10 Rekomendasi Novel Romantis Untuk Dibaca di Watu Luang

Image title
Oleh Tifani
19 Desember 2022, 14:58
Ilustrasi Rekomendasi Novel Romantis
Katadata
Ilustrasi Rekomendasi Novel Romantis

Novel merupakan jenis karya sastra berbentuk prosa yang didalamnya memuat cerita berdasarkan pada imajinasi dari si penulis. Ada banyak sekali jenis genre novel yang dapat kita baca seperti novel Fantasy, Horror, Mystery, Romance, Science Fiction, Thriller, Comedy, Inspiratif, Sejarah, Psikologi, Saga atau Keluarga, Petualangan.

Rekomendasi Novel Romantis

Novel bergenre romance adalah jenis novel yang cukup memiliki banyak peminat, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Hal ini karena biasanya novel romance ini memakai pilihan kata yang indah, puitis, juga dramatis.
Maka dari itu, cerita yang ada di dalam novel ini biasanya akan lebih menyentuh perasaan pembacanya. Novel romance yang sudah ada di Indonesia sangatlah banyak, sehingga bagi sebagian orang mungkin akan sulit mencari novel romance yang enak untuk dibaca di waktu luang.

Dikutip dari laman gramedia.com berikut rekomendasi novel romantis yang cocok untuk dibaca di waktu luang.

1. Kos, 3 Cinta, 7 Keberuntungan Oleh Atrid Tito.

Rekomandasi novel romance yang terbit pada 7 Oktober 2019 ini mengisahkan tentang roblematika kehidupan ibu kos Fatimah alias Patty dan anak-anak kosnya. Patty diramal bahwa hidupnya tidak akan jauh-jauh dari angka 7.

Angka 7 adalah angka keberuntungannya. Kos ini masih ada bau-bau mistisnya, selalu berkaitan dengan angka 7.

Biaya sewanya saja harus 7 juta. Kos yang terdiri dari 3 lantai ini, masing-masing lantainya ada 7 kamar.

Yang bikin merinding, di dalam kamar lantai 3 nomor 7 tersebut ada guci-guci antik yang jumlahnya ada 7 dan tidak boleh pecah. Selain itu, entah kebetulan atau tidak, penghuni kamar kos nomor 7 selalu dirundung masalah dan berulah.

2. Winter In Tokyo Oleh Ilana Tan

Rekomendasi novel romantis selanjutnya ialah Winter InTokyo karya Ilana Tan. Novel romance yang terbit pada 21 September 2021 ini mengisahkan kisah cinta yang indah namun juga menyayat hati antara Ishida Keiko, gadis blasteran Indonesia - Jepang, dengan Nishimura Kazuto.

Keiko tinggal di sebuah apartemen di kota Tokyo. Suatu waktu, apartemen Keiko kedatangan tetangga baru dari New York, Nishimura Kazuto. Seiring waktu, terjalin keakraban dan timbul ketertarikan antara keduanya.

Ketika Kazuto berencana mengutarakan perasaannya kepada Keiko, Kazuto dikeroyok sejumlah preman yang membuat ia gegar otak dan hilang ingatan. Kazuto pun lupa akan perasaannya terhadap Keiko, terlebih lagi setelah Keiko bertemu kembali dengan cinta pertamanya, Kitano Akira.

Di lain sisi, kehadiran Iwamoto Yuri, gadis yang pernah dicintai Kazuto, juga menenggelamkan perasaan Keiko terhadap Kazuto.

3. MetroPop: Mismatch Oleh Arata Kim

Rekomendasi novel romantis selanutnya ialah MtetroPop: Mismatch karya Arata Kim. Novel Romance ini terbit pada 6 September 2022.

MetroPop: Mismatch menceritakan tentang persahabatan yang selama belasan tahun. Seseorang itu bernama Kenizia, ia selalu menganggap Giovanni sebagai pria bawel yang bisa diandalkan.

Tidak pernah dia duga pria itu akan melamarnya di acara pernikahan sahabat mereka, Adit dan Risa. Walaupun Ken menghindar, Gio berusaha keras terus mendekat. Kesibukan Gio sebagai dokter spesialis jantung tidak menyurutkan tekadnya untuk menaklukkan hati Ken.

4. Serangkai Oleh Valerie Patkar

Serangkai karya Valerie Patkar menjadi rekomendasi novel romantis selanjutnya. Novel romance yang terbit pada 6 Januari 2021 ini menceritakan tentang kehilangan tiga tokoh sekaligus, yakni Kai Deverra yang merupakan seorang pembalap F1 dari Indonesia. Ia belum dapat menyelesaikan kisah cinta lamanya, bahkan jika cinta lamanya itu telah pindah ke pernikahan.

5. Dikta dan Hukum Oleh Dhia’an Farah

Novel romance yang terbit pada 30 Mei 2021 ini menceritakan tentang seorang tokoh bernama Dikta yang merupakan mahasiswa hukum tingkat akhir di sebuah universitas ternama.

Ia bahkan menjadi salah satu mahasiswa terpintar. Dikta merupakan tokoh idaman semua wanita karena penggambarannya yang sempurna.

Ia kaya, rajin, pintar, baik, penyayang dan tentunya berparas tampan. Di sisi lain terdapat tokoh bernama Nadhira yang merupakan anak SMA kelas 12 dengan karakter berbanding terbalik dengan Dikta, pemalas dan mageran.
Nadhira dikenal sebagai orang yang banyak mau, keras kepala dan suka mengeluh. Berbeda dengan image Dikta yang dikenal sebagai sosok yang serius dan disiplin.

Siapa sangka jika Dikta dijodohkan dengan gadis SMA bernama Nadhira itu dengan sifat dan watak mereka yang amat sangat berbanding terbalik bagai langit dan bumi. Demi menjaga perasaan kedua orang tuanya, mereka terpaksa harus terjebak dalam hubungan yang semakin rumit ini.

6. Saat-saat Jauh Oleh Lia Seplia

Salah satu rekomendasi novel romantis selajutnya ialah Saat-saat Jauh karya Lia Seplia. Novel romance ini menceritakan dua tokoh utama yang bernama Aline dan Alex.

Dua cinta yang bermekaran tersebut meyakini bahwa di masa mendatang mereka akan bersatu. Namun, siapa sangka pendidikan dan karier keduanya justru menjadi salah satu alasan yang membuat bunga cinta tersebut mulai layu. Baik rasa sayang hingga kepercayaan satu sama lain.

7. Luka Cita Oleh Valerie Patkar

Novel rimance yang terbit pada 14 Maret 2022 ini berisi kisah tentang para pemimpi yang dikhianati cita-cita mereka sendiri. Rekomendasi nocel roamntis ini menceritakan seorang pendiri perusahaan startup idealis bernama Javier dan seorang mantan atlet catur penakut bernama Utara.

Saat mereka hampir menyerah untuk memperjuangkan apa yang mereka cita-citakan selama ini, mereka bertemu untuk belajar memaafkan keadaan.

8. PACHINKO Oleh Min Jin Lee

Novel romance yang terbit pada 24 Maret 2022 ini menceritakan tentang kisah cinta, pencarian identitas sebagai manusia, kematian, dan cara bertahan hidup. Salah satu rekomendasi nolavel romantis ini berlatar kolonisasi Jepang atas Korea Selatan.

Dikisahkan seorang perempuan muda kelahiran Korea, Kim Sunja hamil di luar nikah. Kim Sunja adalah putri pemilik pemondokan di desa nelayan kecil dekat daerah Busan.

Gadis itu diselamatkan oleh takdir ketika rohaniwan muda, Baek Isak, bersedia menikahi dan memboyongnya ke Jepang.

9. Perpustakaan Tengah Malam (The Midnight Library) Oleh Matt Haig

Novel romantis sekaligus rekomendasi novel populer adalah Perpustakaan Tengah Malam. Novel roamnce yang terbit pada 9 Juni 2021 ini menceritakan tentang seorang tokoh bernama Nora Seed mendapati dirinya dihadapkan pada keputusaan.

Ia kemudian dihadapkan dengan kemungkinan mengubah hidupnya untuk yang baru, mengikuti karir yang berbeda, membatalkan perpisahan lama, mewujudkan mimpinya menjadi ahli glasiologi, menjalani kehidupannya sebagai atlet renang kelas dunia. Serta banyak hal lain yang dapat dicoba.

Dia harus menemukan keinginan serta kebahagiaan di dalam dirinya saat dia melakukan perjalanan di Perpustakaan Tengah Malam untuk memutuskan apa yang benar-benar memuaskan dalam hidup, dan apa yang membuatnya layak untuk dijalani.

10. The Star and I Oleh Ilana Tan

Novel romance ini menceritakan tentang Olivia Mitchell dan Rex Rankin yang tak sengaja bertemu. Pertemuan keduanya ternyata menghasilkan benih cinta yang tak disangka-sangka.

Padahal saat itu Olivia Mitchell sedang dalam upaya mencari orang tua kandungnya. Pada momen tersebut, dia juga menemukan sosok Rex Rankin yang dulunya merupakan sahabat kecil dan cinta pertama.

Salah saru rekomendasi novel romantis ini juga mengisahkan betapa rumit kisah cinta keduanya. Di samping itu, Rex Rankin juga berusaha membantu Olivia dalam mencari orang tuanya.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait