Cara Mengunci Cell Excel, Lengkap dengan Membuat Password Worksheet

Ghina Aulia
23 November 2022, 21:51
Cara mengunci cell Excel
Pixabay
Ilustrasi tampilan Excel

Excel merupakan salah satu perangkat lunak bawaan Microsoft yang umum digunakan. Biasanya untuk memudahkan pekerjaan yang mengharuskan kita untuk menyusun data berkuantitas.

Dengan begitu, Excel adalah aplikasi spreadsheet yang memiliki banyak sel dengan masing-masing kolom dan baris. Excel memiliki banyak keunggulan yang membuat penggunanya lebih mudah dalam melakukan pekerjaan.

Fitur andalan dari Excel adalah kemampuan menghitung yang dilengkapi dengan rumus-rumus otomatis. Hanya dengan memasukkan rumus tertentu, data Anda akan terakumulasi dengan tepat. Termasuk di dalamnya adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, mengurutkan dari yang terkecil dan terbesar.

Hampir serupa dengan Microsoft Word, Excel juga bisa membuat berbagai diagram. Fitur ini berguna untuk Anda yang ingin mengolah data.

Kali ini, Katadata.co.id akan memberitahu bagaimana cara mengunci cell excel. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda mengetahui penjelasan mengenai beberapa bagian penting dari Excel.

Cell adalah adalah kotak-kotak kecil yang mengisi lembar kerja di Excel. Cell tersusun berdasarkan kolom dan baris. Dimulai dari Kolom A dan Baris 1 hingga tak terhingga.

Sedangkan lembar kerja atau worksheet dalam halaman-halaman yang berada di dalam arsip atau file Excel. Dalam satu file, Anda bisa membuat beberapa lembar kerja. Menariknya, masing-masing bisa diberi judul dan disunting seperti biasa. Kumpulan lembar kerja terangkum di dalam buku kerja atau biasa disebut Workbook.

Itulah penjelasan singkat mengenai bagian yang termuat di dalam Excel. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mengunci Cell Excell.

Cara Mengunci Cell Excel

1. Buka file Excel
2. Pilih worksheet
3. Pilih cell yang ingin dikunci
4. Klik kanan pada kursor/mouse
5. Klik ‘Format Cells’ atau Tekan Ctrl+1
6. Akan muncul kotak dialog ‘Format Cells
7. Pilih tab ‘Protection
8. Klik ‘Locked
9. Klik OK

Itulah cara mengunci cell Excel. Anda bisa menerapkannya untuk menghindari risiko file diubah oleh orang lain. Selain itu juga berguna untuk file yang sifatnya sudah ‘final’ atau tidak akan diubah lagi. Menghindari penyuntingan secara sengaja atau tidak sengaja, sebaiknya Anda mengunci cell tertentu.

Cara Mengetahui Cell Terkunci

Langkah paling mudah untuk mengetahui apakah cell sudah terkunci atau belum, adalah dengan menyunting isi cell tersebut. Apabila tidak bisa disunting, berarti cell sudah berhasil dikunci. Cara mengembalikannya adalah dengan melakukan langkah yang sama ketika mengunci. Anda bisa membatalkan opsi ‘Locked’ dan mengklik ‘OK.’

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement