Memahami Toxic Secara Arti dan Ciri-cirinya

Image title
5 Januari 2022, 23:10
Toxic adalah perilaku negatif yang sifatnya mengecewakan. Melanjutkan, orang toxic biasanya berhadapan dengan trauma dan tingkat stres yang tinggi.
Unsplash/Sebastian Stam
Ilustrasi orang.

Belakangan ini, kata toxic acap kali kita lihat dan dengar, dan pengguna media sosial atau medsos, jadi salah satu yang paling sering menggunakan kata toxic. Toxic merupakan kata sifat dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan secara langsung toxic artinya adalah racun.

Istilah atau kata toxic sering diperbincangkan oleh warganet di media sosial. Salah satu yang kerap diperbincangkan adalah toxic relationship. Kata toxic relationship jika diartikan secara langsung berarti hubungan beracun. Istilah tersebut kerap ditujukan kepada sebuah hubungan, seperti percintaan yang tidak sehat bagi kedua belah pihak.

Pengertian Toxic

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai toxic, mari kita pahami terlebih dulu pengertian toxic. Dan Brennan, MD., memaparkan pengertian tentang toxic lewat tulisannya di WebMD. Sebagai informasi, WebMD merupakan situs yang memberikan informasi tentang kesehatan.

Dan Brennan, MD menjelaskan bahwa toxic adalah perilaku negatif yang sifatnya mengecewakan. Melanjutkan, orang toxic biasanya berhadapan dengan trauma dan tingkat stres yang tinggi.

Perilaku toxic, menurut Dan Brennan, MD, atau yang disebut toxicity bukanlah kelainan mental, tapi lebih disebabkan kepada persoalan mental, yang menyebabkan orang menunjukkan sikap toxic.

Itu artinya perilaku toxic bisa datang dari dalam diri sendiri, terlepas dari toxic relationship, yang juga marak diujarkan oleh warganet di media sosial. Sedikit menyinggung tentang toxic relationship, dari penjelasan Dan Brennan, MD, bisa dipahami bahwa penyebab toxic relationship juga datang dari permasalahan mental, yang terjadi dalam sebuah hubungan.

Sementara itu, Mitchell Kusy dan Elizabeth Holloway dalam bukunya berjudul Toxic Workplace!: Managing Toxic Personalities and Their Systems of Power, juga memiliki pandangan sendiri soal arti dari toxic.

Secara singkat, menurut mereka toxic adalah pola kontraproduktif yang melemahkan seseorang, baik secara pribadi maupun dalam sebuah kelompok, dan bahkan bisa terjadi dalam jangka panjang.

Ciri-ciri Orang Toxic

Ada beberapa ciri-ciri orang toxic, yang bisa kita jadikan acuan. Namun sebagai catatan, ciri-ciri orang toxic ini hanyalah gambaran umum. Perhatikan lagi definisi toxic adalah perilaku negatif yang berlangsung dalam jangka waktu panjang.

Lantas, apa saja ciri-ciri orang toxic? Berikut ini adalah beberapa hal umum, yang menjadi ciri-ciri orang toxic:

  • Tidak Konsisten

Ciri-ciri orang toxic yang pertama adalah tidak konsisten. Memang inkonsistensi adalah hal yang sangat wajar terjadi bagi manusia, tapi berbeda dengan ciri-ciri orang toxic, yang hampir selalu tidak konsisten dalam hidupnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...