10 Cara Mempercepat Wifi, Koneksi Internet Lancar Anti Lemot

Image title
Oleh Tifani
16 Desember 2022, 10:15
Ilustrasi Cara mempercepat WiFi
Katadata
Ilustrasi Cara mempercepat WiFi

Internet yang lemot tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi, saat ini segala aktivitas mulai dari pekerjaan, sekolah, bahkan kehidupan sehari-hari sudah sangat membutuhkan internet.

Tidak heran kalau banyak orang langsung kesal saat hal ini terjadi. Cara mempercepat wifi mungkin dibutuhkan banyak orang yang mengeluhkan internet yang lambat.

Cara mempercepat koneksi wifi bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Hal-hal sederhana seperti posisi dan perawatan router hingga pemberian password serta beberapa trik di gadget memiliki peran penting dalam mempercepat wifi Anda. Dikutip dari laman Gramedia.com berikut cara mempercepat wifi

1. Tempatkan Router di Area Mudah Dijangkau.

Menempatkan router di tempat strategis dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepat wifi. Pasalnya, jika router sebagai alat sebagai pemancar wifi, ditempatkan ditempat tertutup jaringan internet akan terhambat.

Ada baiknya Anda meletakan router ditempat yang mudah dijangkau dan disesuaika dengan kebutuhan. Misalnya diletakkan dibagian tengah ruangan agar bisa dijangkau banyak orang, sehingga jaringan internet tidak lambat.

2. Jangan Letakkan di Lantai

Cara mempercepat wifi berikutnya yaitu dengan tidak meletakkannya di lantai. Router atau pemancar sinyal harus mendapatkan tempat yang tinggi, sehingga bisa menjangkau seluruh bangunan.

Jika meletakkan router di lantai atau tempat-tempat yang rendah, pengguna wifi bisa kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Hal tersebut membuat koneksi internet bisa menjadi tidak lancar.

3. Hindari Berdekatan dengan Perangkat Lain 

Alat elektronik seperti smartphone, microwave, atau gadget lainnya dapat memengaruhi kecepatan wifi. Oleh karena itu, Anda bisa menempatkan perangkat tersebut dalam jarak yang berjauhan atau menyingkirkannya.

Menjauhkan router dari perangkat elektronik yang lain bisa menjadi cara mempercepat koneksi wifi. Hal ini dikarenakan masing-masing perangkat elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu kinerja dari router wifi

4. Tambahkan Repeater

Satu di antara penyebab koneksi wifi lemot adalah penyebaran sinyal yang lemah. Solusi dari masalah ini adalah dengan memanfaatkan repeater.

Perangkat tersebut akan berguna untuk memperkuat serta memperluas cakupan sinyal wifi yang ada. Anda bisa menggunakan router lama menjadi repeater.

Dengan begitu, sinyal wifi Anda dapat mengirimkan sinyal yang lebih tinggi dan Anda bisa menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi. Anda akhirnya bisa mendapatkan koneksi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Advertisement

5. Ubah Menjadi Jaringan Tertutup

Makin banyak orang yang memakai jaringan wifi, koneksinya akan makin lambat. Maka dari itu, sebaiknya berikan password pada jaringan hotspot Anda agar tak ada orang lain yang menggunakannya tanpa izin. Dengan begitu, hanya perangkat tertentu saja yang bisa terkoneksi dan menggunakan wifi tersebut.

6. Mengubah Frekuensi 5GHz

Cara mempercepat wifi selanjutnya yaitu dengan mengubah frekuensi ke 5 GHz. Saat ini, terdapat dua jenis frekuensi pada wifi, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz.

Anda bisa memilih jenis frekuensi sesuai dengan kondisi. Jika ada banyak barang elektronik yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz maka koneksi wifi juga ikut terpengaruh.

Jadi, disarankan untuk mengubah setting router Anda dari frekuensi 2,4 GHz ke 5 GHz. Jangan lupa untuk memastikan dulu perangkat yang digunakan sudah mendukung frekuensi 5 GHz.

7. Memilih Saluran yang Tidak Terlalu Ramai

Selain dengan pemilihan frekuensi hal yang harus Anda lakukan yaitu dengan melakukan pengaturan saluran pada router. Nah jika frekuensi Anda berada pada 2,4 GHz maka akan banyak juga yang menggunakan saluran 1, 6, dan 11.

Untuk hal ini Anda juga disarankan untuk memilih saluran yang lain dan beralih pada saluran 5GHz. Saluran yang tidakt terlalu ramai akan cenderung stabil dan koneksi internet akan meningkat dengan cepat.

8. Boot Ulang Router

Cara mempercepat wifi berikutnya yaitu reboot router sesekali untuk menyegarkannya. Selain itu atur ulang rooter dari paket yang sudah habis untuk mempercepat koneksi internet.

Terlebih jika perangkat router sudah lama, Anda bisa sekali sehari untuk melakukan reboot. Namun, kalau perangkat router Anda sudah berteknologi terbaru, bisa langsung mengatur jadwal reboot secara otomatis di dalam software.

9. Gunakan Ethernet

Saat ini setiap orang akan menggunakan wifi, perangkat-perangkat seperti smartphone dan laptop membutuhkan konektivitas wifi. Namun, tidak semua perangkat memiliki hardware wifi dengan konekivitas yang ngebut, sehingga untuk memaksimal konektivitas perangkat tersebut masih membutuhkan konektivitas kabel atau ethernet.

Beberapa perangkat seperti televisi, konsol, bahkan laptop, dan PC masih sangat membutuhkan konektivitas ethernet. Agar konektivitas yang dihasilkan lebih kencang dan stabil, terlebih dengan menggunakan ethernet maka jaringan akan lebih aman dibandingkan wifi.

10. Blokir Setiap Iklan

Membuka website informatif tapi berisikan berbagai macam iklan pasti sangat menyebalkan. Iklan tersebut bisa saja muncul sebagai gambar, GIF, dan video yang memutar secara otomatis.

Bahkan jika Anda tidak ingin melihat iklan tersebut, tapi tanpa disadari iklan tersebut tetap berjalan. Alhasil, konektivitas menjadi lambat karena tersedot untuk membuka iklan.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda membutuhkan aplikasi pemblokir iklan pada browser yang digunakan. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mematikan semua iklan. Cara mempercepat koneksi internet ini cukup ampuh untuk diterapkan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait