Memahami Toxic Secara Arti dan Ciri-cirinya

Toxic adalah perilaku negatif yang sifatnya mengecewakan. Toxic biasanya berhadapan dengan trauma dan tingkat stres yang tinggi.
Image title
5 Januari 2022, 23:10
Toxic adalah perilaku negatif yang sifatnya mengecewakan. Melanjutkan, orang toxic biasanya berhadapan dengan trauma dan tingkat stres yang tinggi.
Unsplash/Sebastian Stam
Ilustrasi orang.

Belakangan ini, kata toxic acap kali kita lihat dan dengar, dan pengguna media sosial atau medsos, jadi salah satu yang paling sering menggunakan kata toxic. Toxic merupakan kata sifat dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan secara langsung toxic artinya adalah racun.

Istilah atau kata toxic sering diperbincangkan oleh warganet di media sosial. Salah satu yang kerap diperbincangkan adalah toxic relationship. Kata toxic relationship jika diartikan secara langsung berarti hubungan beracun. Istilah tersebut kerap ditujukan kepada sebuah hubungan, seperti percintaan yang tidak sehat bagi kedua belah pihak.

Pengertian Toxic

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai toxic, mari kita pahami terlebih dulu pengertian toxic. Dan Brennan, MD., memaparkan pengertian tentang toxic lewat tulisannya di WebMD. Sebagai informasi, WebMD merupakan situs yang memberikan informasi tentang kesehatan.

Dan Brennan, MD menjelaskan bahwa toxic adalah perilaku negatif yang sifatnya mengecewakan. Melanjutkan, orang toxic biasanya berhadapan dengan trauma dan tingkat stres yang tinggi.

Advertisement

Perilaku toxic, menurut Dan Brennan, MD, atau yang disebut toxicity bukanlah kelainan mental, tapi lebih disebabkan kepada persoalan mental, yang menyebabkan orang menunjukkan sikap toxic.

Itu artinya perilaku toxic bisa datang dari dalam diri sendiri, terlepas dari toxic relationship, yang juga marak diujarkan oleh warganet di media sosial. Sedikit menyinggung tentang toxic relationship, dari penjelasan Dan Brennan, MD, bisa dipahami bahwa penyebab toxic relationship juga datang dari permasalahan mental, yang terjadi dalam sebuah hubungan.

Sementara itu, Mitchell Kusy dan Elizabeth Holloway dalam bukunya berjudul Toxic Workplace!: Managing Toxic Personalities and Their Systems of Power, juga memiliki pandangan sendiri soal arti dari toxic.

Secara singkat, menurut mereka toxic adalah pola kontraproduktif yang melemahkan seseorang, baik secara pribadi maupun dalam sebuah kelompok, dan bahkan bisa terjadi dalam jangka panjang.

Ciri-ciri Orang Toxic

Ada beberapa ciri-ciri orang toxic, yang bisa kita jadikan acuan. Namun sebagai catatan, ciri-ciri orang toxic ini hanyalah gambaran umum. Perhatikan lagi definisi toxic adalah perilaku negatif yang berlangsung dalam jangka waktu panjang.

Lantas, apa saja ciri-ciri orang toxic? Berikut ini adalah beberapa hal umum, yang menjadi ciri-ciri orang toxic:

  • Tidak Konsisten

Ciri-ciri orang toxic yang pertama adalah tidak konsisten. Memang inkonsistensi adalah hal yang sangat wajar terjadi bagi manusia, tapi berbeda dengan ciri-ciri orang toxic, yang hampir selalu tidak konsisten dalam hidupnya.

Maksud dari tidak konsisten di sini adalah soal komitmen. Ciri-ciri orang toxic adalah beranggapan bahwa melanggar komitmen adalah sesuatu hal yang biasa.

  • Selalu Ingin Diperhatikan

Sebagai manusia ada kalanya kita ingin mendapat perhatian dari sekitar, tapi ada perbedaan makna dari ciri-ciri orang toxic, yang selalu ingin diperhatikan. Bagi orang toxic, mereka selalu ingin mendapat perhatian dari orang lain, dan tak jarang sampai mengganggu waktu orang lain.

Ciri-ciri orang toxic adalah selalu ingin diperhatikan oleh orang lain, sebagai bentuk dukungan, tapi ketika hal sebaliknya terjadi, orang toxic enggan membalas perhatian dan dukungan yang telah diberikan oleh orang lain.

Dari poin ini, kita bisa melihat bahwa orang toxic hanya fokus kepada dirinya sendiri, dan tak jarang diasosiasikan dengan sifat narsistik, yang merupakan gangguan kepribadian.

  • Drama

Adanya drama dalam kehidupan adalah hal yang lumrah, lantas bagaimana drama dalam ciri-ciri orang toxic? Orang toxic cenderung akan membawa dirinya ke dalam situasi yang dramatis.

Ciri-ciri orang toxic adalah senang memulai konflik dan menganggap emosi mereka adalah kebenaran. Orang toxic juga sering membawa orang lain ke dalam drama, yang mereka ciptakan sendiri. Bisa dimengerti bahwa ciri-ciri orang toxic adalah selalu ingin menciptakan drama, karena mereka tidak tertarik pada sesuatu yang stabil, seperti misalnya dalam sebuah hubungan.

  • Tidak Menghargai Batasan Orang Lain

Ciri-ciri orang toxic yang berikutnya adalah tidak menghargai batasan orang lain. Kita semua tahu bahwa setiap individu memiliki batasan dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Namun berbeda dengan orang toxic, mereka kerap tidak memedulikan hal tersebut, dan hal ini berkaitan dengan ciri-ciri orang toxic, yang selalu ingin diperhatikan.

  • Manipulatif

Sifat manipulatif adalah ciri-ciri orang toxic, yang bisa dibilang paling menonjol. Orang toxic, suka memanipulasi orang-orang di sekitarnya, hanya agar mereka bisa memenuhi keinginan si orang toxic.

Beberapa contoh manipulatif sebagai ciri-ciri orang toxic adalah berbohong, memutarbalikkan fakta atau kebenaran, melebih-lebihkan. Orang toxic juga kerap menggiring opini, supaya lingkungannya mendukung apa yang dilakukannya.

  • Penyalahgunaan Zat

Ciri-ciri orang toxic yang terakhir adalah penyalahgunaan zat. Kebiasaan ini dilakukan oleh orang toxic, yang sudah melakukan tindakan fisik, baik kepada orang lain maupun ke diri mereka sendiri. Beberapa orang toxic kerap menyalahgunakan zat seperti obat-obatan dan juga minuman keras.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait