8 Film Balap Mobil Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Kisah kehidupan para pembalap sering diadaptasi dalam film balap mobil terbaik. Berikut rekomendasinya.
Image title
20 September 2022, 05:53
Ilustrasi, film Grand Prix (1966), film balap mobil terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Grand Prix (1966), film balap mobil terbaik

Balap mobil adalah olahraga yang membutuhkan keterampilan, kekuatan fisik, daya saing, dan kemampuan atletik. Balap mobil melibatkan sejumlah mobil balap yang dikemudikan oleh pembalap dan dinilai berdasarkan waktu tercepat selama jarak tertentu atau batas waktu.

Mengendarai mobil balap itu berbahaya dan secara fisik membutuhkan konsentrasi dan stamina yang luar biasa karena saat kecepatan yang sangat tinggi, pembalap terkena beban gravitasi yang tinggi pula.

Kisah para pembalap sering diadaptasi dalam film balap mobil. Melalui berbagai rintangan, para pembalap ini berhasil mencetak rekor, bahkan menjadi legendaris sehingga namanya dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia.

Berikut rekomendasi film balap mobil terbaik sepanjang masa beserta sinopsisnya.

Advertisement

1. Grand Prix (1966)

Grand Prix layak menyandang predikat film balap mobil terbaik. Dalam film ini, kecelakaan hari perlombaan yang melibatkan rekan tim Jordan-BRM, Pete Aron dan Scott Stoddard, membuat Stoddard terluka parah.

Selama pemulihan Stoddard, Aron bergabung dengan tim balap Jepang. Sambil menyeimbangkan karir dengan hubungannya, Aaron harus bersaing dengan Jean-Pierre Sarti, kontestan Prancis yang sebelumnya telah memenangkan dua gelar dunia.

2. Rush (2013)

Berlatar waktu di zaman keemasan balap Formula 1 pada 1970-an, film balap mobil terbaik ini diadaptasi dari kisah nyata persaingan olahraga yang hebat antara pembalap James Hunt, dan lawannya, Niki Lauda.

Kisah ini mengikuti gaya pribadi mereka yang sangat berbeda di dalam dan di luar trek, cinta mereka, dan musim balap tahun 1976 yang menakjubkan di mana kedua pembalap bersedia mempertaruhkan segalanya untuk menjadi juara dunia.

3. Ford v. Ferrari (2019)

Rekomendasi film balap mobil terbaik selanjutnya yaitu Ford v. Ferrari. Dalam film ini, mobil balap jenis Rosso-Corsa Enzo Ferrari mendominasi dunia motorsport pada pertengahan 1960-an.

Di sisi lain, perancang mobil Amerika, Carroll Shelby, terpaksa pensiun setelah memenangkan perlombaan ketahanan Le Mans 1959 '24 Hours'. Tapi, tak lama kemudian, tawaran tak terduga datang dari wakil presiden perusahaan motor Henry Ford, Lee Iacocca.

Lee menawarkan kesempatan untuk mengalahkan Italia di balap mobil. Sekarang, di bawah keadaan yang mendesak itu, pengemudi mobil sport dan insinyur balap Inggris, Ken Miles, dengan enggan setuju untuk membantu dan meningkatkan citra perusahaan.

Tim balap Ford memiliki waktu kurang dari sembilan puluh hari untuk menulis ulang sejarah. Akibatnya, duo non-konformis muncul dengan mobil balap performa tinggi Ford GT40 Mk I yang perkasa. Bisakah Shelby dan Miles mematahkan rekor Ferrari?

4. Senna (2010)

Film balap mobil terbaik ini menceritakan kisah kehidupan monumental dan kematian tragis juara balap motor legendaris asal Brasil bernama Ayrton Senna. Film ini menceritakan satu dekade sejak kedatangannya di Formula Satu pada pertengahan 80-an.

Film Senna mengikuti perjuangan Senna baik di jalur melawan musuh bebuyutannya, Juara Dunia Prancis Alain Prost, dan di luar arena balap dalam melawan politik yang merajalela di olahraga.

Senna menaklukkan dan melampaui Formula Satu untuk menjadi superstar global. Meski sudah sukses, Senna tetap rendah hati dan sangat patriotik. Ia menyumbangkan jutaan dolar ke negara asalnya Brasil dan merenungkan kehidupan di luar balap motor.

Namun, dia direnggut nyawanya dalam kecelakaan yang menjadi salah satu momen paling gelap dalam sejarah olahraga. Nama Senna akan selalu dikenang sebagai pembalap mobil legendaris dan dermawan.

5. Cars (2006)

Film balap mobil terbaik berbentuk animasi ini menceritakan para mobil yang hidup. Saat bepergian ke California untuk balapan Piala Piston melawan The King dan Chick Hicks, Lightning McQueen yang terkenal secara tidak sengaja merusak jalan kota kecil Radiator Springs dan dijatuhi hukuman untuk memperbaikinya.

Lightning McQueen harus bekerja keras dan menemukan persahabatan dan cinta di antara penduduk setempat yang sederhana. Peristiwa ini mengubah jati dirinya selama tinggal di kota kecil dan menjadi pemenang sejati.

6. McLaren (2017)

McLaren adalah film balap mobil dalam bentuk dokumenter. Film ini didasarkan pada kehidupan Bruce McLaren, pendiri tim Bruce McLaren Motor Racing. Mereka adalah salah satu tim balap paling sukses dalam sejarah Formula 1.

Tim McLaren berhasil memenangkan 182 balapan, 12 Kejuaraan Pengemudi, dan 8 Kejuaraan Konstruktor. Beberapa pembalap terhebat di bawah McLaren yang pernah berkompetisi di F1 termasuk Emerson Fittipaldi, James Hunt, Niki Lauda, Alain Prost, Ayrton Senna, Mika Häkkinen, Fernando Alonso, Lewis Hamilton.

7. Talladega Nights: The Ballad Of Ricky Bobby (2006)

Pembalap NASCAR nomor satu bernama Ricky Bobby sedang berada di puncak berkat perjanjian dengan sahabat dan rekan setimnya, Cal Naughton, Jr. Tetapi, ketika seorang pembalap Formula Satu Prancis bernama Girard mulai naik daun, pengabdian Ricky Bobby diuji.

Ricky Bobby harus menghadapi iblisnya sendiri dan melawan Girard untuk mempertahankan hak untuk dikenal sebagai pembalap papan atas.

8. The Fast and the Furious (2001)

Rekomendasi film balap mobil terbaik selanjutnya yaitu The Fast and the Furious. Film ini merupakan urutan pertama dalam serial Fast and Furious. Dalam film ini, Dominic Toretto adalah pemimpin geng yang dituduh membajak truk dan mencuri peralatan elektronik senilai lebih dari satu juta dolar.

FBI mengirim petugas LAPD Brian O'Conner untuk menyamar ke sirkuit balap jalanan Los Angeles untuk menangkap Toretto dan timnya. Namun, O'Connor menemukan dirinya terpikat dengan dunia baru ini dan jatuh cinta dengan saudara perempuan Toretto, Mia. Dilema, O'Conner harus memutuskan dimana kesetiaannya sebenarnya berada.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait