8 Cara Melemaskan Rambut agar Tidak Mudah Mengembang

Image title
27 Oktober 2022, 06:03
Ilustrasi, cara melemaskan rambut
Pexels
Ilustrasi, cara melemaskan rambut

Cara melemaskan rambut dapat dilakukan dengan berbagai metode dan menggunakan bahan-bahan sederhana. Rambut yang lemas menjadikannya mudah ditata dan tidak mudah mengembang.

Merangkum penjelasan Healthline, ada sejumlah bahan yang digunakan untuk melemaskan rambut. Berikut cara melemaskan rambut menggunakan bahan sederhana.

Cara Melemaskan Rambut

Gunakan bahan-bahan berikut sebagai cara melemaskan rambut.

1. Minyak kelapa

Cara melemaskan rambut dapat dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa. Bahan ini memiliki potensi untuk melembutkan rambut. Minyak kelapa menembus dalam ke batang rambut, sehingga membuat rambut terasa lebih lembut dan halus.

Selain itu, minyak kelapa membantu menutrisi batang rambut, membuat rambut kering dan rusak terlihat lebih sehat. Gunakan minyak kelapa sebelum keramas dan mengkondisikan rambut seperti biasanya.

Cukup diamkan minyak kelapa selama 30 menit, lalu cuci rambut seperti biasa. Atau, untuk perawatan intensif, biarkan minyak kelapa semalaman kemudian cuci rambut keesokan harinya.

2. Minyak zaitun

Sejumlah penelitian menemukan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan internal. Tak hanya itu, beberapa studi menemukan bahwa minyak ini berperan dalam perawatan rambut.

Minyak zaitun dapat bertindak sebagai penghalang terhadap air sehingga dapat membantu mencegah molekul air meregang dan merusak kutikula. Hasilnya, rambut menjadi lemas dan mudah ditata,

Di sisi lain, minyak zaitun juga bisa membuat rambut berminyak. Untuk hasil terbaik, oleskan sedikit minyak zaitun secara tipis dan merata di seluruh ujung rambut seminggu sekali.

3. Minyak argan

Berasal dari ekstrak buah argan Maroko, minyak argan dikenal karena sifat pelembabnya. Biasanya, minyak argan ditambahkan ke dalam sampo, kondisioner, dan produk perawatan rambut lainnya.

Selain melemaskan rambut, minyak argan bisa menutrisi rambut yang sangat kering. Berikut cara melemaskan rambut menggunakan minyak argan:

  1. Tuang 8-10 tetes minyak argan ke telapak tangan.
  2. Pijat rambut dan kulit kepala selama 10 menit. Pastikan minyak argan merata dari akar hingga ujungnya.
  3. Bungkus rambut dengan handuk dan biarkan semalaman.
  4. Cuci rambut di pagi hari dan tata seperti biasa.

4. Gunakan masker rambut mingguan

Menggunakan masker rambut seminggu sekali termasuk cara melemaskan rambut yang kayak dicoba. Masker rambut dapat membantu rambut menyerap kelembapan dengan lebih efektif sehingga dapat melemaskan rambut yang kaku. Gunakan masker rambut saat rambut lembap (bukan basah) setelah keramas, lalu bilas setelah lima menit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...