Contoh Kata Kerja Material dan Penggunaannya dalam Sebuah Kalimat

Siti Nur Aeni
3 Juni 2022, 12:08
Ilustrasi seseorang sedang mempelajari contoh kata kerja material
Alexis Brown/Unsplash
Ilustrasi seseorang sedang mempelajari contoh kata kerja material

Kata kerja atau verb adalah kelas kata yang menyatakan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, hingga pengertian dinamis lainnya. Bahasa Indonesia memiliki banyak jenis kata kerja, salah satunya kata kerja material.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang tanpa disadari kita menggunakan contoh kata kerja material. Maka dari itu, kali ini kita akan mengulas seputar kata kerja material lengkap dengan contoh-contohnya.

Ciri Umum Kata Kerja Material

Sebelum membahas tentang kata kerja material, tak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu ciri umum dari kata kerja. Perlu dipahami bahwa kata kerja juga sering dikaitkan dengan gambaran sebuah tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek kalimat.

Menurut penjelasan di website Penerbitdeepublish.com, kata memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memiliki makna perbuatan, aktivitas, hingga tindakan.
  2. Memiliki arti proses.
  3. Umumnya disertai kata kerja. Biasa dibuat dengan menggunakan imbuhan me-, di-, ter-, me-kan, di-kan, di-kan, ber-an, memper-an, dan memper-i. Kata tersebut juga dapat didahului kata yang menyatakan waktu, seperti; telah, sedang, akan, hampir, dan segera.
  4. Sering diikuti dengan kata serta atau keterangan.
  5. Bisa ditambahkan aspek waktu, seperti; akan, sedang, dan telah.
  6. Bisa diingkari dengan kata tidak.

Pengertian Kata Kerja Material

Kata kerja material merupakan cara penggunaan kata kerja yang sering digunakan. Kata kerja material adalah kata kerja yang memiliki imbuhan bertujuan untuk menunjukkan aktivitas fisik yang dilakukan seseorang.

Struktur Kalimat Kata Kerja Material

Saat Anda membaca kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek sedang melakukan sesuatu, maka kata kerja itulah yang dimaksud dengan kata kerja materia. Apabila dirangkai dalam sebuah kalimat, maka struktur kalimat yang menggunakan kata kerja material sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...