7 Rekomendasi Anime Horor Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi anime horor terbaik, dengan cerita menegangkan dan tidak melulu menampilkan adegan jumpscare.
Image title
26 Oktober 2022, 23:59
rekomendasi anime horor
unspalsh.com
ilustrasi anime

Anime bergenre horor bisa menjadi tontonan alternatif di waktu luang. Alurnya yang menegangkan dan dibumbui dengan misteri dalam ceritanya, dapat membuat siapa saja ketagihan untuk menontonnya.

Rekomendasi anime horor banyak dicari penggemarnya. Khususnya judul-judul dengan alur cerita baru yang tidak terlalu mengandalkan adegan jumpscare guna menakut-nakuti penontonnya.

Apa saja anime genre horor yang layak untuk ditonton? Berikut rekomendasinya menurut laman Screenrant.com dan sumber lainnya.

Rekomendasi Anime Horor

Anime merupakan sebutan untuk animasi yang diproduksi di Jepang. Setiap tahunnya, terdapat ratusan judul yang dibuat dengan beragam tema cerita.

Advertisement

Saat ini anime genre action shounen dan isekai merupakan tema paling umum yang dibuat. Alasannya karena banyak fans laki-laki yang ketagihan menonton judul-judul tersebut.

Meski begitu, dari sekian banyak anime action yang diproduksi beberapa di antaranya masuk dalam kategori horor. 

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi anime horor terbaik, sehingga Anda bisa memilihnya untuk disaksikan sendiri atau bersama teman dan keluarga:

1. Another 

Another merupakan anime horor yang cukup populer beberapa tahun ke belakang. Series ini mengusung konsep cerita dengan banyak adegan plot twist yang bisa mengejutkan penggemarnya.

Secara garis besar, Another mengisahkan tentang seorang remaja bernama Kouichi Sakakibara. Dia adalah seorang siswa yang harus bolos kelas untuk waktu singkat karena sakit. 

Setelah kembali ke sekolah, ia bertemu Mei Misaki, seorang gadis yang tidak biasa karena menggunakan penutup mata.

Dalam ceritanya, Kouichi menjalin persahabatan dengan remaja perempuan ini. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, dia menghadapi kutukan mengerikan yang merenggut nyawa banyak orang.

Daya tarik utama dari Another terletak pada plot ceritanya. Anime yang diproduksi di tahun 2012 tersebut, menyajikan adegan kematian berdarah dan acak, teka-teki untuk dipecahkan, masa lalu untuk diselidiki, legenda urban, dan misteri yang bikin penasaran.

2. Devilman Crybaby

Bagi pemula, judul Devilman Crybaby mungkin jadi rekomendasi anime horor terbaik yang layak disaksikan. Pasalnya cerita yang ada dibalut secara rapi serta ditambah dengan narasi penuh misteri.

Devilman Crybaby mengisahkan tentang keberadaan iblis yang mencoba merasuki manusia berkeinginan lemah, kemudian membunuh mereka. Sebaliknya bagi mereka yang memiliki keinginan kuat, kemampuan dari iblis ini dapat diserap, dikendalikan, dan mengubahnya menjadi manusia iblis.

Banyak kritikus anime yang memuji judul tersebut. Hal ini karena anime ini memiliki rentetan peristiwa tidak terduga, serta keseluruhan narasi mengarah pada resolusi akhir yang memuaskan. 

Aksi dan adegan berdarahnya membuat anime ini menjadi salah satu judul paling menghibur dalam genre horor.

3. Tokyo Ghoul

Kita tidak bisa melupakan begitu saja series anime berjudul Tokyo Ghoul dalam daftar ini. Anime yang diproduksi oleh Studio Pierrot tersebut menjadi anime paling berkesan saat season pertamanya ditayangkan.

Kisah Tokyo Ghoul berkutat pada Ken Kaneki, seorang remaja yang hidupnya berubah selamanya menjadi hantu hibrida pemakan daging atau ghoul. Ia berubah secara tidak sengaja setelah mengalami sebuah insiden.

Menariknya, Kaneki tetap memiliki sisi manusia dan hanya berubah menjadi setengah ghoul. Akan tetapi, rasa laparnya akan daging manusia membuatnya harus berjuang serta bertahan hidup.

Di atas segalanya, Tokyo Ghoul memiliki soundtrack yang luar biasa, adegan aksi, premis yang dibangun dengan baik, dan cliffhanger yang membuat sebagian besar penggemar menginginkan lebih banyak episode. 

4. High School of the Dead 

Rekomendasi anime horor berikutnya yaitu High School of the Dead. Anime yang diadaptasi dari  karya Daisuke Satou ini dirilis di tahun 2010 dan mendapat banyak pujian karena bisa menyuguhkan kisah horor menarik.

Anime tersebut mengangkat cerita tentang Takashi Kamuro, seorang siswa menengah yang terpaksa membunuh sahabatnya sendiri. Hal ini dia lakukan karena teman akrabnya tersebut berubah menjadi zombie.

Sepanjang jalan ceritanya, main character dari series ini bersumpah untuk menjaga pacar sahabatnya, yakni Rei Miyamoto. 

Situasi di dalam anime ini begitu tragis, karena terdapat sebuah wabah pandemi yang menyebar di seluruh dunia. Bersama dengan beberapa orang yang masih hidup, Takashi Kamuro memulai petualangannya untuk mencari anggota keluarganya yang masih hidup.

5. Mirai Nikki

Satu lagi anime horor dengan konsep cerita unik yaitu Mirai Nikki. Anime tersebut bercerita tentang remaja laki-laki, Yukiteru Amano, yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengisi "buku harian" pada ponselnya.

Yuki juga diketahui memiliki teman khayalan bernama Deus Ex Machina dan Murmur.

Garis besar plot cerita anime ini adalah, Yuki terpaksa mengikuti pertempuran mati melawan 11 karakter lainnya. Dia diberikan sebuah buku harian baru yang membuatnya bisa mengetahui peristiwa di masa depan.

6. Parasyte: The Maxim

Adaptasi dari karya mangaka Hitoshi Iwaaki ini, memiliki alur cerita sangat unik dan penuh dengan adegan brutal.

Plotnya bertema horor dengan balutan kisah fiksi ilmiah. Ceritanya terfokus pada munculnya makhluk alien bermata satu yang menyerupai cacing. Mereka mencoba mengambil alih tubuh inangnya dengan masuk ke dalam otak.

7. Death Note

Siapa yang tidak tahu judul anime legendaris ini. Bercerita tentang kehidupan pemuda bernama Light Yagami yang tidak sengaja menemukan sebuah buku catatan kematian atau Death Note. Di mana, buku tersebut memiliki kemampuan untuk mencabut nyawa seseorang yang namanya dituliskan pada Death Note.

Anime yang rilis tahun 2006 ini, menyajikan cerita berliku dan penuh plot twist. Sehingga tidak mengherankan kalau judul ini disebut-sebut sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa.

Demikian rekomendasi anime horor terbaik yang patut Anda tonton di akhir pekan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait