7 Hewan Terlambat di Dunia dan Fakta Uniknya

Image title
17 Oktober 2022, 06:22
Ilustrasi, anemon laut, hewan terlambat di dunia
Flickr/Bernard Spragg. NZ
Ilustrasi, anemon laut, hewan terlambat di dunia

Beberapa hewan bergerak dengan sangat lambat karena gaya hidup mereka tidak membutuhkan gerakan cepat. Ada banyak alasan dibalik gerakan lambat dari para binatang. Misalnya, gerak siput yang lambat disebabkan oleh morfologi tubuhnya, menurut National Geographic.

Siput bergerak menggunakan kontraksi otot yang disebut pedal waves yang membatasi gerakan mereka. Selain itu, mereka harus membawa cangkang besar dan memiliki tingkat metabolisme yang rendah.

Selain siput, ada banyak hewan lain yang bergerak lambat. Dikutip dari Safaris African, berikut ragam hewan terlambat di dunia.

1. Anemon Laut

Anemon laut adalah hewan terlambat di dunia. Hewan ini bergerak dengan kecepatan 0,0001 kilometer (km) per jam. Anemon laut termasuk kelompok hewan laut predator dari ordo Actiniaria. Karena penampilannya yang berwarna-warni, hewan terlambat di dunia ini diberi nama anemon dari nama tanaman berbunga terestrial.

Anemon laut merupakan kerabat dekat dari karang dan ubur-ubur. Ada lebih dari 1.000 spesies anemon laut dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Jika lingkungan mereka terancam, hewan ini akan menggunakan kaki yang disebut pedal disk secara perlahan-lahan untuk bergerak di sekitar dasar.

2. Siput Taman

Siput taman menempati urutan kedua sebagai hewan terlambat di dunia dengan kecepatan 0,001 km per jam. Memiliki nama ilmiah Cornu aspersum, hewan ini bergerak menggunakan satu kakinya yang panjang dan berotot untuk merangkak di atas lapisan lendir.

Lendir ini memiliki sifat fisik yang tidak biasa dan para ilmuwan berasumsi bahwa kelengketan lendir ini penting untuk pergerakan siput. Lendir yang berbau dan terasa tidak enak tersebut juga berfungsi untuk menghindari predator.

3. Bintang Laut

Menempati urutan ketiga sebagai hewan terlambat di dunia, bintang laut dapat bergerak dengan kecepatan 0,009 km per jam. Bintang laut memiliki ratusan kaki kecil di ujung setiap lengan. Untuk bergerak, mereka mengisi kaki ini dengan air laut yang menyebabkan lengan bergerak seperti kaki.

Pergerakannya yang sangat lambat, membuat bintang laut terkadang menggunakan arus laut untuk bergerak lebih jauh dengan lebih cepat. Meski lambat, beberapa spesies bintang laut memiliki pertahanan berbasis bahan kimia. Contohnya, lendir yang memiliki rasa tidak enak atau bahan kimia beracun di dinding tubuhnya. Spesies lain bahkan memiliki penghalang fisik seperti duri atau pelindung.

4. Kuda Laut

Kuda Laut merupakan hewan terlambat di dunia urutan keempat dengan kecepatan 0,015 km per jam. Kuda laut menggunakan sirip punggungnya untuk mendorong maju secara perlahan. Untuk bergerak ke atas dan ke bawah, kuda laut menyesuaikan volume udara di kantung renang mereka.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...