Cloud Computing adalah Komputasi Awan, Ini Contohnya

Cloud computing adalah informasi komputasi awan yang bisa disimpan di internet. Kelebihannya yaitu hemat biaya, mudah diakses, dan memiliki fitur back up. Ini penjelasan dan contohnya.
Dwi Latifatul Fajri
27 September 2022, 22:51
Cloud computing adalah teknologi berbasis internet
pixabay.com/Nikin
Ilustrasi Cloud Computing

Sebutan lain untuk cloud computing adalah komputasi awan. Fungsi cloud computing untuk menjalankan aplikasi komputer. Informasi komputasi awan disimpan permanen melalui server internet. Sedangkan informasi yang sifatnya sementara disimpan pada komputer pengguna.

Keunggulan cloud computing ini untuk memudahkan pengguna mengakses data dan informasi. Selain itu cloud computing penting di aspek keamanan. Komputasi awan ini memudahkan pengguna untuk mengakses jaringan, berbagai sumber daya, konfigurasi server, dan penyimpanan.

Mengenal Cloud Computing 

Cloud computing adalah teknologi berbasis internet, untuk menjalankan aplikasi komputer. Pengertian lain cloud computing yaitu teknologi infrastruktur tersembunyi yang memungkinkan pengguna mengakses internet. Pengguna dapat mengakses internet tanpa mengetahui infrastruktur, proses, dan teknologi.

Dalam buku Teknologi Cloud Computing, gagasan cloud computing sudah ada sejak tahun 1960-an. John McCarthy pakar komputasi MIT, merupakan pionir intelegensi menyampaikan, nantinya infrastruktur publik seperti listrik dan telepon.

Advertisement

Kemudian Larry Ellison pendiri Oracle, melakukan kampanye Network Computing pada 1995. Larry Ellison mengusulkan gagasan berbagai perangkat lunak saling terhubung. Komputer personal diganti dengan terminal yang terhubung ke server. Hal ini memudahkan perangkat lunak diakses pengguna.

Tetapi Network Computing (NC) menjadi lambat karena jaringan komputer yang belum memadai. Selain itu masyarakat memilih kenyamanan komputer personal karena semakin murah harga PC.

Setelah itu muncul cloud computing sebagai terobosan baru. Aplikasi ini tidak tergantung sistem operasi seperti Windows, Linux, atau Mac OS. Pengguna dapat mengakses internet dan menjalankan program secara online. Contohnya saja email, kalender, dan pengelola data dari Google.

Kelebihan Cloud Computing

  • Mudahkan manajemen bisnis
  • Biaya lebih murah dan hemat
  • Memiliki fitur pemulihan data (back up)
  • Mudah diakses di berbagai perangkat
  • Kapasitas penyimpanan lebih besar bisa diupdate
  • Kolaborasi dan berbagi informasi

Kekurangan Cloud Computing

  • Ancaman kebocoran data bagi perusahaan
  • Perusahaan perlu menyewa jasa penyewaan cloud yang memiliki sertifikat resmi
  • Kerja cloud bergantung pada koneksi internet

Contoh Layanan Cloud Computing

1. Hybrid Cloud

Mengutip Binus.ac.id, hybrid cloud adalah teknologi yang memungkinkan terhubungnya aplikasi antar cloud. Selain itu hybrid cloud memungkinkan portabilitas data.

2. Public Cloud

Jenis layanan untuk umum yang bisa diakses publik.

3. Private Cloud

Contoh layanan yang menyediakan pengelolaan dan operasi infrastruktur. Jadi, hanya klien tertentu yang memiliki dana dan skala besar untuk private cloud.

4. Community Cloud

Komputasi awan yang bisa dipakai kelompok atau organisasi. Komputasi awan ini dapat dipakai bersama sesuai kepentingan dan kebutuhan tingkat keamanan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait