Kekayaan Bernard Arnault, Orang Terkaya di Dunia dan CEO LVMH

Ghina Aulia
14 Desember 2022, 00:42
Kekayaan Bernard Arnault.
IDX
Bernard Arnault, CEO of LVMH.

Bernard Arnault adalah tokoh terkenal yang menjadi CEO dari LVMH, yaitu Moet Hennessy Louis Vuitton. Perusahaan tersebut juga terkenal dengan nama Louis Vuitton, merek fashion mewah dari Perancis. Ia menjabat sejak 1989.

Ia memiliki nama lengkap Bernard Jean Etienne Arnault dan lahir pada 5 Maret 1948 di Roubaix, Perancis. Adapun Ayahnya bernama Jean Leon Arnault yang dikenal sebagai kolektor dari perusahaan Ferret-Savinelli dan merupakan Ecole Centrale Paris.

Sementar sang Ibu adalah Marie-Josephe Savinel yang memiliki kontribusi pada merek mode Dior. Diketahui bahwa Marie Savinelli merupakan anak dari Etienne Savinel. Melihat sepak terjang orang tuanya, tak heran apabila Bernard Arnault berada di puncak karirnya sekarang.

Salah satu orang terkaya di dunia tersebut, mengenyam pendidikan di Maxence Van Der Meersch High School di Roubaix, Perancis. Setelah itu, Bernard lulus dan berkuliah di Ecole Polytechnique lulus sebagai sarjana teknik pada 1971.

Setelah lulus, Arnault mulai bekerja di perusahaan milik Ayahnya, yakni Ferret Savinel. Kemudian, perusahaan tersebut menjadi Ferinel.

Terkait dengan hal itu, kali ini Katadata.co.id akan membahas lebih lanjut tentang sumber kekayaan Bernard Arnault. Berhasil akuisisi banyak perusahaan ternama, berikut ini adalah penjelasannya. Baca Juga

Ex-CEO Christian Dior

Sebelum menjadi CEO di LVMH, salah satu orang terkaya di dunia ini pernah mengakuisisi Financiere Agache yang bergerak di sektor fashion mewah. Arnault menjabat sebagai CEO Financiere Agache sebelum mengambil alih Boussac Saint-Freres.

Di bawah Boussac Saint-Freres, terdapat beberapa anak perusahaan lainnya. Di antaranya adalah Christian Dior dan Le Bon Marche yang merupakan gerai ritel besar. Tak lama sejak itu, Arnault hanya menyisakan dua perusahaan tersebut.

Dapat dikatakan bahwa kinerja Arnault berhasil membawa nama Christian Dior menjadi merek fashion mewah yang mendunia.

CEO LVMH

Pada akhir tahun 80-an, LVMH hampir dibubarkan. Demi menyelamatkan perusahaan, Arnault bertekad membeli 43% kepemilikan saham dan menjadi pemegang saham terbesar. Persentase tersebut berhasil membuatnya menjabat sebagai chairman atau CEO.

Tepatnya pada 1988, Arnault menyisihkan US$ 1,5 miliar untuk membuat perusahaan induk Guinness. Diketahui bahwa Guinness saat itu memiliki 24% LVMH.

Tak hanya itu, orang terkaya ini juga menggelontorkan US$ 600 juta untuk mengambil alih 13,5% saham LVMH. Setelah itu, pada Januari 1989, senilai US$ 500 juta kembali dikeluarkannya dan membuat porsi kepemilikan sahamnya meningkat menjadi 43,5%, sekaligus pemegang terbanyak.

Mengutip The New York Times Magazine, Arnault resmi memimpin LVMH sejak 13 Januari 1989 dengan dipilih menjadi Chairman dewan direksi LVMH. Diketahui Arnault memiliki ambisi yang kuat dan ingin membawa LVMH menjadi pemasok barang mewah terbesar di dunia.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement