5 Vitamin Rambut Kering Ini Dikonsumsi untuk Kesehatan Rambut

Image title
20 Oktober 2022, 06:42
Ilustrasi, wanita dengan rambut panjang. Vitamin rambut kering terdiri dari vitamin A, biotin, kolagen, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin tersebut merawat rambut secara keseluruhan agar tetap sehat dan kuat.
Unsplash/Suhyeon Choi
Ilustrasi, wanita dengan rambut panjang

Rambut yang sehat perlu perawatan yang sesuai. Tak hanya dari luar, rambut juga membutuhkan perawatan dari dalam, salah satunya dengan vitamin. Mengonsumsi vitamin dapat menjaga kesehatan rambut dan mengeliminasi masalah rambut lainnya. Jadi, vitamin bisa menargetkan berbagai masalah rambut dan menjaga rambut secara keseluruhan.

Dihimpun dari SciTechDaily, vitamin untuk rambut kering tersedia dalam berbagai jenis. Berikut rekomendasi vitamin rambut kering yang dapat dicoba.

1. Vitamin A

Vitamin A direkomendasikan bagi penderita rambut kering. Vitamin rambut kering ini sangat penting untuk semua sel dalam tubuh dan membantu kelenjar kulit kepala membuat sebum sehingga rambut lembap.

Vitamin A juga membantu menjaga rambut agar terhidrasi dan mencegah kerusakan rambut rapuh. Namun, terlalu banyak vitamin A justru bisa menyebabkan rambut rontok. Jadi, pastikan untuk tidak melebihi dosis vitamin A dari yang dianjurkan.

2. Biotin

Jika Anda pernah melihat bahan pada botol suplemen kulit, rambut, dan kuku, kemungkinan Anda pernah melihat biotin dalam daftar kandungannya. Ini karena biotin bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Biotin juga dikenal sebagai vitamin B7. Vitamin rambut kering ini merangsang produksi keratin di rambut dan dapat meningkatkan laju pertumbuhan folikel. Agar efektif, biotin perlu dikonsumsi.

Biotin membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi, dan sangat penting untuk memproduksi keratin, yaitu protein yang membentuk kulit, kuku, dan rambut. Ini menjadikannya vitamin rambut kering yang sempurna.

Faktanya, penelitian tdalam  The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa wanita dengan rambut yang menipis mengalami peningkatan volume dan ketebalan rambut yang signifikan setelah mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin.

Direkomendasikan untuk mengonsumsi 2-5 miligram (mg) biotin dalam bentuk suplemen setiap hari untuk memperkuat rambut dan mendapatkan hasil yang signifikan. Setelah rutin mengonsumsi biotin, Anda dapat melihat perbedaan dalam waktu sekitar tiga hingga empat bulan. Hasil dapat bervariasi tergantung pada jumlah dan jenis biotin yang dikonsumsi.

3. Kolagen

Kolagen telah terbukti sangat efektif dalam perawatan rambut kering dan rapuh. Suplemen kolagen dan produk topikal dapat memperbaiki ujung bercabang, serta menjaga tingkat hidrasi rambut agar tidak kering.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...