8 Film Teka-Teki Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Film teka-teki dibuat dengan cerdas dan terperinci untuk membangun atmosfer misterius yang memikat penonton. Simak rekomendasi film teka-teki terbaik berikut ini.
Image title
20 September 2022, 05:45
Ilustrasi, film Zodiac (2007), film teka-teki terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Zodiac (2007), film teka-teki terbaik

Film teka-teki menampilkan pertanyaan, puzzle, frasa, atau pernyataan yang dirancang untuk dipecahkan dan mengungkap jawaban yang tidak terduga. Seringkali, pemecahan teka-teki membutuhkan pemikiran kritis agar ditemukan jawaban yang tepat.

Keunikan film teka-teki terletak pada penyelesaiannya, penonton biasanya larut dalam konflik yang kompleks dan tidak menduga jawabannya. Selain itu, film teka-teki dibuat dengan cerdas dan terperinci untuk membangun atmosfer misterius yang memikat penonton.

Simak rekomendasi film teka-teki terbaik berikut ini.

1. Zodiac (2007)

Rekomendasi film teka-teki terbaik yang pertama yaitu Zodiac. Dalam film ini, seorang pembunuh berantai di San Francisco Bay Area mengejek polisi dengan surat dan pesan yang penuh teka-teki.

Advertisement

Sementara itu, Robert Graysmith adalah seorang kartunis yang bekerja untuk San Francisco Chronicle. Ia berteman dengan seorang reporter bernama Paul Avery. Keduanya memiliki minat yang sama, yakni mengungkap identitas pembunuh Zodiac.

Graysmith menjadi terobsesi dengan kasus ini sehingga ia turut serta dalam penyelidikan. Untuk mengungkap teka-teki zodiac, ia bertemu David Toschi, seorang inspektur polisi, Sherwood Morrill, seorang ahli tulisan tangan, dan Linda del Buono, seorang narapidana yang mengenal salah satu korban Zodiac.

Obsesi Graysmith membuat istri dan anak-anaknya terlantar. Mampukan Graysmith dan pihak kepolisian mengungkap teka-teki Zodiac?

2. Labyrinth (1986)

Labyrinth menjadi film teka-teki terbaik selanjutnya yang layak ditonton. Film ini menceritakan seorang remaja bernama Sarah yang dipaksa oleh ayah dan ibu tirinya untuk mengasuh adik tirinya, Toby, saat mereka keluar.

Toby tidak berhenti menangis dan Sarah berharap Tobi menghilang saja. Tiba-tiba, Toby berhenti menangis dan ketika Sarah mencarinya di tempat tidurnya, ia mengetahui bahwa keinginannya dikabulkan.

Raja Goblin Jareth telah membawa Toby ke kastilnya di Kota Goblin di tengah labirin. Sarah diberi waktu tiga belas jam untuk memecahkan teka-teki dalam labirin dan menyelamatkan adiknya.

3. Memento (2000)

Leonard adalah penyelidik asuransi yang ingatannya telah rusak karena cedera kepala yang dideritanya setelah mengintervensi pembunuhan istrinya. Kualitas hidupnya sangat terhambat setelah peristiwa ini, dan dia menjalani kehidupan catatan dan gambar.

Film teka-teki terbaik ini diceritakan dalam kilasan. Leonard sangat ingin membalas dendam atas pembunuhan istrinya. Namun, ingatannya yang kabur menghambatnya. Leonard harus berusaha memecahkan teka-teki yang terlupakan untuk menemukan jawabannya.

4. Se7en (1995)

Se7en merupakan film teka-teki sekaligus film psikopat terbaik. Film berfokus pada pencarian psikopat bernama John Doe yang membunuh tujuh orang, satu orang melambangkan satu dosa mematikan. Dalam film ini, Detektif Somerset dan Mills mencoba memahami pola pikir pembunuh melalui teka-teki yang ia tinggalkan.

Setiap pembunuhan dilakukan dengan bersih tanpa saksi dan alat bukti. Para korbannya ditemukan dalam keadaan sedang melakukan dosa mematikan. Contohnya, korban pertama John Doe ditemukan mati karena terlalu banyak makan. Ini melambangkan dosa kerakusan.

Detektif Somerset yang berpengalaman mencoba menginvestigasi dengan kepala dingin dan melihat detail apa saja yang dapat diolah. Sementara Detektif Mills yang muda dan impulsif mencemooh usahanya dan berakhir dengan akibat fatal.

5. Cube (1997)

Dalam film teka-teki ini, enam orang yang berbeda terbangun di dalam kubus raksasa dengan ribuan kamar. Enam orang itu memiliki keterampilan yang harus disatukan untuk menemukan jalan keluar.

Mereka terdiri dari polisi, ahli matematika, perancang bangunan, dokter, ahli pelarian, dan orang cacat. Semua memainkan peran dalam pencarian mendebarkan untuk memecahkan teka-teki dan menemukan jawaban mengapa mereka berada di tempat tersebut.

6. National Treasure (2004)

National Treasures merupakan film teka-teki terbaik yang berfokus pada pencarian harta karun menggunakan sejumlah petunjuk. Karakter utama bernama Benjamin Franklin Gates mengikuti petunjuk yang mengarah pada Deklarasi Kemerdekaan.

Di sisi lain, saingan Ben bernama Ian juga mengincar harta karun dan berencana mencuri Deklarasi Kemerdekaan. Ben memberitahu FBI tentang kemungkinan pencurian. Namun, mereka menolak untuk mempercayainya.

Ben bertekad mencuri Deklarasi Kemerdekaan untuk melindunginya dari Ian. Ben bertemu Abigail Chase, seorang kurator arsip ketika dia mencuri dokumen. Abigail turut terlibat dalam rencana pencurian ini.

Setelah mendapatkannya, Ben, Abigail, dan rekan lainnya bernama Riley harus memecahkan teka-teki dalam Deklarasi Kemerdekaan untuk menemukan harta karun sebelum diambil oleh Ian.

7. Sherlock Holmes (2009)

Di London, Sherlock Holmes dan rekannya Dr. John Watson menangkap pengikut ilmu hitam dan pembunuh berantai bernama Lord Blackwood yang telah membunuh lima wanita. Blackwood hampir membunuh korban keenamnya sebelum ditangkap.

Blackwood dijatuhi hukuman gantung dan Dr. Watson membuktikan kematiannya. Namun, Blackwood secara misterius kembali dari alam baka dan Inspektur Lestrade memanggil Sherlock Holmes untuk membantu Scotland Yard dalam penyelidikan.

8. Angels & Demons (2009)

Ahli simbol dari Harvard, Profesor Robert Langdon, memulai misi untuk mengungkap misteri seorang fisikawan Italia yang terbunuh dan mencegah aksi teroris terhadap Kota Vatikan. Di bawah keadaan sulit itu, Langdon bekerja sama dengan ilmuwan CERN, Dr. Vittoria Vetra.

Mereka berdua mengikuti petunjuk dan memecahkan teka-teki yang tersebar di seluruh Roma. Dikejar oleh waktu, bisakah Langdon mengumpulkan bukti dan mengakali Illuminati, persaudaraan rahasia paling berbahaya dalam sejarah?

9. The Da Vinci Code (2006)

Rekomendasi film teka-teki terbaik yang terakhir adalah The Da Vinci Code. Saat berada di Paris untuk urusan bisnis, ahli simbol Robert Langdon diberitahu bahwa kurator tua Louvre telah dibunuh di dalam museum.

Di dekat mayat, polisi menemukan sandi yang membingungkan. Memecahkan teka-teki yang kompleks, Langdon tampaknya tercengang saat mengetahui bahwa itu mengarah ke jejak petunjuk yang tersembunyi dalam karya Leonardo Da Vinci.

Langdon bergabung dengan ahli kriptografi Prancis yang berbakat bernama Sophie Neveu yang mengetahui bahwa mendiang kurator itu terlibat dalam Biarawan Sion, sebuah perkumpulan rahasia yang sebenarnya.

Langdon dan Neveu harus memecahkan teka-teki labirin tepat waktu, rahasia Biarawan, dan kebenaran sejarah yang menakjubkan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait