Mengenal Struktur Atom Beserta Muatan di Dalamnya

Tifani
Oleh Tifani
30 September 2022, 14:30
Ilustrasi Struktur atom
Katadata
Ilustrasi Struktur atom

Teori struktur atom merupakan salah satu konsep ilmiah tertua mengatakan bahwa semua materi dapat dipecah menjadi zarah (partikel) terkecil, hingga partikel – partikel ini tidak dapat terbagi lagi. Bagian terkecil dari suatu benda ini disebut dengan atom. Istilah atom diberikan oleh Demokritus pada 400 SM yang diambil dari bahasa Yunani yang berarti tidak terbagi, (A= tidak, tomos = terbagi).

Pendapat Demokritus tersebut dibantang oleh Aristoteles yang juga seorang filsuf Yunani. Aristoteles menyatakan bahwa suatu zat tersusun atas api, air, tanah, dan udara. Teori Aristoteles kemudian digunakan selama berabad – abad. Hingga pada 1803, John Dalton mengemukakan pemikirannya tentang dasar teori struktur atom. Menurut model atom Dalton, atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, bersifat identik dan tidak bermuatan.

Teori struktur atom Dalton bertahan hingga 1896, hingga penelitiannya dipatahkan oleh J.J. Thomson, Ernest Rutherford, Robert Millikan, dan James Chadwick. Model atom Thomson mengilustrasikan struktur atom seperti roti kismis, karena atom merupakan bola padat bermuatan positif dengan partikel negatif (elektron) yang berjumlah sama tersebar di dalamnya.

Sedangkan teori struktur atom Rutherford menyatakan, setiap atom mengandung inti atom yang bermuatan positif dengan elektron yang mengelilingi dalam lintasannya. Pada teori struktur atom Bohr menunjukkan bahwa atom terdiri dari beberapa kulit. Kulit ini adalah tempat berpindahnya elektron.

Setelah abad ke-20, teori struktur atom modern atau model atom mekanika kuantum menyatakan atom terdiri dari inti atom bermuatan positif dan awan-awan elektron yang mengelilinginya. Hingga saat ini, masih belum ada teori atau model mutlak dari sebuah atom. Pemahaman mengenai atom semakin berkembang, mengalami perbaikan dan penyempurnaan.

Partikel Dasar Struktur Atom

Struktur atom berukuran sangat kecil hingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Struktur atom ini ikut menentukan sifat dasar dari sebuah materi. Struktur atom berperan sebagai partikel penyusun sebuah materi. Maka, setiap unsur kimia yang berbeda akan memiliki jenis atom yang berbeda pula. Sebaliknya, atom yang berasal dari benda yang sama akan memiliki sifat dan partikel dasar yang sama.

Meskipun dikatakan sebagai bagian terkecil dari sebuah atom, struktur atom masih disusun oleh beberapa partikel subatomik. Partikel subatomik menjadi penyusun dasar dalam atom yang terdiri dari proton, elektron, dan neutron.

Sebagaimana dijelaskan dalam buku Pendidikan Kimia karya Shidiq Premono, Anis Wardani, dan Nur Hidayati, struktur atom adalah satuan zat yang tersusun dari inti atom yang dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral. Jumlah proton didalam inti atom inilah yang nantinya menentukan muatan inti atom, dan massa inti atom ditentukan oleh banyaknya jumlah proton dan neutron.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...