Iklim Subtropis adalah Iklim di Belahan Utara dan Selatan, Ini Cirinya

Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2022, 20:53
Iklim subtropis adalah jenis iklim yang terbagi menjadi 4 musim
ANTARA FOTO/REUTERS/Nacho Doce/AWW/dj
Ilustrasi musim dingin

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca tahunan yang lingkup wilayahnya luas. Tipe iklim membutuhkan data cuaca selama 10 tahun sampai 30 tahun. Sedangkan cuaca merupakan kondisi atmosfer yang terjadi di tempat dan waktu relatif pendek.

Cuaca dan iklim ini dipengaruhi oleh suhu, tekanan udara, angin, dan kelembaban udara. Iklim subtropis adalah jenis iklim yang menghasilkan empat musim. Negara beriklim tropis yaitu Turkis, Australia bagian Selatan, benua Eropa, dan Asia Timur.

Pengertian Iklim Subtropis 

Iklim subtropis adalah kawasan bumi yang berada di bagian utara dan selatan. Iklim tropis berada jauh di garis khatulistiwa. Wilayah subtropis ini terdiri dari 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Berdasarkan Wikipedia, iklim subtropis berada di garis lintang 23,5 derajat lintang utara 40 derajat lintang, dan lintang 23,5 derajat lintang 40 derajat lintang selatan. Iklim subtropis ini memiliki perbedaan suhu, kelembaban, dan karakteristik makhluk hidup.

Negara di Asia Tenggara yang memiliki iklim subtropis adalah Myanmar. Negara bagian utara tersebut, memiliki banyak pegunungan, sehingga suhu udaranya cenderyng rendah. Contoh lain negara subtropis di Asia yaitu Jepang, Korea Selatan, Cina, dan Nepal.

Jenis Iklim Subtropis

Dalam buku Aktivitas Ekonomi Dalam Perspektif Ruang Dan Lingkungan, terdapat iklim subtropis lembab dan subtropis Mediterania. Berikut penjelasan tentang jenis subtropis:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...