Contoh Cerpen Singkat Inspiratif dan Penjelasan Strukturnya

Image title
9 Desember 2021, 12:42
Ilustrasi membaca contoh cerpen
Pexels/Lisa
Ilustrasi membaca cerpen

Membaca cerpen merupakan kegiatan hiburan yang edukatif. Aktivitas tersebut dapat mengasah kemampuan otak serta melatih tata bahasa. Bahkan, membaca memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia menurut studi dalam The Journals of Gerontology.

Cerita pendek atau cerpen adalah teks fiksi yang terdiri dari 2.000 kata sampai dengan 10.000 kata. Ada juga cerpen yang hanya terdiri dari 750-1.000 kata yang disebut cerita mini (cermin). Pengertian tersebut tercantum dalam buku Creative Writing 72 Jurus Seni Mengarang oleh Naning Pranoto.

Struktur Cerpen

Menurut buku Rambu-rambu Menulis Cerpen, ada enam aspek penulisan cerpen. Struktur cerpen dapat dipahami melalui penjelasan berikut.

  • Abstrak: Ringkasan atau inti dari cerpen yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian peristiwa atau bisa juga sebagai gambaran awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional, setiap cerpen boleh tidak terdapat abstrak.
  • Orientasi: Berkaitan dengan waktu, suasana, tempat, dan jalan cerita dalam cerpen.
  • Komplikasi: Urutan kejadian yang memiliki hubungan sebab dan akibat. Karakter tokoh cerpen mulai mengalami kerumitan dan masalah.
  • Evaluasi: Struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada klimaks serta mulai muncul pemecahan masalah.
  • Resolusi: Penulis cerpen mengungkapkan solusi bagi para tokoh.
  • Koda: Nilai atau pelajaran yang dapat diambil dari cerita pendek oleh pembaca.

Setelah memahami struktur cerpen, simak contoh cerpen berikut ini.

Contoh Cerpen Pendidikan Kejujuran

Bersumber dari buku Kumpulan Cerita Anak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut contoh cerpen pendidikan tentang kejujuran.

Judul: Hanya Sebuah Kejujuran.

Penulis: Bintang Nurul Hidayati.

Niken hanya bisa berdiam diri dan menelan ludah waktu melihat Sasha berbuat curang. Teman sebangkunya itu diam-diam menghapus jawaban yang salah di kertas ulangannya. Lantas menggantinya dengan jawaban benar yang ditulis Bu Aisyah di papan tulis.

Bu Aisyah, wali kelas 5A, sangat mempercayai murid-muridnya. Setiap kali selesai ulangan, murid-murid diajak memeriksa hasil kerja mereka sendiri. Menurut Bu Aisyah, ini untuk membantu agar murid-murid bisa lekas mengetahui di mana letak kesalahan mereka.

Setelah kertas ulangan itu selesai dijumlahkan berapa yang salah dan berapa yang benar, semuanya ditumpuk di meja guru. Bu Aisyah pun memeriksanya dengan cepat. Senyuman lebar tersungging di wajah cantiknya. Matanya berbinar, mendapati bahwa kertas ulangan murid-muridnya tidak banyak memuat tanda silang. Kertas ulangan Sasha bahkan bersih, tanpa tanda silang sama sekali.

“Ibu senang melihat cara belajar kalian di kelas lima ini. Secara bertahap, kalian mulai mengalami peningkatan....” Kalimat bu guru belum selesai, tapi anak-anak sudah menyambutnya dengan tepuk tangan tanda gembira.

Yeeaayy!” seru mereka.

Setelah kelas kembali tenang, Bu Aisyah pun melanjutkan. “Seperti teman kalian, Sasha, yang Ibu lihat semua jawabannya benar. Nah, untuk selanjutnya, kalian harus lebih giat lagi belajar.” Anak-anak pun memandang ke arah Sasha dengan kagum. Sementara itu, dari bangkunya yang tidak jauh dari bangku Sasha, seorang anak bernama Wulan tampak diam termangu.

Wulan tadi juga sempat melihat bahwa Sasha berbuat curang. Tapi mulutnya terkunci rapat, tidak berani menegur. Dia juga melihat bahwa Niken pun mengetahui kecurangan Sasha. Wulan berharap Bu Aisyah mengetahui hal ini, lantas menegur Sasha. Sayang sekali, tadi gurunya itu sedang sibuk memasukkan nilai ulangan IPA murid-murid ke buku besar.

Sejak dulu Wulan sangat mengagumi Sasha. Temannya itu cantik, ramah dan datang dari keluarga kaya yang sangat dihormati di daerah mereka. Keluarga Sasha juga terkenal sangat baik dan pemurah. Wulan ingat benar, betapa sedih dan bingung keluarganya, tiga bulan yang lalu. Saat itu, Bapaknya di-PHK oleh perusahaan tempatnya bekerja. Tapi Ayah Sasha menyelamatkan keluarga mereka dari kesulitan ekonomi. Bapak diberi pekerjaan baru, menjadi sopir pribadi Pak Darma, Ayahnya Sasha.

“Mengapa Niken tidak menegur Sasha, ya?” pikir Wulan heran. Tak lama kemudian, sesuatu terlintas di benaknya. “Hm, mungkin karena itu,” bisiknya kepada diri sendiri.

Wulan menduga, Niken segan menegur teman sebangkunya itu, karena merasa berhutang budi kepada keluarga Sasha. Ia pernah mendengar cerita dari Bapaknya, Pak Darma rutin memberikan santunan kepada anak-anak yatim, termasuk Niken dan adik-adiknya. Berkat Pak Darma, anak-anak yatim yang tidak mampu di daerah mereka dapat terus bersekolah sampai saat ini.

Selama ini, baik Wulan maupun Niken merasa lebih berterima kasih lagi kepada Sasha. Anak yang kaya itu tidak pernah berbicara satu patah kata pun tentang bantuan keluarganya saat mereka di sekolah. Di luar sekolah juga tidak. Tak ada teman lain yang tahu. Wulan, Niken, dan anakanak lain yang seperti mereka, tidak perlu merasa malu atau rendah diri karena dibantu.

Hari demi hari berlalu. Wulan dan Niken merasa gelisah dan serba salah karena kecurangan Sasha terus berlanjut. Tiap kali mereka diberi kesempatan memeriksa kertas ulangan masing-masing, Sasha mengganti jawaban yang salah di kertas miliknya. Perbuatan curang itu tak kunjung ketahuan. Tak ada yang menyangka, bahwa Sasha bisa berbuat curang.

Pagi itu, Bu Aisyah masuk ke dalam kelas dengan wajah ceria. “Anak-anak, dua minggu lagi akan diadakan lomba cerdas cermat antar kelas 5 di sekolah kita ini. Masing-masing kelas harus memilih satu orang untuk perwakilan,” ucap Bu Aisyah. “Sebenarnya Ibu sudah menyiapkan beberapa calon. Tetapi, kali ini Ibu ingin mendengar pendapat dari kalian.”

Seorang anak di bangku paling belakang mengangkat tangannya. “Dini saja, Bu. Dia kan yang sejak kelas satu selalu mewakili kelas untuk lomba,” usulnya.

“Wah, jangan Dini lagi, Dini lagi, Bu. Cari yang paling pintar saja. Saya usul Sasha, Bu. Akhir-akhir ini dialah yang sering dapat nilai tertinggi,” celetuk seorang murid bernama Iwan.

“Ya, Sasha juga bagus sekarang,” gumam yang lain.

Ternyata ada dua pilihan yang sama-sama kuat, yaitu Dini dan Sasha. Mereka pun sepakat untuk melakukan pemungutan suara seperti ketika memilih ketua kelas. Saat penghitungan suara, Dito, ketua kelas 5A membantu Bu Aisyah. Murid-murid duduk dengan tenang di bangku masing-masing, menunggu dengan rasa penasaran. Ternyata, yang mendapat suara paling banyak adalah Sasha. Ini hal baru buat kelas mereka. Juga buat Dini, anak perempuan berkacamata yang selama ini selalu mendapat peringkat pertama di kelas.

Kok Sasha yang terpilih, ya? Biasanya kan Dini,” bisik seseorang dari belakang bangku Wulan.

“Ssssttt..! Jangan keras-keras, nanti Sasha dengar,” balas Wulan sambil berbisik.

Sedangkan Dini, Si Juara Kelas, menarik napas dalam-dalam. “Harus bagaimana ini?” tanyanya dalam hati. Sungguh tidak enak rasanya, dikalahkan oleh anak yang tidak pernah mendapat peringkat tiga besar, seperti Sasha. Dadanya mendadak menjadi sesak, matanya terasa panas.

Sementara itu, mendengar pengumuman Bu Guru, Wulan dan Niken jadi merasa gelisah. Saat jam istirahat dan kelas sudah sepi, mereka berdua menghampiri bangku tempat duduk Dini.

“Seharusnya kamu yang dipilih mewakili kelas kita, Din,” ucap Wulan pelan. Dini hanya tersenyum, meski hatinya terasa sedikit sakit. “Kamu kan sudah sering ikut lomba, pasti nanti enggak grogi. Kalau Sasha kan..,” Wulan menghentikan ucapannya dan kelihatan ragu untuk meneruskan.

Niken merendahkan suaranya, lantas berbisik kepada Dini. “Tahu tidak? Sebenarnya Sasha masih banyak salah waktu mengisi ulangan. Tapi, ia curang. Mengganti jawaban yang salah dengan jawaban yang di papan tulis.”

Dini terbelalak kaget. “Apa kalian melihatnya?” tanyanya gugup. Kedua temannya mengangguk.

“Aku khawatir, kalau Sasha yang maju lomba nanti kelas kita kalah. Tolong dong, kamu bilang ke Bu Aisyah. Selama ini kamu kan murid kesayangannya. Kamu sudah banyak mengharumkan nama sekolah,” kata Wulan serius.

Dini terlihat bingung. Di satu sisi, ia ingin sekali terpilih lomba cerdas cermat seperti biasa. Tapi, tidak enak rasanya melaporkan keburukan teman kepada guru. Ia bukan anak yang suka mengadu. Bagaimana kalau nanti Bu Aisyah tidak mempercayai laporannya?

“Kami bersedia menjadi saksi bila diperlukan,” tambah Niken, seakan memahami keraguan Dini.

Dini makin bingung. Ia belum pernah melihat Sasha berbuat curang. Dalam hati, ia ingin membicarakan masalah ini dengan Bu Aisyah. Tapi, yang paling membuat hatinya berat hanya satu hal. Dini masih ingat betul masa-masa pahit saat Ayahnya menderita sakit parah. Ayahnya yang bekerja sebagai tenaga pembukuan di kantor Pak Darma, harus dirawat sampai berbulan-bulan di rumah sakit. Di perusahaan lain, mungkin pegawai yang seperti itu akan dipecat atau dipotong gaji. Tapi gaji yang diterima Ayah Dini tetap utuh. Malahan, Pak Darma sering menghadiahi Ayah dengan obat-obatan herbal untuk mempercepat kesembuhannya.

Dini teringat bagaimana tadi kegembiraan terpancar di wajah Sasha. Dini tidak mau merusak semua itu. “Biarlah. Mungkin kali ini tidak apa-apa. Biar Sasha senang,” pikirnya dalam hati. “Toh selama ini Sasha dan keluarganya juga sudah banyak membahagiakan orang lain.”

Pagi-pagi sekali, Wulan dan Niken sudah datang di sekolah. Mereka begitu bersemangat untuk menyaksikan lomba cerdas cermat ini. Mereka segera naik ke lantai dua, yang sekarang sudah diubah menjadi semacam aula.

Aula itu sehari-harinya adalah ruang kelas 5A, B, dan C yang saling terpisah. Jadi, di lantai dua itu sebenarnya hanya ada sebuah ruangan yang besar dan memanjang, tetapi disekat menjadi tiga ruang terpisah yang sama besar. Setiap kali dibutuhkan, sekat ruangan yang terbuat dari papan-papan kayu bisa dibongkar dengan mudah.

Di bagian depan aula, disusun tiga meja secara sejajar. Masing-masing mempunyai sebuah kursi. Berhadapan dengan tiga meja tadi, terdapat sebuah meja besar untuk para juri. Sementara bangku-bangku penonton disusun rapi, memanjang ke belakang.

Saat mereka berdua sampai di dalam ruang lomba, beberapa bangku sudah terisi. Bangku-bangku yang berada di dua barisan paling depan sengaja dikosongkan untuk tempat duduk para guru.

Tak lama kemudian, para peserta, juri, dan guru-guru memasuki ruangan lomba. Sorak-sorai memenuhi ruangan tersebut. Murid-murid dari kelas 5A, 5B dan 5C meneriakkan yel-yel untuk menyemangati wakil dari kelas mereka masing-masing.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...