10 Film Vampir Terbaik, Petualangan Makhluk yang Haus Darah

Seiring berjalannya waktu, kreasi vampir dalam film menjadi lebih beragam dan unik. Sebagai rekomendasi, berikut film vampir terbaik beserta sinopsisnya.
Image title
19 September 2022, 06:22
Ilustrasi, adegan dalam Let The Right One In (2008), film vampir terbaik
imdb.com
Ilustrasi, adegan dalam Let The Right One In (2008), film vampir terbaik

Mitos vampir yang meminum darah manusia telah ada sejak zaman dahulu. Vampir biasanya memiliki karakteristik kulit pucat, menghindari sinar matahari, mempunyai kepekaan indra yang tinggi, serta dapat berubah bentuk.

Vampir muncul pertama kali dalam sastra Inggris, yakni berupa puisi epik oriental monumental Robert Southey yang berjudul Thalaba the Destroyer (1801). Dalam karya tersebut, karakter Oneiza yang telah meninggal berubah menjadi vampir.

Popularitas vampir dalam karya sastra maupun film bisa jadi karena rasa ingin tahu terhadap kemungkinan manusia yang dapat hidup abadi. Buku seperti Dracula karya Bram Stoker dan film Twilight merupakan contoh bentuk media tentang vampir yang populer.

Seiring berjalannya waktu, kreasi vampir dalam film menjadi lebih beragam dan unik. Sebagai rekomendasi, berikut film vampir terbaik beserta sinopsisnya.

Advertisement

1. Let the Right One In (2008)

Gelar film vampir terbaik layak disandang film Let the Right One In. Dalam film ini, di pinggiran Blackeberg di Stockholm, Oskar yang berusia dua belas tahun adalah seorang anak lelaki yang kesepian dan terbuang yang diintimidasi di sekolah oleh Conny dan dua temannya.

Di rumah, Oskar bermimpi membalas dendam. Dia berteman dengan tetangga sebelahnya yang berusia dua belas tahun, Eli, yang hanya muncul pada malam hari di taman bermain gedung mereka.

Sementara itu, ayah Eli adalah seorang pembunuh berantai yang menguras darah korbannya untuk mensuplai Eli, jadi Eli tidak perlu membunuh. Eli menyarankan Oskar untuk bereaksi terhadap Conny yang melawannya. Namun, Oskar segera menyadari bahwa Eli adalah vampir.

2. Nosferatu (1922)

Rekomendasi film vampir terbaik kedua yaitu Nosferatu. Dikisahkan bahwa Thomas Hutter yang bekerja untuk agen real estat dikirim ke Transylvania oleh bosnya untuk mengunjungi klien baru bernama Count Orlok yang berencana membeli properti.

Setelah mempercayakan istrinya,Ellen, kepada sahabat baiknya, Thomas memulai perjalanannya. Selama perjalanannya di tengah daerah pegunungan, Thomas berhenti di sebuah penginapan untuk makan malam.

Penduduk setempat mencegah Thomas untuk bepergian ke kastil Count, tetapi Hutter melanjutkan perjalanannya dengan naik kereta kuda. Karena malam tiba, kusir menolak untuk membawanya lebih jauh dari jembatan.

Thomas melanjutkan perjalanannya sendirian dan setelah menyeberangi jembatan, dua orang misterius muncul untuk mengantarkan Thomas ke kastil di mana ia disambut oleh Count Orlok.

Setelah masuk ke kastil, Thomas menyadari bahwa Count Orlok adalah vampir atau Nosferatu.

3. What We Do in the Shadows (2014)

Film vampir terbaik, What We Do in the Shadows, mengikuti kehidupan Viago, Deacon, dan Vladislav, yaitu tiga teman sekamar yang mencoba bertahan dan mengatasi rintangan hidup. Mereka hidup sebagai vampir abadi yang harus berpesta darah manusia.

Ratusan tahun berlalu, para vampir menemukan bahwa mereka harus beradaptasi di tengah masyarakat modern. Mereka harus berjuang dengan hal-hal duniawi, seperti membayar sewa, mengikuti perkembangan zaman, mencoba masuk ke klub malam, dan mengatasi konflik teman sekamar.

4. A Girl Walks Home Alone At Night (2014)

Film ini dibuka dengan pemandangan gurun yang luas di Bad City yang penuh oleh mesin bor minyak dan perasaan yang gamblang sebagai kota hantu semu. Di sini, Arash, seorang remaja kesepian hidup dengan ayah pecandu narkoba yang terus-menerus berutang uang kepada seorang pengedar.

Arash mencoba yang terbaik untuk mencari nafkah dengan bekerja sebagai tukang kebun untuk keluarga kaya. Tanpa sepengetahuannya, kota itu dihuni oleh seorang vampir muda kesepian yang namanya tidak pernah kita ketahui.

Sang vampir bertindak sebagai main hakim sendiri, ia memilih untuk makan dari orang-orang yang dianggap buruk lalu membunuh mereka tanpa ampun.Suatu malam, dia bertemu Arash dan untuk pertama kalinya, sang vampir merasakan secercah harapan.

5. Interview With The Vampire (1994)

Dengan latar belakang San Francisco yang suram, Interview With The Vampire merupakan film vampir terbaik yang unik. Dalam film ini, seorang vampir berusia hampir dua abad bernama Louis de Pointe du Lac menceritakan kisahnya kepada reporter skeptis, Daniel Molloy.

Kisah Louis mencakup dua ratus tahun pengkhianatan kejam, kesendirian ekstrim, dan rasa haus yang tak terpadamkan. Tak hanya itu, Louis yang muram juga menceritakan bagaimana ia menyesal dengan keputusannya, terutama yang berhubungan dengan pembuatnya, Lestat de Lioncourt.

Apakah epik mistik Louis tentang pertumpahan darah itu asli? Apakah ini benar-benar wawancara dengan vampir?

6. Bram Stoker's Dracula (1992)

Film Dracula ini diadaptasi dari novel klasik karya Bram Stoker. Dalam film vampir terbaik ini, pengacara muda Jonathan Harker ditugaskan ke desa yang suram di Eropa timur. Dia ditangkap dan dipenjarakan oleh vampir Dracula yang melakukan perjalanan ke London.

Di Inggris, Dracula memulai pemerintahan penuh rayuan dan teror, menguras kehidupan dari teman terdekat Mina, Lucy Westenra. Oleh sebab itu, teman-teman Lucy berkumpul untuk mencoba mengusir Dracula.

7. Only Lovers Left Alive (2013)

Berlatar belakang kehancuran romantis Detroit dan Tangiers, seorang vampir sekaligus musisi yang sangat tertekan aktivitas manusia bersatu kembali dengan kekasihnya sesama vampir yang tangguh dan penuh teka-teki.

Kisah cinta mereka telah bertahan setidaknya selama beberapa abad, tetapi kehidupan mereka segera terganggu oleh adik perempuannya yang liar dan tidak terkendali. Bisakah mereka terus bertahan saat dunia modern runtuh di sekitar mereka?

8. The Lost Boys (1987)

Rekomendasi film vampir terbaik selanjutnya yaitu The Lost Boys. Dalam film ini, seorang ibu dan dua putranya pindah ke kota pantai kecil di California. Kota ini diganggu oleh pengendara sepeda motor dan beberapa kematian misterius.

Anak laki-laki yang lebih muda berteman dengan dua anak laki-laki lain yang mengaku sebagai pemburu vampir. Sementara anak laki-laki yang lebih tua ditarik ke dalam geng pengendara motor oleh seorang gadis cantik.

Anak laki-laki yang lebih tua mulai tidur berhari-hari dan keluar sepanjang malam sementara anak laki-laki yang lebih muda mulai mendapat masalah karena obsesi teman-temannya.

9. Thirst (2009)

Sang-hyun, seorang pendeta yang bekerja untuk sebuah rumah sakit, menjadi sukarelawan tanpa pamrih untuk proyek pengembangan vaksin rahasia yang dimaksudkan untuk membasmi virus mematikan.

Namun, Sang-hyun terkena virus itu. Dia hampir mati, tetapi pulih secara ajaib dengan transfusi darah vampir yang tidak disengaja. Dia menyadari satu-satunya alasan hidupnya yaitu kesenangan untuk makan daging manusia.

10. Buffy the Vampire Slayer (1992)

Buffy Summers memiliki gaya hidup yang diinginkan setiap wanita muda. Ia menjadi pemandu sorak dan berkencan dengan kapten tim bola basket, serta menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja dengan teman-temannya.

Dia tidak tahu peran sebenarnya sampai seorang pria misterius bernama Merrick mendekatinya dan mengatakan kepadanya bahwa dia adalah pembunuh untuk membela dunia dari vampir. Enggan untuk mengakui fakta, Buffy segera mengetahui bahwa Merrick tidak bohong dan mulai membunuh vampir sambil mencoba mempertahankan kehidupan normalnya.

Namun, pada salah satu film vampir terbaik ini, sahabatnya satu per satu meninggalkannya, sehingga Buffy menemukan pelipur lara bersama orang buangan, Pike, yang tahu betul teror yang muncul. Bersama-sama, mereka melawan vampir tua dan kuat bernama Lothos yang mengincar Buffy.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait