Iklim Subtropis adalah Iklim di Belahan Utara dan Selatan, Ini Cirinya

Iklim subtropis adalah jenis iklim yang memiliki 4 musim. Iklim subtropis berada jauh dari garis khatulistiwa. Berikut penjelasan tentang jenis iklim subtropis dan ciri-cirinya.
Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2022, 20:53
Iklim subtropis adalah jenis iklim yang terbagi menjadi 4 musim
ANTARA FOTO/REUTERS/Nacho Doce/AWW/dj
Ilustrasi musim dingin

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca tahunan yang lingkup wilayahnya luas. Tipe iklim membutuhkan data cuaca selama 10 tahun sampai 30 tahun. Sedangkan cuaca merupakan kondisi atmosfer yang terjadi di tempat dan waktu relatif pendek.

Cuaca dan iklim ini dipengaruhi oleh suhu, tekanan udara, angin, dan kelembaban udara. Iklim subtropis adalah jenis iklim yang menghasilkan empat musim. Negara beriklim tropis yaitu Turkis, Australia bagian Selatan, benua Eropa, dan Asia Timur.

Pengertian Iklim Subtropis 

Iklim subtropis adalah kawasan bumi yang berada di bagian utara dan selatan. Iklim tropis berada jauh di garis khatulistiwa. Wilayah subtropis ini terdiri dari 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Berdasarkan Wikipedia, iklim subtropis berada di garis lintang 23,5 derajat lintang utara 40 derajat lintang, dan lintang 23,5 derajat lintang 40 derajat lintang selatan. Iklim subtropis ini memiliki perbedaan suhu, kelembaban, dan karakteristik makhluk hidup.

Advertisement

Negara di Asia Tenggara yang memiliki iklim subtropis adalah Myanmar. Negara bagian utara tersebut, memiliki banyak pegunungan, sehingga suhu udaranya cenderyng rendah. Contoh lain negara subtropis di Asia yaitu Jepang, Korea Selatan, Cina, dan Nepal.

Jenis Iklim Subtropis

Dalam buku Aktivitas Ekonomi Dalam Perspektif Ruang Dan Lingkungan, terdapat iklim subtropis lembab dan subtropis Mediterania. Berikut penjelasan tentang jenis subtropis:

1. Subtropis Lembab

Iklim subtropis berada di garis lintang 40 derajat ke utara dan selatan. Contoh wilayah subtropis lembab yaitu Amerika bagian Tenggara, Asia Tenggara, dan beberapa Amerika Selatan.

Ciri-ciri subtropis lembab yaitu tidak ada musim kemarau, terdapat angin topan dan badai. Terjadinya angin topan ini ketika musim semi dan musim gugur.

2. Subtropis Mediterania

Subtropis Mediterania berada di garis lintang 30 derajat sampai 40 derajat selatan. Subtropis Mediterania berada di sepanjang laut Mediterania. Contohnya saja pantai barat Benua Eropa, Asia, dan Afrika.

Subtropis Mediterania juga ditemukan di Afrika Selatan dan pantai barat Australia. Ciri subtropis Mediterania yaitu iklim hujan sedang ketika musim dingin dan musim panas. Ciri lain yaitu jarang terjadi badai dan angin topan.

Ciri-ciri Iklim Subtropis

  • Kelembaban udara iklim subtropis lebih rendah terutama ketika musim dingin.
  • Tekanan udara lebih besar dibandingkan iklim tropis
  • Berada jauh di garis khatulistiwa tekanan udara lebih besar
  • Ciri lainnya iklim subtropis adalah ketika musim dingin, waktu siang hari lebih singkat dibandingkan malam hari. Sedangkan musim panas, waktu siang hari cenderung lebih singkat dibandingkan malam hari.

Wilayah Iklim Subtropis

  1. Sebagian besar Benua Eropa
  2. Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia Barat Laut
  3. Amerika bagian utara
  4. Afrika Utara dan Afrika Selatan
  5. Australia
  6. Amerika Selatan
  7. Selandia Baru

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait