4 Makanan Ikan Cupang Ini Bernutrisi Seimbang dan Variatif

Makanan ikan cupang yang baik harus mencukupi kebutuhkan nutrisi ikan itu. Contohnya, pelet ikan cupang, makanan beku dan kering, makanan serpihan, serta makanan segar dan beku.
Image title
18 Oktober 2022, 05:51
Seekor ikan cupang jenis halfmoon dilatih untuk disiapkan mengikuti kontes di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Makanan ikan cupang yang baik harus mencukupi kebutuhkan nutrisi ikan itu. Contohnya, pelet ikan cupang, makanan beku
Aditya Pradana Putra|ANTARA FOTO
Seekor ikan cupang jenis halfmoon dilatih untuk disiapkan mengikuti kontes di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat.

Makanan ikan cupang tersedia dalam berbagai jenis. Mengetahui makanan yang sesuai serta memberi makan berkecukupan dapat membantu merawat ikan cupang agar tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Untuk mencegah ikan cupang makan berlebihan, beri makan ikan cupang dalam jumlah harian yang disarankan. Bersihkan sisa makanan secara teratur dengan jaring agar tidak mengotori akuarium. Jika ikan cupang tidak mau makan, mereka mungkin sakit. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli.

Dikutip dari Bettafish.org, penting untuk memberi makanan variatif untuk ikan cupang. Ikan ini membutuhkan diet seimbang yang kaya protein karena mereka termasuk karnivora. Sebelum memberi makan ikan cupang Anda, pelajari jenis makanan ikan cupang dan seberapa sering diberi makan.

Bettafish.org mengkompilasi sejumlah jenis makanan ikan cupang yang aman dikonsumsi. Simak pilihan makanan ikan cupang berikut ini.

Advertisement

1. Pelet ikan cupang

Pelet adalah makanan ikan cupang yang paling umum di pasaran. Produk ini tersedia dengan kualitas yang bervariasi. Pelet terbaik memiliki lebih sedikit bahan pengisi dan lebih banyak bahan berkualitas tinggi yang membantu ikan cupang berkembang biak.

Beberapa pelet ikan cupang mengembang secara signifikan setelah terkena air. Hal ini dapat menyebabkan kembung dan masalah pencernaan pada ikan cupang karena pelet akan membesar di perutnya.

Untuk pelet yang mengembang setelah basah, sebelumnya rendam dalam air untuk menghidrasinya.

2. Makanan beku dan kering

Makanan beku dan kering merupakan pilihan yang bagus untuk mengenalkan bahan alami bagi cupang. Tetapi, kualitas makanan ikan cupang ini lebih rendah dari makanan berupa makhluk hidup atau makanan segar yang beku.

Makanan beku dan kering telah dihilangkan kelembapannya dan ditambahkan bahan pengisi agar tetap stabil. Dianjurkan untuk merendam makanan ikan cupang dalam air sebelum diberikan untuk menghidrasi dan meningkatkan kadar air.

Perlu diperhatikan, hanya memberi makanan beku dan kering dapat menyebabkan masalah kembung dan sembelit pada ikan cupang. Namun, keuntungan besar dari makanan ikan cupang ini yaitu bebas dari bakteri dan parasit.

Makanan ini juga mudah ditemukan di toko ikan lokal dan online dengan harga yang relatif murah.

3. Makanan serpihan

Makanan ikan cupang berbentuk serpihan diformulasi khusus sesuai kebutuhan nutrisi ikan cupang. Oleh sebab itu, jangan memberi makan ikan cupang dengan makanan serpihan untuk ikan tropis lainnya.

Makanan serpihan bisa menjadi makanan pokok dalam pemberian makan sehari-hari. Tetapi, bentuknya yang tipis dan kecil mudah mengotori akuarium. Serpihan yang berlebih atau tenggelam di dasar akuarium harus segera dibuang setelah makan.

Tak hanya itu, ikan cupang juga sering menolak makan serpihan karena makanan jenis ini tidak menggugah selera.

4. Makanan segar dan beku

Ikan cupang termasuk karnivora yang semakin agresif saat makan. Dengan memberi makanan ikan cupang dalam keadaan segar atau beku, naluri alami ikan cupang akan muncul sehingga bermanfaat untuk mereplikasi habitat alami dan sumber makanan mereka.

Perlu diperhatikan, makanan segar dan beku dapat mengandung parasit dan penyakit lainnya. Pastikan bahwa sumber makanan ikan cupang ini higienis. Jangan pernah memberi makan ikan cupang sesuatu yang ditangkap di luar ruangan.

Selain itu, makanan segar dapat dibekukan untuk memperpanjang daya simpan. Makanan cupang ikan cupang yang beku dapat disimpan di freezer. Saat akan digunakan, cairkan makanan ini sebelum diberikan ke ikan cupang.

Cukup ambil sesuai porsi makan lalu masukkan sisanya kembali ke dalam freezer. Ambil hanya sebanyak yang Anda butuhkan untuk memasukkan sisanya ke dalam freezer untuk mencegah pencairan. Jangan pernah membekukan kembali makanan yang telah dicairkan karena bisa saja terkena bakteri.

Adapun makanan ikan cupang segar yang disukai yaitu:

1. Jentik nyamuk segar atau beku

Jentik nyamuk adalah pilihan makanan ikan cupang yang sangat bagus. Nyamuk dan jentiknya dapat ditemukan berlimpah di iklim yang hangat. Makanan ini dapat dibudidayakan dan dipanen sendiri, atau dibeli di toko lokal atau online.

2. Udang air asin (brine shrimp) segar atau beku

Udang air asin atau brine shrimp adalah krustasea air yang disukai ikan cupang. Udang ini hanya tumbuh hingga satu sentimeter saat dewasa. Udang air asin mengandung kebutuhan nutrisi yang cukup untuk ikan cupang untuk berkembang, yaitu protein, vitamin, dan asam amino.

Makanan ikan cupang ini dapat dibeli atau dibudidayakan sendiri karena udang air asin mudah dipelihara.

3. Cacing bloodworm

Cacing bloodworm atau Glycera adalah larva lalat midge yang dapat ditemukan di kolam dan genangan air. Ikan cupang biasanya memakannya di alam liar.Namun, makanan ikan cupang ini tidak boleh digunakan sebagai sumber makanan eksklusif karena kekurangan asam amino.

Cacing bloodworm tinggi kandungan zat besi sheingga menghasilkan warna merah cerah. Jika cacing segar sulit ditemukan, makanan ini juga tersedia dalam bentuk beku dan kering.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait