Menilik Jumlah Gaji Pegawai Hotel Berbintang, Tertinggi Rp 30 Juta

Annisa Fianni Sisma
14 September 2022, 15:34
gaji pegawai hotel
Pexel
Receptionist Lobby Hotel - Gaji Karyawan Hotel (Sumber: pexel)

Di Indonesia telah berdiri berbagai jenis hotel. Dari mulai hotel bintang 3 hingga bintang 5. Setiap hotel memiliki fasilitas dan layanan masing-masing. Pelayanan yang membuat pelanggan nyaman akan menaikkan kualitas dan kesan hotel dari masyarakat.

Hotel merupakan tempat penyedia penginapan berbayar jangka pendek. Pada umumnya, orang yang menginap di hotel hanya untuk waktu kurang dari 3 hingga 5 hari. Fasilitas di berbagai hotel pun beragam, tergantung pada kualitas hotelnya.

Pelayanan hotel yang memadai dan berkualitas merupakan output dari seorang pegawai hotel yang memiliki kompetensi. Oleh karena itu, di beberapa tempat, pihak hotel akan memberikan benefit kepada pegawai hotel yang dapat meningkatkan kualitas dirinya seperti training secara berkala, kesempatan naik ke jenjang karir yang lebih tinggi, dan/atau gaji pegawai hotel.

Berkaitan dengan gaji pegawai hotel, tampaknya nominalnya pun berbeda-beda. Berikut ini gaji pegawai hotel berdasarkan jenis hotel bintang 3, 4, dan 5 melansir dari Tipkerja.com:

1. Gaji Pegawai Hotel Bintang 3

Hotel bintang 3 pada umumnya memiliki sekitar 30 kamar dengan luas 24 m2 dan dua kamar tipe suit berukuran 48 m2. Fasilitas yang disediakan pada umumnya yakni telepon, TV, Wi-Fi, kamar mandi dan toilet, sarana bermain, area parkir, AC, coffee, tea, sugar, bar, dan restoran. Fasilitas ini dapat berbeda-beda di berbagai hotel. Berkaitan dengan gajinya, berikut ini gaji pegawai hotel bintang 3:

Manager Hotel : Rp 10,5 juta 
Engineer : Rp 2,6 juta
Housekeeping Hotel : Rp 2,1 juta
Front Desk Manager : Rp 2,6juta
Pastry Chef : Rp 2,6juta
Security Hotel : Rp 2,2 juta
Room Attendant : Rp 2,1 juta 
Chef Hotel : Rp 2,6 juta 
Front Office : Rp 2,7 juta
Cleaning Service : Rp 2,1 juta
Banquet Sales Executive : Rp 2,1 juta 
Steward Hotel : Rp 2,2 juta 
Personal Butler : Rp 2,1 juta 
Waiters : Rp 2,2 juta 
Executive Housekeeper : Rp 3,1 juta
Garden Manager : Rp 2,6 juta 
Food & Beverage Manager : Rp 3,1 juta 
Sales Executive : Rp 3,1 juta
Resepsionis Hotel : Rp 3,1 juta

2. Gaji Pegawai Hotel Bintang 4

Hotel berbintang 4 pada umumnya memiliki 50 kamar dengan ukuran 34 m2. Hotel ini juga memiliki kamar dengan tipe suite berukuran 48 m2 sebanyak 3 kamar. Fasilitas yang tersedia yakni telepon, TV, Wi-Fi, kamar mandi dan toilet, sarana bermain, area parkir, AC, bar, coffee, tea, sugar, swimming pool, restoran dengan tambahan penghangat air, laundry, water heater kenyamanan lainnya. Berkaitan dengan gaji pegawai hotel bintang 4, berikut rinciannya:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...