lidah buaya sudah lama digunakan untuk berbagai kebutuhan. Lidah buaya atau Aloe vera ini merupakan tanaman bermanfaat yang mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman ini sebenarnya bukan berasal dari Tanah Air, melainkan dari dKepulauan Canary sebelah barat Afrika.

Tanaman ini biasanya digunakan untuk obat dan produk perawatan tubuh mulai dari wajah, rambut, hingga kulit. Ingin tahu apa saja manfaat lidah buaya? Berikut ini penjelasannya.

Advertisement

Kandungan Lidah Buaya

Sebelum menilik lebih jauh manfaat dari lidah buaya, tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan baik yang ada di dalam tanaman yang satu ini. Dilansiar dari pertanian.pontianakkota.go.id, lidah buaya memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin B3, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

Juga mengandung Choline, Inositol, Folic acid, kalsium, magnesium, potasium, sodium, zat besi, seng, kromium, beberapa jenis enzim, dan asam amino. Kandungan baik tersebut memiliki peranan yang berbeda, namun semuanya baik untuk kesehatan jika digunakan dengan cara yang tepat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Sudah sejak lama, lidah buaya dipercaya baik untuk kecantikan bahkan tanaman yang satu ini biasa dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah.

1. Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

Tinggal di negara tropis terkadang membuat kulit menjadi mudah kering. Kondisi tersebut tentu saja menjadi kurang nyaman. Terlebih kulit kering di wajah bisa menyebabkan iritasi hingga rasa perih.

Kondisi ini jika tidak segera diatasi bisa berakibat lebih parah. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan berbagai produk pelembab. Sebenarnya sudah banyak produk kecantikan yang bisa melembabkan kulit wajah, namun jika anda ingin menggunakan bahan alami, anda bisa menggunakan daging buah lidah buaya.

2. Membuat Wajah Menjadi Cerah Alami

Wajah cerah dan bersinar ternyata bisa diperoleh dengan menggunakan bahan alami. Lidah biaya ternuata memiliki kandungan enzim yang bisa mencerahkan kulit dan mengatasi kulit kusam. Anda bisa mengoleskan daging lidah buaya sebagai masker secara rutin, dan wajah cerah alami bisa di dapatkan.

3. Menghilangkan Noda Hitam

Terkadang kita sering melihat adanya noda hitam di wajah. Kondisi ini tentu cukup menggangu. Terlebih jika noda hitam sudah banyak pasti akan sulit untuk diatasi sekalipun dengan menggunakan make up tebal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami, salah satunya lidah buaya. Manfaat lidah buata ini bisa dirasakan jika anda menggunakannya secara teratur.

4. Menunda Penuaan Dini

Manfaat lidah buya untuk wajah selanjutnya bisa untuk mencegah penuaan dini. Tanda penuaan dini bisa dilihat dari munculnya kerutan di wajah. Biasanya penuaan dini ini disebabkan oleh terlalu sering kulit terpapar radikal bebas atau bisa juga disebabkan perawatan yang kurang cocok. Untuk mengatasi tersebut, anda bisa menggunakan gel atau daging lidah buaya secara rutin, hingga tanda-tanda penuaan dini menghilang.

5. Mengatasi Jerawat

Gangguan pada wajah berikutnya yang sering dikeluhkan banyak orang yaitu jerawat. Sejauh ini sebenarnya sudah banyak produk kecantikan yang meng-klaim bisa mengatasi masalah jerawat, namun sayangnya tidak semua produk efektif bahkan ada juga produk kecantikan yang memberikan efek samping kurang bagus untuk wajah. Maka dari itu, akhirnya banyak orang beralih menggunakan produk dari bahan alami.

Lidah buaya bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah jerawat. Bahan alami ini memiliki kandungan anti mikroba yang baik untuk mencegah munculnya jerawat. Selain itu, kandungan saponin dan astringent juga bisa berperan sebagai antibakteri dan mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat.

6. Make up Remover

Produk make up remover atau pembersih make up tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya produk ini berbentuk cair yang diaplikasikan sebelum cuci muka atau setelah cuci muka untuk memastikan semua make up terangkat. Siapa sangka lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghapus make up. Bahan alami ini tidak hanya bisa membersihkan wajah namun juga bisa melembabkan dan memberikan nutrisi pada wajah. Wajah akan menjadi bersih dan lebih sehat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

Selain bisa untuk menjaga kesehatan wajah, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tulit. Ada beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit. Berikut ini penjelasannya:

1. Menyembuhkan Luka Bakar

Terkadang secara tidak sengaja kulit kita terkena api atau bahan sejenisnya sehingga menyebabkan luka bakar. Kondisi ini jika dibiarkan bisa menyebabkan perih hingga bekas luka yang menggangu penampilan.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement