Kalimat Sumbang adalah Kalimat Tak Sesuai Topik, Ini Ulasannya

Siti Nur Aeni
14 Juli 2022, 18:56
Kalimat Sumbang adalah Kalimat yang Tidak Sesuai Topik, Ini Ulasannya
Unsplash/Christin Hume
Ilustrasi menulis kalimat sumbang

Kalimat sumbang adalah salah satu jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia yang perlu dipelajari. Seperti namanya, kalimat ini memiliki tata letak yang tidak sesuai. Lantas, apa sebenarnya makna kalimat sumbang? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Apa Itu Kalimat Sumbang?

Kalimat sumbang adalah jenis kalimat yang tidak berkaitan dengan keseluruhan kalimat yang ada di paragraf tersebut. Bahkan, seringkali kalimat sumbang bertolak belakang dengan topik utama dalam paragraf tersebut.

Kalimat sumbang juga sering dimaknai sebagai kalimat yang tidak padu sebagai hasil kekeliruan dari penulis salam menuangkan ide. Meskipun demikian, ada juga penulis yang sengaja membuat kalimat sumbang. Tujuannya sebagai umpan balik kepada pembaca yang umumnya dalam bentuk humor atau info tambahan.

Ciri-ciri Kalimat Sumbang

Kalimat sumbang bisa dengan mudah diketahui lewat ciri-cirinya. Adapun ciri kalimat sumbang adalah sebagai berikut:

  • Tidak berhubungan dengan kalimat utama.
  • Tidak nyambung dengan kalimat sebelum maupun setelahnya.
  • Ide dalam menulis kalimat sumbang biasanya bertolak belakang dengan ide utama dalam tulisan tersebut.

Bagaimana Cara Menentukan Kalimat Sumbang?

Selain melihat ciri-cirinya, ada juga beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk dapat menentukan kalimat sumbang. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

  1. Baca terlebih dahulu seluruh paragraf, kemudian tentukan gagasan pokok dan kalimat utama paragraf tersebut.
  2. Setelah membaca dengan teliti, cermati apakah seluruh kalimat saling berhubungan dengan kalimat utamanya atau tidak. Lihat juga keterkaitannya dengan kalimat penjelasan dalam paragraf tersebut. Apabila ditemukan kejanggalan, dapat diketahui bahwa kalimat tersebut termasuk kalimat sumbang.
  3. Terakhir, baca kembali kalimat sumbang tersebut dengan kalimat sebelum atau setelahnya. Pahami apakah ada keterkaitan atau tidak. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan kalimat sumbang tersebut sengaja dibuat penulisnya atau murni karena kesalahan penulis.

Contoh Kalimat Sumbang

Setelah memahami definisi, ciri-ciri, hingga cara menentukan kalimat sumbang, pada bagian ini kita akan menyajikan beberapa contoh kalimat sumbang. Mengutip dari Dosenbahasa.com, berikut ini sejumlah contoh kalimat sumbang dalam sebuah paragraf.

Contoh 1

(1) Mentari adalah siswa pintar di sekolahnya. (2) Ia berhasil menjadi siswa yang memperoleh hasil UN tertinggi di SMP tempatnya bersekolah. (3) Selain itu, nilainya juga menjadi yang terbaik se-kabupaten. (4) Nilai dua mata pelajaran berhasil ia dapatkan secara sempurna. (5) Mentari sangat hobi memasak. (6) Saat ini, ia sedang menunggu pengumuman dari salah satu sekolah menengah atas terbaik di kotanya.  

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...