Cara Menghitung Rumus Luas Trapesium Siku-siku Beserta Contoh Soal

Image title
6 Januari 2022, 08:15
Ilustrasi menghitung rumus luas trapesium siku-siku yang dilengkapi dengan contoh soal sehingg dapat langsung dipraktikkan dalam proses pengerjaan.
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi menghitung rumus luas trapesium siku-siku yang dilengkapi dengan contoh soal sehingg dapat langsung dipraktikkan dalam proses pengerjaan.

Dalam keseharian, apabila Anda memperhatikan ada banyak benda yang memiliki bentuk trapesium yang mana, dua di antara keempat sudutnya merupakan sudut siku-siku. Rusuk-rusuk yang sejajar tegak lurus dengan tinggi trapesium ini. Trapesium ini tidak memiliki simetri lipat dan hanya memiliki satu simetri putar.

Dapat dijadikan contoh seperti sebuah tas tangan yang kerap kali dirancang untuk memiliki dua trapesium yang sejajar dari masing-masing sisi di bagian terbesar tas. Bagian atas dan bawah dari setiap sisi sejajar, tetapi tepi atas biasanya lebih pendek dari tepi bawah.

Selain itu pada rangka jembatan, juga dapat ditemukan bentuk trapesium tampak dari sepanjang sisi yang menghubungkan dasar jembatan dengan struktur bagian atas. Baja atau aluminium mendukung membentuk trapesium yang berdekatan, dengan dua sisi sejajar menjadi bagian atas dan bawah dari sisi jembatan.

Apabila Anda bingung maka rumus trapesium bisa dipelajari dalam Ilmu matematika. Rumus trapesium diaplikasikan untuk menghitung luas dan keliling bangun datar trapesium.

Trapesium merupakan perpaduan antara segitiga dan persegi. Bangun datar dua dimensi ini memiliki empat sisi dan dua sisi sejajar.

Dalam trapesium, sisi-sisi yang sejajar disebut alas, sedangkan sisi lain yang tidak sejajar dinamakan kaki atau sisi lateral. Jika di antara sisi alas tersebut ditarik garis lurus, maka garis tersebut merupakan tinggi trapesium.

Aneka Ragam Jenis Trapesium

Trapesium dibagi menjadi tiga, yaitu trapesium siku-siku, trapesium sama kaki, trapesium sembarangan. Ketiga jenis trapesium tersebut memiliki luas dan keliling.

  • Trapesium siku-siku

Jenis ini memiliki dua sudut siku-siku yang terletak di antara keempat sisinya. Trapesium ini memiliki rusuk yang tingginya sejajar dengan tinggi trapesium. Pada trapesium siku–siku, teorema phytagoras digunakan karena ada sudut siku-siku, sehingga ada segitiga siku-siku di bangun datar tersebut.

  • Trapesium sama kaki

Trapesium ini memiliki sepasang sisi yang sama panjang. Pada trapesium sama kaki terdapat satu simetri lipat dan satu simetri putar.

  • Trapesium sembarang

Keempat sisi dalam trapesium sembarang memiliki panjang yang tidak sama. Trapesium sembarang tidak memiliki sudut siku-siku dan hanya memiliki satu simetri putar.

Pola dan Ciri-ciri Trapesium

Setelah membahas apa itu bangun datar trapesium dan apa saja jenisnya. Maka, trapesium dapat disimpulkan memiliki ciri-ciri antara lain:

  • Terdapat dua sudut yang berdekatan atau disebut sudut sepihak.
  • Memiliki sepasang sisi sejajar.
  • Memiliki satu simetri putar.
  • Memiliki empat rusuk dan empat titik siku.
  • Memiliki diagonal yang sama panjang.
  • Memiliki sepasang sudut siku.

Rumus Luas Trapesium Siku-siku

Untuk menghitung rumus luas trapesium siku-siku dapat menggunakan cara berikut: 

Luas trapesium = ½ x jumlah rusuk sejajar x tinggi

Atau

Luas trapesium = ½ x (alas a + alas b) x tinggi trapesium

Rumus Keliling Trapesium

Adapun rumus keliling trapesium, sebagai berikut:

Keliling = panjang AB + panjang BC + panjang CD + panjang DA

K = a + b + c + d

K = sisi + sisi + sisi + sisi

Keterangan:

K = keliling trapesium.

A, b, c, d = panjang masing-masing sisi trapesium.

Contoh Soal Rumus Trapesium Siku-siku

Dilansir dari situs belajar Zenius dan beberapa sumber terkait , berikut beberapa contoh soal menghitung luas dan keliling trapesium.

1. Sebuah trapesium memiliki panjang alas 3 cm dan 6 cm. Sedangkan, tinggi dari trapesium tersebut adalah 4 cm. Berapa luas dan keliling bangun trapesium tersebut?

Jawaban:

Luas trapesium = ½ x (alas a + alas b) x tinggi trapesium

= ½ x (3 + 6) x 4 = 18 cm.

Untuk mencari keliling trapesium, cari dulu sisi miringnya menggunakan phytagoras.

Jadi, keliling trapesium = a + b + c + d = 3 + 4 + 6 + 5 = 18 cm.

2. Sebuah trapesium memiliki sisi sejajar masing-masing 12 cm dan 14 cm serta memiliki tinggi 10 cm. Hitunglah luas trapesium tersebut?

Jawaban:

Luas = ½ x (jumlah sisi sejajar) x t

Luas = ½ x (12 + 14) x 10

Luas = ½ x 26 x 10

Luas = 130 cm2

3. Jika diketahui luas sebuah trapesium adalah 640 cm2, tinggi 16 cm dan panjang salah satu sisi sejajar 28 cm. Berapa panjang sisi sejajar yang satunya lagi?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...