Memahami Kalimat Utama dari Definisi sampai Contohnya

Image title
3 Desember 2021, 16:24
Memahami Kalimat Utama dari Definisi sampai Contohnya
Alexis Brown/Unsplash
ilustrasi menulis kalimat utama

Kalimat utama menjadi bagian penting dalam sebuah tulisan. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat pokok atau gagasan pokok. Memahami tentang kalimat pokok menjadi sebuah keharusan jika Anda ingin membaca atau membuat sebuah tulisan.

Untuk mengetahui kalimat utama dalam sebuah tulisan sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa ciri khusus dari kalimat pokok. Penasaran apa saja ciri-cirinya? Berikut penjelasannya.

Pengertian Kalimat Utama

Sebelum mempelajari tentang ciri-ciri kalimat pokok, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu definisi dari kalimat ini.

Kalimat ini diartikan sebagai kalimat yang mengandung pokok pikiran paragraf dan kalimat jabaran yang isinya penjebaran dari pokok pikiran tersebut. Pengertian lain dari kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok atau ide utama paragraf.

Ciri-ciri Kalimat Utama

Untuk mengenali kalimat utama, Anda bisa mengetahuinya dengan memahami ciri-ciri dari kalimat ini. Adapun ciri ciri kalimat utama sebagai berikut:

  1. Kalimat lengkap yang berdiri sendiri.
  2. Mengandung permasalahan potensial untuk dirinci atau diuraikan lebih lanjut.
  3. Mempunyai arti yang jelas tanpa perlu dihubungkan dalam kalimat lain.
  4. Dapat dibentuk tanpa kata sambung atau frasa transisi.

Jenis-jenis Kalimat Utama

Jika dilihat dari posisinya, kalimat utama terbagi menjadi tiga jenis. Berikut uraiannya.

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di awal kalimat. Informasi dalam paragraf disampaikan mulai dari hal-hal umum kemudian ke hal yang lebih spesifik.

2. Paragraf Induktif

Berbeda dengan paragraf deduktif yang letak kalimat pokoknya di awal, pada paragraf induktif letak kalimat pokoknya justru di akhir paragraf. Informasi dalam pragraf ini disampikan dari hal yang bersifat khusus terlebih dahulu kemudian menuju hal yang lebih umum.

Kalimat utama dalam paragraf ini biasanya dalam bentuk simpulan dari sebuah topik. Pola paragraf ini menjadi lebih variatif karena tebagi lagi menjadi tiga jenis yaitu pola sebab akibat, generalis, dan analogi.

3. Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan perpaduan antara pragraf deduktif dan induktif. Sehingga, kalimat utama dalam paragraf ini ada dua macam yaitu di awal dan di akhir paragraf.

Pola yang dibentuk juga perpaduan antara dua paragraf tersebut. Dimulai dari pembahasan ke hal-hal umum lalu khusus kemudian kembali lagi ke hal umum.

Kalimat utama merupakan penyataan umum, sedangkan bagian akhir berupa simpulan. Hal penting diketahui bahwa kedua kalimat utama yang ada di awal dan akhir tidak boleh saling bertolak belakang.

Advertisement

Keduanya harus terkait satu dengan lainnya. Kalimat pokok yang ada di akhir, menjadi penegas dari kalimat pokok di awal paragraf.

Cara Membaca Kalimat Utama

Selain memahami ciri-ciri dan jenisnya, hal penting lain yang harus dipahami dari kalimat pokok yaitu cara membacanya. Berikut cara membaca kalimat utama dengan benar.

  1. Bacalah dengan tujuan untuk mendapatkan ide pokok secara tepat. Jangan membaca kata demi kata namun seraplah ide dan bergerak cepat agar tidak kehilangan pengertian.
  2. Membaca dengan cepat agar bisa mengerti ide bacaan dan teruslah membaca ke bagian lain.
  3. Kurangi mencari detail kecil, segeralah bereaksi terhadap ide pokok sebuah karangan.
  4. Terapkan kefleksibelan dalam membaca sebuah karangan.
  5. Sebisa mungkin membaca dengan cepat namun jangan tergesa-gesa. Sebab hal tersebut justru akan mempersulit pemahaman sebuah bacaan.
  6. Konstentrasi penuh pada ide dan gagasan dalam tulisan.

Jika menerapkan enam poin yang sudah diuraikan di atas, maka Anda akan dengan mudah memahami isi bacaan. Kalimat utama menjadi kunci agar Anda bisa memahami konteks atau isi dalam bacaan tersebut.

Contoh Kalimat Utama

Agar lebih memahami penjelasan di atas, berikut ini kami berikan beberapa contoh kalimat utama yang bisa dipelajari.

Contoh 1

Kesehatan dapat diperoleh melalui berbagai cara. Pertama, dengan rutin berolahraga. Aktivitas fisik yang dilakukan tidak harus yang berat, bersepeda atau jalan santai juga bisa menjadi olahraga yang menyehatkan tubuh. Kedua, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Penuhi nutrisi harian seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Pembahasan: kalimat utama dalam pragraf di atas terletak di awal paragraf. Yaitu pada kalimat “kesehatan dapat diperoleh melalui berbagai cara”.

Contoh 2

Membuang sampah ke sungai bisa menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Melakukan pemupukan tanaman dengan pupuk kimia juga bisa menyebabkan tanah tercemar dan rusak. Limbah industri yang tidak dikelola dengan semestinya dapat memperparah pencemaran di lingkungan sekitar. Itulah beberapa hal yang sering dilakukan manusia dan ternyata menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

Pembahasan:  kalimat utama dalam pragraf di atas terletak di akhir paragraf. Yaitu pada kalimat “Itulah beberapa hal yang sering dilakukan manusia dan ternyata menjadi penyebab pencemaran lingkungan”.

Demikian penjelasan tentang kalimat utama mulai dari definisi sampai contohnya. Mempelajari kalimat utama akan semakin mudah, jika Anda sering membaca berbagai tulisan. Saat membaca secara tidak langsung Anda juga sedang mempelajari kalimat pokok dari bacaan tersebut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait