Workout Adalah Bagian Aktivitas Olahraga, Ini Penjelasannya

Image title
14 Februari 2022, 16:45
Ilustrasi push up sebagai pilihan untuk melakukan workout. Workout adalah latihan fisik yang menjadi pilihan praktis pengganti olahraga di luar ruangan
Pexels.com
Ilustrasi push up sebagai pilihan untuk melakukan workout.

Dalam era media sosial saat ini, kata workout kerap kali menjadi topik perbincangan. Terutama bagi kalangan milenial dan cukup menarik perhatian. Ternyata workout adalah kata kerja yang berkaitan dengan aktivitas olahraga.

Namun secara bahasa, sering kali yang tidak bisa membedakan antara workout dan work out. Sekilas nampak sama, hanya salah satu berdiri sebagai satu kata dan salah satunya terbagi menjadi frasa dengan dua kata.

Advertisement

Arti Workout 

Istilah workout adalah latihan fisik yang menjadi pilihan praktis pengganti olahraga di luar ruangan. Sekarang ini, banyak orang yang tidak sempat melakukan olahraga karena kesibukan sehari-hari. Workout di rumah dapat menjadi solusi tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Di sisi lain, Workout adalah kata lain dari latihan fisik berupa aktivitas yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan atau memelihara kebugaran tubuh. Latihan fisik yang dilakukan secara benar dan konsisten bahkan sama efektifnya dengan olahraga di gym.

Workout di rumah dapat membuat kamu menghemat waktu dan biaya. Tidak hanya itu, gerakan-gerakan yang dilakukan pun tidaklah sulit. Hal inilah yang menyebabkan aktivitas workout cukup banyak digemari saat ini.

Sementara itu, memiliki kata yang serupa, work out memiliki arti berbeda dengan kata workout. Work out adalah frasa yang berbeda dengan workout yang merupakan kata. Meski demikian work out memiliki kesamaan karena merupakan kata kerja yang menggambarkan situasi dari latihan fisik. Pada umumnya, kata ini digunakan saat latihan pengembangan badan di gym atau area olahraga. Baik bersama teman atau pelatih.

Melakukan Workout dengan Mudah

Dalam workout ada lima gerakan mudah yang bisa dipraktikkan di rumah. Bahkan dalam latihan ini tidak memerlukan alat hanya dengan kekuatan otot sudah mencukupi untuk latihan. Berikut daftarnya:

Squat

Olahraga pertama dalam workout adalah squat. Salah satu jenis workout merupakan yang paling dikenal. Workout adalah latihan fisik yang memang tidak sulit dilakukan, termasuk squat. Anda hanya perlu berada pada posisi berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan lengan lurus ke depan.

Kemudian, dorong bokong ke bawah hingga kedua lutut menekuk seolah-olah sedang duduk di kursi. Kembalilah pada posisi awal, dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Melakukan gerakan ini memungkinkan otot-otot utama di tubuh bagian bawah bekerja.

Side Plank

Pilihan dalam melakukan workout adalah dengan cara melakukan side plank mirip seperti plank biasa. Namun lengan yang bertumpu hanya satu, jika lengan yang bertumpu sebelah kiri maka badan menghadap ke kanan dan sebaliknya. Posisi tangan yang berada di atas memegang pinggang.

Dalam ritme side plank ini dapat meningkatkan stabilitas tulang belakang serta tubuh bagian atas. Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan keseimbangan seluruh tubuh. Workout adalah gerakan yang sangat baik diterapkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement