6 Cara agar Rambut Tidak Mengembang Ini Patut Dicoba

Sejumlah cara agar rambut tidak mengembang termasuk memakai cuka apel, memilih sampo dan kondisioner yang mengandung gliserin, dan mengoleskan minyak kelapa.
Image title
19 Oktober 2022, 06:12
Ilustrasi, rambut mengembang. Cara agar rambut tidak mengembang dilakukan dengan memakai cuka apel, memilih sampo dan kondisioner yang mengandung gliserin, dan mengoleskan minyak kelapa.
Pexels/moose-photos
Ilustrasi, rambut mengembang

Rambut mengembang bisa jadi masalah yang mungkin sulit diatasi. Rambut mengembang disebabkan oleh rambut yang kekurangan kelembapan. Meski demikian, kondisi lembab dan cuaca basah cenderung memperburuk kondisi rambut yang mengembang.

Merangkum penjelasan para pakar dalam situs Healthline, Glamour, dan Function of Beauty, rambut mengembang dapat diatasi dengan berbagai cara. Berikut berbagai cara agar rambut tidak mengembang.

1. Pakai cuka apel

Cara agar rambut tidak mengembang yakni pakai cuka apel. Rambut sehat memiliki tingkat pH asam yang berkisar antara 4,5 dan 5,5. Jumlah pH tersebut membantu agar kutikula tetap tertutup dan rata.

Ketika rambut dalam kondisi terlalu basa, kutikula dapat terbuka, sehingga menyebabkan rambut mengembang. Oleh karena itu, pakai cuka apel yang asam untuk menyeimbangkan pH. Cuka apel juga dapat membantu menghilangkan residu produk perawatan rambut, sehingga membuat rambut tampak lebih berkilau.

Advertisement

Tak hanya itu, cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengurangi ketombe. Berikut cara memakai cuka apel agar rambut tidak mengembang:

  1. Campurkan 1/3 cangkir cuka apel organik dengan 1 liter air hangat.
  2. Tuangkan sesuai kebutuhan. Sisanya dapat disimpan di kulkas untuk digunakan di lain hari.
  3. Biarkan cuka apel di rambut selama 1 hingga 3 menit.
  4. Bilas dengan air dingin.
  5. Keringkan rambut.
  6. Gunakan sekali atau dua kali seminggu.

Cuka apel memiliki bau yang kuat, tetapi baunya akan hilang setelah membilasnya.

2. Pilih sampo dan kondisioner yang mengandung gliserin

Gliserin membantu mengatasi rambut mengembang dengan menembus rambut dan menghidrasinya dari dalam ke luar. Gliserin adalah humektan yang sangat baik. Artinya, bahan ini dapat menyerap kelembapan ekstra di udara dan menciptakan lapisan pelindung di sekitar bagian luar batang rambut untuk membantu mengunci kelembapan.

Gliserin, atau gliserol, dikenal sebagai humektan yang paling efektif. Dengan demikian, produk ini membantu menciptakan penghalang untuk mencegah kelembapan meninggalkan kulit dan folikel rambut. Hasilnya, rambut tidak mengembang.

3. Tidur menggunakan sarung bantal sutra

Cara agar rambut tidak mengembang dimulai dengan mengganti sarung bantal dengan bahan sutra. Sarung bantal sutra mampu mencegah rambut mengembang dengan membantu mempertahankan kelembapan rambut.

Berkat tekstur kain sutra yang sangat halus, rambut tidak muda kusut. Ini karena sutra meminimalisir gesekan antara rambut saat tidur. Gesekan tersebut sering menyebabkan ujung rambut bercabang, mengembang, dan rusak.

4. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai cara agar rambut tidak mengembang. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang tinggi. Saat dioleskan ke rambut, minyak kelapa mudah diserap dan dapat membantu menambah kelembapan dan mencegah rambut dari kehilangan protein.

Gunakan sedikit minyak kelapa sebagai perawatan sebelum atau sesudah keramas untuk meningkatkan kelembapan dan mencegah rambut mengembang. Berikut cara pakai minyak kelapa agar rambut tidak mengembang:

  1. Tuang sedikit minyak kelapa organik ke telapak tangan.
  2. Pijat lembut melalui rambut dan kulit kepala.
  3. Diamkan selama 15 menit.
  4. Cuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan minyak kelapa.

Minyak kelapa juga dapat dioleskan setelah keramas, atau dibiarkan di rambut semalaman sebagai masker. Saat menggunakan minyak kelapa semalaman, gunakan handuk lembut di bawah kepala untuk menghindari noda minyak.

5. Bilas rambut dengan air dingin

Mandi air dingin dapat melindungi rambut dan kulit. Air dingin mampu mencegah rambut mengembang dan kusut. Agar rambut tidak mengembang, bilas menggunakan air dingin untuk membantu menyegel kutikula rambut. Setelah mencuci rambut, akhiri dengan bilas air dingin yang menyegarkan.

6. Gunakan minyak argan

Minyak argan kaya akan bahan pelembab, seperti asam oleat dan asam linoleat. Minyak ini juga mengandung antioksidan, termasuk vitamin E. Gunakan minyak argan sebagai cara agar rambut tidak keriting.

Simak cara menggunakan minyak argan agar rambut tidak mengembang berikut ini:

  1. Oleskan beberapa tetes minyak argan ke rambut basah sebelum menata rambut.
  2. Pastikan untuk mendistribusikan minyak secara merata ke seluruh rambut. Mulai dari kulit kepala hingga ujung.
  3. Gunakan sisir untuk membantu meratakan minyak argan dari akar ke ujung.
  4. Hanya gunakan sedikit minyak argan. Jika digunakan berlebihan, rambut dapat terlihat atau terasa berminyak.

Minyak argan juga dapat digunakan pada rambut kering saat menatanya atau sebagai perawatan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait