10 Rumus Excel untuk Akuntansi

Tifani
Oleh Tifani
18 November 2022, 09:13
Rumus Excel untuk akuntansi,
Freepik
Ilustrasi, tampilan Microsoft Excel.

Microsoft Excel menjadi salah satu software yang penting untuk mengolah data. Excel dapat membantu menganalisis data hingga membuat laporan keuangan, sehingga aplikasi ini dapat membantu pekerja, terlebih pekerjaan akuntansi.

Selain itu, aplikasi Excel juga menyediakan berbagai rumus yang dapat mempermudah pekerjaan Akuntansi. Berikut ini rumus Excel untuk akuntansi yang dapat digunakan untuk mengolah data, laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

1. Rumus Excel untuk Akuntansi IF

Rumus Excel akuntansi yang pertama ialah IF. If dibagi menjadi dua, yakni IF tunggal dan IF bercabang. IF tunggal merupakan fungsi dasar yang kegunaanya sederhana, yaitu untuk memeriksa nilai sebuah logika kemudian mengambil tindakan. Adapun penulisan fungsi IF tunggal sebagai berikut.

=IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false])

Dengan Keterangan :

logical_test : kriteria acuan yang dijadikan pembanding
value_if_true : nilai untuk kondisi yang terpenuhi
value_if_false : nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi

Sedangkan IF bercabang digunakan apabila logika yang dipriksa lebih dari satu. Penulisan rumus IF bercabang sebagai berikut.

=IF(logical_test1;[value_if_true1];(IF(logical_test2;[value_if_true2];[value_if_false]))

2. Rumus Excel untuk Akuntansi SUM

Rumus ini paling banyak digunakan oleh Excel. Rumus SUM ini digunakan untuk menjumlahkan data dari beberapa sel. Berikut penulisannya.

=SUM(number1;number2]…)

Dengan Keterangan :

Number 1 adalah sel awal
number 2 dan seterusnya

3. Rumus Excel untuk Akuntansi SUMIF

Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlah data pada range tertentu sesuai dengan krieria yang diinginkan. Berikut penulisannya.

=SUMIF(range;criteria;[sum_range])

Dengan Keterangan :

Range : range kriteria
Criteria : kriteria yang menjadi acuan
Sum_range : range jumlah dari kriteria

4. Rumus Excel untuk Akuntansi COUNTA

Rumus COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah kolom dan baris yang tidak blank. Berikut penulisannya.

=COUNTA(value1;[value2];…)

Dengan Keterangan :

Value1 : nilai pada kolom/baris pertama
Value2 : nilai pada kolom/baris kedua dan seterusnya

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement