Contoh Teks Narasi Bahasa Jawa, Serta Penjelasan Lengkapnya

Ghina Aulia
12 Oktober 2022, 14:12
contoh teks narasi Bahasa Jawa
pexels/Pixabay
ilustrasi buku yang terbuka

Teks narasi adalah salah satu bentuk tulisan umum yang bertujuan menceritakan suatu peristiwa, dengan runtutan kronologi dari kejadian tersebut. Teks tersebut terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan fungsi dan sasarannya masing-masing. Beberapa di antaranya adalah informatif atau ekspositorik atau informatif, artistik dan sugestif.

Selain itu, teks narasi tidak hanya disajikan dalam Bahasa Indonesia, melainkan juga bahasa lainnya seperti Bahasa Jawa. Adapun contoh teks narasi Bahasa Jawa bisa Anda temukan dalam sastra Jawa. Sebelum mengenal lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui lebih dahulu mengenaik teks narasi.

Advertisement

Pengertian Teks Narasi

Menurut ilmuwan dua bersaudara, Anderson dan Anderson (2003) narasi adalah teks yang menceritakan sebuah kisah, umumnya mengandung hiburan. Mereka juga menyampaikan dalam narasi terdapat karakter, latar dan aksi atau tindakan yang diceritakan.

Tak hanya itu, Keraf pada bukunya yang berjudul Argumentasi dan Narasi (2010) juga menyampaikan pandangannya. Menurutnya, narasi adalah suatu bentuk wacana yang berusaha menggambarkan dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca terkait peristiwa yang sudah terjadi.

Selain itu, Rebecca (2003) menjelaskan teks narasi adalah tulisan yang menghubungkan serangkaian peristiwa. Sifatnya kronologis dan logis, yakni peristiwa yang diceritakan masih masuk akal. Yakni ada faktor-faktor tertentu yang melatarbelakangi kejadian.

Dari pendapat para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks narasi bersifat kronologis dan berisi cerita utuh. Ada pun contoh yang umum ditemui adalah pada novel, cerita pendek, berita dan masih banyak lagi.

Selain memiliki beberapa jenis, teks narasi umumnya berbahasa Indonesia dan Inggris. Meski begitu, tentu dapat ditulis dalam bahasa lain, seperti Bahasa Jawa. Contoh teks narasi Bahasa Jawa akan mudah ditemukan dalam sastra Jawa, serta memiliki struktur tersendiri.

Gunawan (2016) dalam bukunya yang berjudul Bahasa Jawa XB yang dikutip oleh Kumparan, teks narasi Bahasa Jawa adalah karangan atau teks yang menceritakan pengalaman hidup seseorang. Tujuannya adalah untuk menggambarkan kenyataan hidup yang menyertakan waktu, tempat, tingkah laku, suasana dan kronologi.

Unsur Teks Narasi Bahasa Jawa

Serupa halnya dengan teks narasi pada umumnya, untuk Bahasa Jawa juga ada unsur dan susunan tertentu dalam membuat teks narasi Bahasa Jawa, di antaranya:

  1. Tema (Underan)
  2. Tujuan (Ancas)
  3. Bahan Cerita (Bakalan)
  4. Kerangka Karangan (Rengrengan)

Selain empat poin di atas, unsur lainnya sama dengan teks narasi pada umumnya, yakni tokoh, alur, latar dan sudut pandang. Demikian juga dengan struktur yang membangun, seperti orientasi, komplikasi, resolusi dan koda.

Orientasi berisi tentang awal mula cerita, sedangkan komplikasi akan menyajikan konflik yang nantinya akan terselesaikan pada bagian resolusi. Terakhir, koda yang bersifat opsional, yaitu bisa muncul pasca penyelesaian permasalahan.

Mengutip laman Jawalogger.com dan situs lainnya, berikut contoh teks narasi Bahasa Jawa yang dapat menjadi referensi Anda:

1. Kutha Kendhal

Jeneng Kendhal iku ujare para pinisepuh asale saka arane tetuwuhan aran wit Kendhal sing basa Latine disebut Cordia Myza. Wit kenndhal kasebut sakawit ditemokake dening Pangeran Benawa kang isih turunan Sultan Pajang sing wektu iku kapinujon isih ngayam alas jalaran ana dredah. Kutha Kendhal wektu semana isih awujud alas gung liwang-liwung.

Sawijining dina Pangeran Benawa ngutus andhahane kang aran Baureksa kanggo bebadra ing alas kendhal. Suprihe alas mau bisoa dadi papan padhukuhan kang reja lan ing tembe dipurih dadiya sawijining kutha sing gedhe. Prenahe alas kendhal kuwi dununge ana sisih kulone kutha Semarang saiki, utawa sisih wetane kutha Batang. Mangkono mau satleraman sejarahe kutha Kendhal sing katulis ana risalah Humas Pemda Kabupaten Kendhal.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement