6 Cara agar Rambut Tidak Mengembang Ini Patut Dicoba

Image title
19 Oktober 2022, 06:12
Ilustrasi, rambut mengembang. Cara agar rambut tidak mengembang dilakukan dengan memakai cuka apel, memilih sampo dan kondisioner yang mengandung gliserin, dan mengoleskan minyak kelapa.
Pexels/moose-photos
Ilustrasi, rambut mengembang

Rambut mengembang bisa jadi masalah yang mungkin sulit diatasi. Rambut mengembang disebabkan oleh rambut yang kekurangan kelembapan. Meski demikian, kondisi lembab dan cuaca basah cenderung memperburuk kondisi rambut yang mengembang.

Merangkum penjelasan para pakar dalam situs Healthline, Glamour, dan Function of Beauty, rambut mengembang dapat diatasi dengan berbagai cara. Berikut berbagai cara agar rambut tidak mengembang.

1. Pakai cuka apel

Cara agar rambut tidak mengembang yakni pakai cuka apel. Rambut sehat memiliki tingkat pH asam yang berkisar antara 4,5 dan 5,5. Jumlah pH tersebut membantu agar kutikula tetap tertutup dan rata.

Ketika rambut dalam kondisi terlalu basa, kutikula dapat terbuka, sehingga menyebabkan rambut mengembang. Oleh karena itu, pakai cuka apel yang asam untuk menyeimbangkan pH. Cuka apel juga dapat membantu menghilangkan residu produk perawatan rambut, sehingga membuat rambut tampak lebih berkilau.

Tak hanya itu, cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengurangi ketombe. Berikut cara memakai cuka apel agar rambut tidak mengembang:

  1. Campurkan 1/3 cangkir cuka apel organik dengan 1 liter air hangat.
  2. Tuangkan sesuai kebutuhan. Sisanya dapat disimpan di kulkas untuk digunakan di lain hari.
  3. Biarkan cuka apel di rambut selama 1 hingga 3 menit.
  4. Bilas dengan air dingin.
  5. Keringkan rambut.
  6. Gunakan sekali atau dua kali seminggu.

Cuka apel memiliki bau yang kuat, tetapi baunya akan hilang setelah membilasnya.

2. Pilih sampo dan kondisioner yang mengandung gliserin

Gliserin membantu mengatasi rambut mengembang dengan menembus rambut dan menghidrasinya dari dalam ke luar. Gliserin adalah humektan yang sangat baik. Artinya, bahan ini dapat menyerap kelembapan ekstra di udara dan menciptakan lapisan pelindung di sekitar bagian luar batang rambut untuk membantu mengunci kelembapan.

Gliserin, atau gliserol, dikenal sebagai humektan yang paling efektif. Dengan demikian, produk ini membantu menciptakan penghalang untuk mencegah kelembapan meninggalkan kulit dan folikel rambut. Hasilnya, rambut tidak mengembang.

3. Tidur menggunakan sarung bantal sutra

Cara agar rambut tidak mengembang dimulai dengan mengganti sarung bantal dengan bahan sutra. Sarung bantal sutra mampu mencegah rambut mengembang dengan membantu mempertahankan kelembapan rambut.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...