Berapa Jumlah Pemain Bola Basket? Ini Penjelasan Lengkapnya

Siti Nur Aeni
6 Juni 2022, 20:55
Berapa Jumlah Pemain Bola Basket? Ini Penjelasan Lengkapnya
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Pemain bola basket di lapangan

Bola basket merupakan permainan bola besar yang banyak digemari. Permainan ini dilakukan di lapangan tertutup dengan jumlah pemain bola basket sebanyak lima pemain setiap regunya untuk permainan 5 vs 5. Sedangkan untuk permainan 3 vs 3, maka jumlah pemainnya akan lebih sedikit, yaitu hanya tiga pemain dalam sebuah regunya.

Setiap pemain memiliki posisi dengan tugas yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lebih lanjut seputar posisi dan tugas, tergantung jumlah pemain bola basket.

Advertisement

Posisi dan Tugas Pemain Bola Basket

1. Center

Dalam permainan bola basket terdapat pemain yang disebut dengan nama center. Pemain ini memiliki tugas melindungi pertahanan di bawah ring dari serangan jarak pendek. Tak hanya itu, pemain di posisi ini juga bertugas melakukan serangan dan umpan ke teman satu tim. Umumnya, pemain yang menempati posisi ini memiliki tubuh tinggi dan besar.

2. Power Forward

Posisi lainnya dalam permainan bola basket yaitu power forward. Posisi ini memiliki tugas untuk melakukan rebound bola dari genggaman lawan. Selain itu, pemain di posisi ini juga memiliki tugas mengambil bola liar dari tembakan lawan.

Pemain bola basket di posisi ini sangat dibutuhkan untuk merusak pertahanan lawan. Biasanya pemain yang mengisi posisi ini memiliki tubuh yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan postur tubuh yang tinggi diketahui lebih mudah dalam merebut bola.

3. Small Forward

Pemain di posisi ini bertugas untuk membantu melakukan penyerangan atau bertahan. Pemain pada posisi small forward harus memiliki kemampuan shooting yang baik dan kreatifitas yang tinggi. Kemampuan tersebut dibutuhkan agar pemain lebih mudah dalam melempar bola basket. Pemain yang dipilih untuk menempati posisi ini yaitu pemain yang lincah dan gesit sehingga dapat membantu kerja tim.

4. Shooting Guard

Seperti namanya, posisi pemain ini bertugas untuk menembak atau shooting jarak jauh. Pemain pada posisi ini harus mempunyai konsentrasi yang baik dan lemparan yang tepat.

Selain itu, pemain di posisi shooting guard juga harus siap menyusup pada segala posisi. Pemain ini juga harus bisa berlari cepat agar bisa menyusup dan melempar bola ke ring lawan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement