Memahami Fungsi, Sifat, dan Contoh Seni Rupa Tiga Dimensi

Dwi Latifatul Fajri
6 Desember 2022, 00:32
Contoh Seni Rupa Tiga Dimensi
pexels
Ilustrasi patung contoh seni rupa tiga dimensi

Karya seni dibuat oleh seniman yang memiliki berbagai jenis. Pengertian seni adalah sarana komunikasi dan pengalaman batin seseorang atau kelompok. Sifat karya seni terdiri dari kreatifitas, ekspresif, individualis, dan semesta (universal).

Karya seni menggunakan berbagai media yang terbangun dari unsur fisik. Dalam buku Seni dan Budaya, unsur karya seni rupa yaitu garis, bidang, bentuk, ruang, tekstur, warna dan gelap terang. Karya seni rupa ini memiliki komposisi penting seperti kesatuan, keseimbangan, dan irama.

Karya seni rupa terapan dibagi dua yaitu karya seni rupa terapan dua dimensi dan tiga dimensi. Karya seni dua dimensi berupa bidang data, memiliki sisi panjang, dan lebar. Perbedaan seni rupa terapan ini terletak pada bidang ruang.

Karya seni rupa dua memiliki kesan volume dan ruang yang bisa diolah melalui elemen visual. Dalam karya seni rupa dua dimensi terdapat garis, warna, dan nada gelap terang untuk mendukung penampilan.

Pengertian Seni Rupa Tiga Dimensi 

Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki panjang, lebar, tinggi dan ukuran. Karya seni tiga dimensi ini dapat dilihat di segala arah. Berdasarkan jenisnya seni rupa tiga dimensi dibagi dua yaitu fungsi pakai dan fungsi ekspresi.

Dalam seni rupa tiga dimensi terdapat simbol dan nilai estetis. Simbol artinya makna yang ada dalam seni rupa dalam wujud objek dan unsur-unsurnya. Contohnya saja warna merah artinya simbol keberanian. Contoh lain adalah patung kuda dianggap sebagai simbol kegagahan.

Seni rupa memiliki nilai estetika yang sifatnya obyektif dan subyektif. Nilai obyektif adalah keindahan seni rupa dalam objeknya. Artinya nilai keindahan ini dapat dilihat oleh mata. Sedangkan nilai obyektif suatu seni tergantung dari sudut pandang orang yang menilai.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...