10 Cara Mempercepat Wifi, Koneksi Internet Lancar Anti Lemot

Tifani
Oleh Tifani
16 Desember 2022, 10:15
Ilustrasi Cara mempercepat WiFi
Katadata
Ilustrasi Cara mempercepat WiFi

Internet yang lemot tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi, saat ini segala aktivitas mulai dari pekerjaan, sekolah, bahkan kehidupan sehari-hari sudah sangat membutuhkan internet.

Tidak heran kalau banyak orang langsung kesal saat hal ini terjadi. Cara mempercepat wifi mungkin dibutuhkan banyak orang yang mengeluhkan internet yang lambat.

Advertisement

Cara mempercepat koneksi wifi bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Hal-hal sederhana seperti posisi dan perawatan router hingga pemberian password serta beberapa trik di gadget memiliki peran penting dalam mempercepat wifi Anda. Dikutip dari laman Gramedia.com berikut cara mempercepat wifi

1. Tempatkan Router di Area Mudah Dijangkau.

Menempatkan router di tempat strategis dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepat wifi. Pasalnya, jika router sebagai alat sebagai pemancar wifi, ditempatkan ditempat tertutup jaringan internet akan terhambat.

Ada baiknya Anda meletakan router ditempat yang mudah dijangkau dan disesuaika dengan kebutuhan. Misalnya diletakkan dibagian tengah ruangan agar bisa dijangkau banyak orang, sehingga jaringan internet tidak lambat.

2. Jangan Letakkan di Lantai

Cara mempercepat wifi berikutnya yaitu dengan tidak meletakkannya di lantai. Router atau pemancar sinyal harus mendapatkan tempat yang tinggi, sehingga bisa menjangkau seluruh bangunan.

Jika meletakkan router di lantai atau tempat-tempat yang rendah, pengguna wifi bisa kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Hal tersebut membuat koneksi internet bisa menjadi tidak lancar.

3. Hindari Berdekatan dengan Perangkat Lain 

Alat elektronik seperti smartphone, microwave, atau gadget lainnya dapat memengaruhi kecepatan wifi. Oleh karena itu, Anda bisa menempatkan perangkat tersebut dalam jarak yang berjauhan atau menyingkirkannya.

Menjauhkan router dari perangkat elektronik yang lain bisa menjadi cara mempercepat koneksi wifi. Hal ini dikarenakan masing-masing perangkat elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu kinerja dari router wifi

4. Tambahkan Repeater

Satu di antara penyebab koneksi wifi lemot adalah penyebaran sinyal yang lemah. Solusi dari masalah ini adalah dengan memanfaatkan repeater.

Perangkat tersebut akan berguna untuk memperkuat serta memperluas cakupan sinyal wifi yang ada. Anda bisa menggunakan router lama menjadi repeater.

Dengan begitu, sinyal wifi Anda dapat mengirimkan sinyal yang lebih tinggi dan Anda bisa menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi. Anda akhirnya bisa mendapatkan koneksi yang lebih baik daripada sebelumnya.

5. Ubah Menjadi Jaringan Tertutup

Makin banyak orang yang memakai jaringan wifi, koneksinya akan makin lambat. Maka dari itu, sebaiknya berikan password pada jaringan hotspot Anda agar tak ada orang lain yang menggunakannya tanpa izin. Dengan begitu, hanya perangkat tertentu saja yang bisa terkoneksi dan menggunakan wifi tersebut.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement