10 Cara Menjadi Orang Sukses dari Kebiasaan Sederhana

Dwi Latifatul Fajri
2 Maret 2022, 14:26
Cara Menjadi Orang Sukses
Pexels.com/Tima Miroshnichenko
Cara Sukses di Usia Muda

Cara menjadi orang sukses bisa dilakukan melalui hal-hal sederhana. Meskipun begitu, untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan proses dan waktu yang berbeda bagi setiap orang.

Meraih kesuksesan dan menggapai tujuan tidak seperti membalikkan telapak tangan. Ada berbagai proses dan rintangan yang harus dihadapi oleh setiap orang. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan menjadi orang sukses.

Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya

Untuk menjadi orang sukses dan kaya, perlu memulai dengan kebiasaan. Penelitian yang dilakukan oleh Thomas C. Corley menemukan kebiasaan untuk menjadi sukses dan kaya.

Corley merupakan perencana keuangan yang menghabiskan waktu selama lima tahun untuk mempelajari jutawan. Dia menemukan strategi untuk menjadi sukses melalui hal-hal umum.

Contohnya kebiasaan acara menonton, apa yang dikonsumsi, hingga investasi saham yang tepat. Corley menemukan kebiasaan orang kaya dari penelitian tersebut. Berikut kebiasaan sekaligus cara menjadi orang sukses dan kaya menurut buku Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals.

1. Membuat Rencana dan Tujuan

Membuat daftar rencana harian, mingguan, dan bulanan berperan dalam kesuksesan seseorang. Menurut Corley, sebanyak 95 % orang biasa yang bekerja tidak memiliki rencana jangka panjang. Padahal rencana dan tujuan ini dibutuhkan untuk tantangan ke depan.

2. Pendapatan Lebih

Studi Sensus di Amerika Serikat menemukan sebanyak 8,8 % wanita dan 8 % pria memiliki dua pekerjaan atau lebih.

Corley menemukan sebanyak 65 % orang memiliki tiga sumber pendapatan yang berbeda. Sumber pendapatan lebih ini akan membantu untuk membayar tagihan, kesehatan, dan keadaan darurat.

3. Tidak Boros

Cara sederhana menjadi sukses dan kaya adalah menabung. Biaya pendapatan dan gaya hidup tidak boros menjadi solusi untuk menyimpan uang. Selain itu, penghasilan bisa ditabung untuk kebutuhan dana darurat.

4. Menghindari Hubungan Buruk

Corley menemukan hanya 4 % orang berpenghasilan rendah bergaul dengan orang sukses. Padahal teman-teman yang sukses membutuhkan dorongan positif. Jika Anda ingin sukses, temukan teman dan rekan yang dapat membantu Anda ke perubahan positif.

5. Kurangi Kebiasaan Self Talk Negatif

Self talk atau berbicara pada diri sendiri bisa berdampak pada psikologis. Contoh self talk negatif adalah, kebiasaan mengeluh dan pesimis pada diri sendiri.

Menurut Corley, seseorang perlu menguasai pikiran negatif untuk diubah ke arah positif. Jika Anda gagal, masih ada kesempatan lagi untuk berubah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...