8 Film Balap Mobil Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Image title
20 September 2022, 05:53
Ilustrasi, film Grand Prix (1966), film balap mobil terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Grand Prix (1966), film balap mobil terbaik

Balap mobil adalah olahraga yang membutuhkan keterampilan, kekuatan fisik, daya saing, dan kemampuan atletik. Balap mobil melibatkan sejumlah mobil balap yang dikemudikan oleh pembalap dan dinilai berdasarkan waktu tercepat selama jarak tertentu atau batas waktu.

Mengendarai mobil balap itu berbahaya dan secara fisik membutuhkan konsentrasi dan stamina yang luar biasa karena saat kecepatan yang sangat tinggi, pembalap terkena beban gravitasi yang tinggi pula.

Kisah para pembalap sering diadaptasi dalam film balap mobil. Melalui berbagai rintangan, para pembalap ini berhasil mencetak rekor, bahkan menjadi legendaris sehingga namanya dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia.

Berikut rekomendasi film balap mobil terbaik sepanjang masa beserta sinopsisnya.

1. Grand Prix (1966)

Grand Prix layak menyandang predikat film balap mobil terbaik. Dalam film ini, kecelakaan hari perlombaan yang melibatkan rekan tim Jordan-BRM, Pete Aron dan Scott Stoddard, membuat Stoddard terluka parah.

Selama pemulihan Stoddard, Aron bergabung dengan tim balap Jepang. Sambil menyeimbangkan karir dengan hubungannya, Aaron harus bersaing dengan Jean-Pierre Sarti, kontestan Prancis yang sebelumnya telah memenangkan dua gelar dunia.

2. Rush (2013)

Berlatar waktu di zaman keemasan balap Formula 1 pada 1970-an, film balap mobil terbaik ini diadaptasi dari kisah nyata persaingan olahraga yang hebat antara pembalap James Hunt, dan lawannya, Niki Lauda.

Kisah ini mengikuti gaya pribadi mereka yang sangat berbeda di dalam dan di luar trek, cinta mereka, dan musim balap tahun 1976 yang menakjubkan di mana kedua pembalap bersedia mempertaruhkan segalanya untuk menjadi juara dunia.

3. Ford v. Ferrari (2019)

Rekomendasi film balap mobil terbaik selanjutnya yaitu Ford v. Ferrari. Dalam film ini, mobil balap jenis Rosso-Corsa Enzo Ferrari mendominasi dunia motorsport pada pertengahan 1960-an.

Di sisi lain, perancang mobil Amerika, Carroll Shelby, terpaksa pensiun setelah memenangkan perlombaan ketahanan Le Mans 1959 '24 Hours'. Tapi, tak lama kemudian, tawaran tak terduga datang dari wakil presiden perusahaan motor Henry Ford, Lee Iacocca.

Lee menawarkan kesempatan untuk mengalahkan Italia di balap mobil. Sekarang, di bawah keadaan yang mendesak itu, pengemudi mobil sport dan insinyur balap Inggris, Ken Miles, dengan enggan setuju untuk membantu dan meningkatkan citra perusahaan.

Tim balap Ford memiliki waktu kurang dari sembilan puluh hari untuk menulis ulang sejarah. Akibatnya, duo non-konformis muncul dengan mobil balap performa tinggi Ford GT40 Mk I yang perkasa. Bisakah Shelby dan Miles mematahkan rekor Ferrari?

4. Senna (2010)

Film balap mobil terbaik ini menceritakan kisah kehidupan monumental dan kematian tragis juara balap motor legendaris asal Brasil bernama Ayrton Senna. Film ini menceritakan satu dekade sejak kedatangannya di Formula Satu pada pertengahan 80-an.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...