8 Film Plot Twist Terbaik, Akhir Cerita yang Tak Terduga

Image title
19 Oktober 2022, 06:18
Ilustrasi, adegan dalam film Knives Out (2019), film plot twist terbaik
imdb.com
Ilustrasi, adegan dalam film Knives Out (2019), film plot twist terbaik

Plot twist adalah perubahan dalam novel, cerita pendek, film, atau serial TV yang tidak terduga dan melampaui ekspektasi. Plot twist bisa jadi tidak mengikuti alur awal yang telah dikembangkan oleh seorang penulis atau sutradara di awal cerita.

Dalam film yang mengandung plot twist, kejadian yang tidak terduga atau pergantian peristiwa dalam cerita yang benar-benar mengubah arah atau hasil akhir. Plot twist membuat penonton terlibat dan menduga-duga apa yang terjadi selanjutnya.

Film plot twist terbaik mampu menarik perhatian audiens dan dibuat dengan teliti sehingga aspek plot twist dapat dipercaya dan masuk akal. Berikut rekomendasi film plot twist terbaik.

1. Knives Out (2019)

Knives Out merupakan salah satu film plot twist terbaik. Dalam film ini, sesaat setelah merayakan ulang tahunnya ke-85, Harlan Thrombey ditemukan tewas di rumahnya. Ia merupakan orang kaya yang memiliki sejumlah keturunan. Detektif pun disewa untuk mengungkap misteri kematiannya.

Seiring penyelidikan sang detektif berlangsung, banyak hal-hal janggal bermunculan. Semua yang ada di rumah itu menjadi suspek. Mampukan sang detektif mengungkap siapa pembunuh Harlan Thrombey?

2. Gone Girl (2013)

Film Gone Girl menampilkan salah satu plot twist yang tak terduga. Dikisahkan bahwa Nick Dunne merupakan seorang pria dari kota kecil yang berhasil berkarir di kota besar sebagai penulis majalah. Ia menyalahkan resesi dan kehilangan pekerjaannya karena membuat pernikahannya bermasalah.

Istrinya, Amy, merupakan orang superior secara intelektual dengan warisan yang besar. Suatu hari, Amy hilang dan Nick dituduh sebagai tersangka. Pencarian Amy pun dilakukan. Semua orang, kecuali kakak Nick, mencurigai Nick.

Tak disangka, hilangnya Amy mengungkap jati dirinya yang asli, seorang psikopat yang rela melakukan apa saja untuk menyingkirkan Nick.

3. Shutter Island (2010)

Rekomendasi film plot twist terbaik selanjutnya yaitu Shutter Island. Pada tahun 1954, Marsekal Federal Teddy Daniels dan mitra barunya, Chuck Aule, melakukan perjalanan dari Seattle ke Pulau Shutter untuk menyelidiki hilangnya seorang pasien bernama Rachel Solando.

Teddy adalah seorang veteran Perang Dunia II yang trauma karena perang dan kehilangan istrinya dalam kebakaran. Teddy bersama rekannya ditugaskan menyelidiki Rachel yang ditempatkan dalam institusi untuk penjahat berbahaya di Rumah Sakit Ashcliffe karena dia menenggelamkan ketiga anaknya.

Teddy tidak dapat mengakses catatan karyawan dan pasien, sehingga ia merasa bahwa manajemen fasilitas ini menghalangi penyelidikannya. Tiba-tiba, migrain parah melanda Teddy saat badai menghantam pulau itu. Teddy dan Chuck menemukan bahwa mereka terdampar.

Selama berada di Pulau Shutter, Teddy mewawancarai para interniran dan mengikuti petunjuk menuju mercusuar, di mana ia mengungkapkan misteri Pulau Shutter.

4. Psycho (1960)

Psycho merupakan film film psikopat sekaligus film plot twist terbaik. Film ini menceritakan Marion Crane yang bekerja selama sepuluh tahun sebagai asisten agen real estat. Marion menyesali kenyataan bahwa dia dan pacarnya tidak dapat menikah karena masalah uang.

Marion mengambil kesempatan ketika salah satu klien membayarnya dengan uang tunai sebesar US$40 ribu. Saat akhir minggu, Marion menyelinap keluar kota dengan uang itu untuk menemui pacarnya di Fairvale, California.

Dalam perjalanannya, Marion singgah di Bates Motel. Penginapan ini terpencil dan dikelola oleh Norman Bates yang tinggal bersama ibunya yang cacat di rumah tua besar di atas bukit yang menghadap ke motel.

Meskipun dia tidak bertemu Ny. Bates, Marion tahu bahwa dia adalah wanita yang pemarah dan suka mengontrol berdasarkan pertengkarannya dengan Norman. Malam itu, Marion berubah pikiran dan berencana kembali ke Phoenix untuk mengembalikan uang itu.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...