3 Syarat Liburan ke Jepang dan Rekomendasi Tempat Wisata

Ghina Aulia
7 Desember 2022, 18:30
Liburan ke Jepang
Pixabay
Kastil di Jepang

Liburan ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Selain lokasinya yang jauh, hal ini juga dikarenakan rasa penasaran tentang hidup di negara lain.

Salah satu yang banyak dikunjungi adalah Jepang. Tercatat di situs resmi Kedutaan Besar Jepang, Negeri Sakura tersebut berhasil menggaet sedikitnya 5 juta turis asing setiap tahun.

Advertisement

Namun ketika pandemi melanda, akses banyak ditutup dan hal ini berpengaruh terhadap pariwisata banyak negara, tak terkecuali Jepang. Untuk mengatasinya, pemerintah setempat membuat kebijakan untuk turis yang ingin berkunjung.

Terkait dengan hal itu, Katadata.co.id akan membahas lebih lanjut tentang syarat liburan ke Jepang. Melansir dari situs Klook, berikut rangkumannya.

Syarat Liburan ke Jepang

1. Sudah Vaksin? Tidak Perlu Tes Covid-19

Beberapa tahun belakangan, aturan bepergian ke luar negeri cukup dipersulit. Demi keamanan, semua pendatang wajib sudah mendapatkan dosis vaksin penuh. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot melakukan tes Covid-19 pada kedatangan dan kepulangan. Namun perlu diperhatikan bahwa terdapat ketentuan jenis vaksin yang diterima oleh negara Jepang.

Melansir dari situs Klook, berikut ini adalah daftar produsen vaksin yang diperboleh masuk ke Jepang:

a. Moderna
b. Pfizer, BioNTech, Fosun Pharma
c. AstraZeneca
d. Serum Institute of India
e. Janssen
f. Sinovac
g. Sinopharm/Beijing Institute of Biological Products
h. Novavax
i. Bharat Biotech
j. CanSino Biologics.

2. Unduh Aplikasi MySOS

Aplikasi MySOS merupakan aplikasi yang wajib ada di perangkat Anda dengan tujuan melaporkan kondisi kesehatan. Aplikasi ini juga akan tersambung dengan lokasi begitu Anda tiba di Jepang.
Dalam menggunakannya, Anda perlu mendaftar Fast Track yang mencakup prosedur pernyataan karantina. Fast Track bisa dibuat tepat setelah hasil tes Covid-19 keluar.

3. Beli Asuransi Perjalanan

Covid-19 masih menjadi kekhawatiran banyak orang. Salah satunya ketika berlibur ke luar negeri. Meski sudah berusaha menghindar, Anda tetap harus menyiapkan solusi apabila kemungkinan buruk terjadi.
Maka dari itu, sebaiknya Anda membeli asuransi perjalanan. Hal ini bertujuan untuk menjamin biaya pengobatan Covid-19 apabila terpapar.

Rekomendasi Tempat Wisata Jepang

1. Tokyo Tower

Tokyo Tower kerap dijadikan tempat wisata Jepang bagi turis mancanegara. Lokasinya tepat di tengah Kota Tokyo sehingga mudah untuk didatangi. Tokyo Tower menjadi titik kota Metropolitan Tokyo. Adapun yang menarik adalah bangunan Menara yang kokoh dan klasik. Menara ini memiliki tinggi sekitar 333 meter. Untuk menaikinya, Anda bisa menggunakan lift dan naik 600 anak tangga menuju Observatorium Utama.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement