12 Hidangan Utama Makanan Khas Perancis nan Lezat

Makanan khas Perancis contohnya Baguette, Kroisan, Crepes, Crème brulee. Selain makanan tersebut ada hidangan utama Perancis yang tidak kalah lezat. Berikut daftar makanan populer Perancis.
Dwi Latifatul Fajri
29 Juni 2022, 15:25
Makanan Khas Perancis
www.chefspencil.com
Makanan Khas Perancis Coquilles Saint-Jacques

Makanan khas Perancis menggunakan produk lokal yang segar. Contoh makanan khas Perancis populer yaitu Baguette, Kroisan, Crepes, Crème brulee. Ketiga makanan tersebut ada di kafe Indonesia.

Baguette, Kroisan, Crepes, dan Crème brulee termasuk hidangan manis dan gurih. Baguette adalah sejenis roti berbentuk lonjong, tipis, dan panjang. Roti kedua adalah Croissant yang bentuknya mirip bulan sabit. Ada juga roti krispi yang diisi coklat dan strawberry crepes.

Sedangkan Crème brulee adalah makanan penutup manis. Creme brulee dikenal sebagai krim yang dibakar bagian atas. Bagian atas adalah gula karamel yang manis. Sementara bagian krim berwarna kuning terbuat dari krim cair, susu, telur, dan gila pasir. Selain keempat makanan ini, berikut daftar makanan khas Perancis populer sebagai hidangan utama.

Makanan Khas Perancis

1. Coquilles Saint-Jacques

Coquilles Saint-Jacques
Coquilles Saint-Jacques (www.chefspencil.com)

 

Advertisement

Perancis dikenal hidangan laut yang menggugah selera. Salah satunya Coquilles Saint-Jacques hidangan dari kerang. Cara membuat kerang ini yaitu daun bawang dicincang, lalu ditumis bersama mentega.

Cara lain memasak makanan khas Perancis satu ini, yaitu dengan memasak kerang secara terpisah. Kemudian daging kerang dimasukkan kembali ke dalam cangkang. Bagian atas ditambah remah roti dan keju parut. Kemudian kerang dimasak dalam oven sampai matang.

2. Coq au vin

Coq au vin termasuk hidangan utama di Perancis. Bahan utama adalah ayam yang direbus bersama anggur, jamur, babi asin, bawang putih, dan bawang bombay. Ada juga bahan tambahan setetes brendi ketika dimasak.

3. Soupe à l’oignon

Soupe à l’oignon adalah sup bawang yang menjadi salah satu makanan khas Perancis. Sup bawang ini menjadi makanan pokok di Spanyol. Soupe à l’oignon sudah ada sejak kekaisaran Romawi. Sup bawang terbuat dari irisan bawang, kaldu daging, karamel, dan keju. Ada juga isian sayuran pengganti daging di bagian sup.

4. Soupe de Poissons (Sup Ikan)

Perancis memiliki sup ikan, hidangan sederhana dan terjangkau di pelabuhan Marseille. Pelabuhan ini merupakan kota terbesar kedua di Perancis. Para nelayan menggunakan ikan untuk direbus menjadi sup.

Resep Soupe de Poissons yaitu ikan, tomat, dan bumbu halus. Setelah matang menjadi sup, ditambahkan mayones di bagian atas sup. Makanan ini cocok dinikmati ketika musim dingin.

5. Flamiche

Flamiche
Flamiche (www.expatica.com)

 

Flamiche artinya kue dalam bahasa Belanda. Makanan ini berasal dari Perancis Utara yang dekat dengan Belgia. Flamiche hampir sama dengan puff pastry yang diisi keju dan sayuran. Isian bahan kue Flamiche adalah daun bawang dan krim.

6. Cassoulet

Nama Cassoulet berasal dari kata yang berarti panci. Hidangan utama makanan khas Perancis ini menggunakan panci untuk memanggang makanan. Panci dipakai sebagai alat untuk memasak tradisional di Perancis.

Cassoulet memakai daging bebek atau babi. Daging lain yang digunakan adalah daging angsa, kambing, atau sosis. Bahan lainnya adalah kacang putih yang direbus bersama daging.

7. Tomates Farcies

Tomat berisi daging cincang atau Tomates Farcies. Masakan ini termasuk hidangan ringan populer yang bisa dibuat sendiri. Bahannya yaitu daging giling, bawang merah, bumbu halus, dan daging giling. Anda bisa mengganti daging dengan sayuran supaya lebih sehat.

Langkah pertama adalah membersihkan bagian isi tomat, kemudian bersihkan biji dan daging tomat di dalam. Kemudian masukkan bahan daging giling yang sudah dibumbui ke dalam tomat. Setelah itu masukkan ke dalam oven sampai isi daging meresap dalam tomat.

8. Confit de canard

Confit de canard
Confit de canard (www.expatica.com)

 

Confit de canard merupakan hidangan bebek Perancis populer. Selain daging bebek, beberapa koki memasak daging angsa atau babi. Cara membuat masakan khas Perancis ini membutuhkan waktu lama.

Daging bebek diawetkan terlebih dahulu memakai cara kuno. Daging bebek direndam dalam garam, bawang putih, dan thyme selama 36 jam. Kemudian daging tersebut direbus kuah dari lemak bebek.

Confit de canard disajikan bersama bawang putih dan kentang panggang. Makanan khas Perancis ini bisa ditemukan di daerah Gascony, Perancis.

9. Salade Niçoise

Salade Niçoise adalah salad khas Perancis yang dimakan sebagai lauk. Salad ini memakai selada, tomat segara, telur rebus, daging tuna, kacang hijau, ikan teri, dan zaitun. Sebenarnya Salade Niçoise bisa memakai bahan lain.

10. Ratatouille

Ratatouille makanan khas Prancis
Ratatouille makanan khas Prancis (Unsplash/amirali mirhashemian)

 

Ratatouille menjadi makanan khas Perancis populer setelah film kartun anak-anak, tentang tikus yang memasak Ratatouille. Hidangan dari sayuran ini termasuk masakan populer di Perancis.

Bahan utama Ratatouille adalah sayuran seperti terong, tomat, paprika, labu zucchini, bawang putih, dan rempah-rempah. Sayuran ini kemudian direbus dalam minyak zaitun.

Awalnya Ratatouille menjadi makanan petani karena dibuat dari sisa sayuran. Kemudian makanan ini berkembang menjadi hidangan mewah yang disajikan di restoran terbaik.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait