9 Jenis Kopi Populer di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
9 Februari 2022, 19:54
Jenis kopi
Pexels/Chevanon Photography
Jenis kopi di Indonesia

Sekarang ini kopi menjadi minuman kekinian yang banyak dijual di kafe, resto, hingga outlet makanan. Kopi menjadi minuman yang digemari dari segala usia.

Minum kopi menjadi sarana interaksi anak muda ketika nongkrong di kafe. Selain itu kopi juga biasa diminum ketika mengerjakan tugas atau saat bekerja.

Jenis kopi yang banyak dibudidaya di Indonesia adalah kopi arabika, robusta, liberika atau exelsa. Tak hanya di Indonesia, ketiga jenis kopi tersebut termasuk populer di dunia.

Ketika berkunjung di kafe, nama kopi biasanya tertera dalam Bahasa Inggris. Menu kopi di kafe seperti americano, cappuccino, latte, cold brew, espresso, dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan jenis kopi yang populer di kafe mengutip dari Tasteatlas.com.

Jenis Kopi Indonesia

Ada beragam kopi populer yang tersedia di kafe dan restoran di Indonesia. Beberapa kopi masuk dalam jenis kopi populer di dunia, berikut daftarnya:

1. Arabika (Coffea Arabica)

JEMUR BIJI KOPI ARABIKA MALINO
JEMUR BIJI KOPI ARABIKA MALINO (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa.)

Kopi arabika termasuk jenis kopi yang banyak dibudidaya di Indonesia. Mengutip dari buku Kopi Indonesia, awalnya kopi arabika berasal dari dataran tinggi Ethiopia, Afrika.

Selanjutnya, kopi jenis ini dikembangkan oleh bangsa Arab di Yaman. Bangsa Eropa membawa kopi Arabika ke Jawa dan Brasil pada abad ke-17, untuk dikembangkan.

Kopi Arabika memiliki biji picak, daun berombak, dan warnanya hijau tua. Kopi ini tumbuh subur di pegunungan dengan ketinggian antara 1.000 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut.

2. Kopi Robusta

Salah satu kopi populer di Indonesia adalah robusta (canephora). Kopi ini memiliki warna yang kuat dan lebih kental ketika dibuat kopi.

Kopi robusta bisa tumbuh hingga 12 meter, daunnya lebih lebar, dan pangkalnya berbentuk tumpul. Biji robusta berbentuk agak bulat, melengkung, dan lebih tebal jika dibandingkan kopi arabika.

3. Kopi Liberika atau Exelsa

Jenis kopi yang dibudidayakan di Indonesia adalah kopi liberika. Kopi ini berasal dari Afrika dan mulai masuk ke Indonesia pada 1965. Biji kopi liberika berbentuk seperti biji buah kurma, agak lonjong dan berukuran lebih besar.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...