8 Jenis Jamur Kayu yang Bisa Dimakan

Image title
4 Oktober 2022, 19:31
Jenis jamur kayu.
unspalsh.com
Jenis jamur kayu.jpg

Ramen, merupakan menu olahan mie asal Jepang yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Disajikan dalam sebuah mangkuk besar, lengkap dengan topping seperti telur sampai jenis jamur kayu yang dikenal dengan nama shitake.

Selain shitake, di dalam ramen biasanya terdapat jenis jamur kayu lainnya. Jamur itu bernama jamur kuping. Sesuai namanya, jamur yang masuk kelas Basidiomycota tersebut bentuknya menyerupai telinga manusia.

Advertisement

Baik shitake maupun jamur kuping merupakan jenis jamur kayu yang bisa dimakan. Tidak hanya lezat, kandungan gizi di dalamnya cukup tinggi.

Beberapa jenis jamur kayu umumnya bisa dimakan. Akan tetapi, untuk jamur yang ditemukan di alam liar sebagian besarnya adalah jamur beracun. Bila dikonsumsi sembarangan, maka akan berbahaya dan berdampak buruk bagi tubuh.

Mengetahui jenis jamur kayu yang bisa dimakan akan sangat berguna, terutama ketika seseorang terjebak dan tersesat di hutan. Apalagi wilayah tropis seperti Indonesia menjadi habitat alami dari  jamur liar yang bergizi tinggi, lezat, dan aman untuk dikonsumsi.

Apa saja jenis jamur kayu yang layak konsumsi? Simak pembahasan berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Jenis Jamur Kayu yang Bisa Dimakan

Ilustrasi Jamur dan Lumut
Ilustrasi Jamur dan Lumut (pixabay.com/ Heiko Stein)

 

Fungi atau orang awam menyebutnya jamur, merupakan organisme dengan bentuk yang sangat beragam. Mengutip Jurnal Hutan Lestari, diperkirakan ada 1,5 juta spesies jamur di dunia. 

Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya termasuk ke dalam kelompok jamur edibel. Sebuah klasifikasi jenis jamur yang bisa dimakan oleh manusia.

Jamur edibel biasanya bertahan hidup dengan bergantung pada organisme lain. Menurut Ensiklopedia Dunia Fungi, jamur memperoleh makanan melalui metode saprofit, parasit, dan simbiotik.

Mayoritas jenis jamur kayu hidup sebagai organisme yang mendapatkan makanan dari materi organik yang sudah mati. Mereka bisa tumbuh di beberapa bagian pohon lapuk.

Umumnya jenis jamur kayu sangat mudah dijumpai. Saat seseorang menemukannya, dia akan membawa jamur tersebut untuk dikonsumsi.

Meski demikian, menentukan jenis jamur kayu yang bisa dimakan harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak, bukan rasa kenyang yang didapatkan justru nyawa kita bisa saja melayang.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis jamur kayu yang aman untuk dikonsumsi manusia:

1. Jamur Tiram 

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur kayu yang layak konsumsi. Mempunyai bentuk tudung setengah lingkaran menyerupai cangkang tiram, jamur tersebut sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Di samping rasanya yang lezat, kandungan nutrisi di dalam jamur tiram cukup komplit. Jamur ini menawarkan mineral seperti fosfor, kalsium, zat besi, serta kandungan vitamin B dan vitamin D yang baik untuk tubuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement