Fauna Asiatis adalah Hewan di Bagian Barat, Ini Ciri dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
4 Oktober 2022, 14:58
Fauna Asiatis Adalah
https://www.worldwildlife.org/
Ilustrasi badak Jawa fauna Asiatis

Indonesia memiliki berbagai jenis flora dan fauna. Di mana kehadiran dan perkembangannya dipengaruhi oleh iklim, wilayah, dan pergerakan hewan di alam bebas. Tipe hewan di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga, yaitu timur, tengah, dan barat. Fauna Asiatis adalah salah satu kategori hewan yang hidup di Tanah Air. 

Penemu kelompok tipe hewan di Indonesia adalah Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber. Mereka mengelompokkan hewan menjadi tiga kategori yakni fauna Asiatis, peralihan, dan fauna Australis. Berikut penjelasan tentang fauna Asiatis.

Pengertian Fauna Asiatis 

Fauna Asiatis adalah jenis hewan di wilayah Indonesia Barat. Persebaran fauna Asiatis ada di pulau Sumatera, pulau Jawa, Lombok, Bali, dan Kalimantan. Wilayah fauna Asiatis ini berbatasan dengan fauna peralihan di bagian tengah.

Garis Wallace menjadi garis khayal perbatasan. Contoh hewan fauna Asiatis adalah badak bercula satu, Gajah Sumatera, harimau Sumatera, Orang Utan, Macan Kumbang, dan Tapir.

Fauna Asiatis memiliki hewan endemik yang hidup di satu wilayah saja. Contohnya ikan pesut hidup di sungai Mahakam (Kalimantan Timur) dan badak bercula satu di Ujung Kulon (Banten).

Ciri-ciri Fauna Asiatis

  • Binatang menyusui berukuran besar
  • Ada berbagai jenis ikan air tawar
  • Ada berbagai jenis kera dan kucing
  • Bulu burung kebanyakan memiliki satu warna tetapi bersuara merdu
  • Ada berbagai jenis primata yang tinggal di hutan
  • Tidak ada binatang berkantung
  • Terdapat berbagai jenis reptil
  • Ada jenis fauna endemik yang hidup di wilayah tertentu

Jenis Fauna Asiatis

1. Harimau 

Salah satu jenis fauna Asiatis adalah harimau. Spesies kucing besar ini tersebar di Asia Tenggara. Adapun untuk Indonesia, persebaran harimau meliputi Pulau Jawa, Madura, dan Bali. Ciri khas hewan ini, memiliki garis vertikal gelap, oranye, dan bagian tubuh berwarna putih. Harimau termasuk hewan karnivora yang memangsa rusa, kijang, dan babi.

2. Beruang 

Beruang berada di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Contohnya beruang madu yang memiliki bulu warna hitam. Sedangkan warna putih dan kuning berada di bagian dada. Beruang madu ini memiliki kuku panjang untuk memanjat pohon. Beruang juga identik dengan madu sebagai makanan favoritnya, di mana untuk mendapatkannya, hewan ini kerap mencari di pohon tinggi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement