8 Film Teka-Teki Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Image title
20 September 2022, 05:45
Ilustrasi, film Zodiac (2007), film teka-teki terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Zodiac (2007), film teka-teki terbaik

Film teka-teki menampilkan pertanyaan, puzzle, frasa, atau pernyataan yang dirancang untuk dipecahkan dan mengungkap jawaban yang tidak terduga. Seringkali, pemecahan teka-teki membutuhkan pemikiran kritis agar ditemukan jawaban yang tepat.

Keunikan film teka-teki terletak pada penyelesaiannya, penonton biasanya larut dalam konflik yang kompleks dan tidak menduga jawabannya. Selain itu, film teka-teki dibuat dengan cerdas dan terperinci untuk membangun atmosfer misterius yang memikat penonton.

Simak rekomendasi film teka-teki terbaik berikut ini.

1. Zodiac (2007)

Rekomendasi film teka-teki terbaik yang pertama yaitu Zodiac. Dalam film ini, seorang pembunuh berantai di San Francisco Bay Area mengejek polisi dengan surat dan pesan yang penuh teka-teki.

Sementara itu, Robert Graysmith adalah seorang kartunis yang bekerja untuk San Francisco Chronicle. Ia berteman dengan seorang reporter bernama Paul Avery. Keduanya memiliki minat yang sama, yakni mengungkap identitas pembunuh Zodiac.

Graysmith menjadi terobsesi dengan kasus ini sehingga ia turut serta dalam penyelidikan. Untuk mengungkap teka-teki zodiac, ia bertemu David Toschi, seorang inspektur polisi, Sherwood Morrill, seorang ahli tulisan tangan, dan Linda del Buono, seorang narapidana yang mengenal salah satu korban Zodiac.

Obsesi Graysmith membuat istri dan anak-anaknya terlantar. Mampukan Graysmith dan pihak kepolisian mengungkap teka-teki Zodiac?

2. Labyrinth (1986)

Labyrinth menjadi film teka-teki terbaik selanjutnya yang layak ditonton. Film ini menceritakan seorang remaja bernama Sarah yang dipaksa oleh ayah dan ibu tirinya untuk mengasuh adik tirinya, Toby, saat mereka keluar.

Toby tidak berhenti menangis dan Sarah berharap Tobi menghilang saja. Tiba-tiba, Toby berhenti menangis dan ketika Sarah mencarinya di tempat tidurnya, ia mengetahui bahwa keinginannya dikabulkan.

Raja Goblin Jareth telah membawa Toby ke kastilnya di Kota Goblin di tengah labirin. Sarah diberi waktu tiga belas jam untuk memecahkan teka-teki dalam labirin dan menyelamatkan adiknya.

3. Memento (2000)

Leonard adalah penyelidik asuransi yang ingatannya telah rusak karena cedera kepala yang dideritanya setelah mengintervensi pembunuhan istrinya. Kualitas hidupnya sangat terhambat setelah peristiwa ini, dan dia menjalani kehidupan catatan dan gambar.

Film teka-teki terbaik ini diceritakan dalam kilasan. Leonard sangat ingin membalas dendam atas pembunuhan istrinya. Namun, ingatannya yang kabur menghambatnya. Leonard harus berusaha memecahkan teka-teki yang terlupakan untuk menemukan jawabannya.

4. Se7en (1995)

Se7en merupakan film teka-teki sekaligus film psikopat terbaik. Film berfokus pada pencarian psikopat bernama John Doe yang membunuh tujuh orang, satu orang melambangkan satu dosa mematikan. Dalam film ini, Detektif Somerset dan Mills mencoba memahami pola pikir pembunuh melalui teka-teki yang ia tinggalkan.

Setiap pembunuhan dilakukan dengan bersih tanpa saksi dan alat bukti. Para korbannya ditemukan dalam keadaan sedang melakukan dosa mematikan. Contohnya, korban pertama John Doe ditemukan mati karena terlalu banyak makan. Ini melambangkan dosa kerakusan.

Detektif Somerset yang berpengalaman mencoba menginvestigasi dengan kepala dingin dan melihat detail apa saja yang dapat diolah. Sementara Detektif Mills yang muda dan impulsif mencemooh usahanya dan berakhir dengan akibat fatal.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement