Vitamin Rambut Rontok Sesuai Rekomendasi Para Ahli

Image title
25 Oktober 2022, 06:26
Ilustrasi, vitamin rambut rontok
Pexels/Anna Shvets
Ilustrasi, vitamin rambut rontok

Rambut rontok disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kekurangan nutrisi. Untuk menanganinya, vitamin dapat dikonsumsi. Kekurangan vitamin dan mineral meningkatkan risiko rambut rontok. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui vitamin rambut rontok yang sesuai.

Dikutip dari Forbes dan WebMD berikut vitamin rambut rontok sesuai rekomendasi para ahli.

1. Vitamin B

Vitamin B kompleks termasuk vitamin untuk rambut rontok yang baik dikonsumsi. Vitamin ini berperan dalam pertumbuhan rambut, dan sangat penting untuk metabolisme dan fungsi sistem saraf.

Vitamin B, terutama vitamin B7 dan B12, penting untuk memperkuat dan mengkondisikan rambut. Penelitian menunjukkan bahwa asupan harian vitamin B dapat dipenuhi dengan makanan yang seimbang.

Vitamin B dapat ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk biji-bijian, daging, ikan, telur utuh, kacang-kacangan, dan alpukat.

2. Biotin

Rekomendasi vitamin rambut rontok selanjutnya yaitu biotin. Vitamin ini juga dikenal sebagai vitamin B7, yaitu vitamin B kompleks yang memiliki manfaat pertumbuhan rambut. Biotin memiliki fungsi dalam menciptakan sel darah merah.

Selanjutnya, sel darah merah akan membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut sehingga mencegah kerontokan. Biotin juga berperan dalam produksi keratin, yaitu komponen utama rambut.

Selain mencegah rambut rontok, biotin juga dapat dikonsumsi sebagai vitamin rambut kering. Faktanya, penelitian dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa wanita dengan rambut yang menipis mengalami peningkatan volume dan ketebalan rambut yang signifikan setelah mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin.

Direkomendasikan untuk mengonsumsi 2-5 miligram (mg) biotin dalam bentuk suplemen setiap hari untuk memperkuat rambut dan mendapatkan hasil yang signifikan. Setelah rutin mengonsumsi biotin, Anda dapat melihat perbedaan dalam waktu sekitar tiga hingga empat bulan. Hasil dapat bervariasi tergantung pada jumlah dan jenis biotin yang dikonsumsi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...