9 Manfaat Serum Vitamin C untuk Wajah Tetap Awet Muda

Tifani
Oleh Tifani
20 Desember 2022, 20:25
Ilustrasi Manfaat Serum Vitamin C untuk wajah
Katadata
Ilustrasi Manfaat Serum Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu bahan yang sering terkandung dalam produk-produk skincare. Jika digunakan secara rutin, serum vitamin C dapat memberikan manfaat yang baik untuk wajah.

Dikutip dari laman Sehatq.com, serum vitamin C mengandung beberapa zat seperti L-Ascorbic Acid (LAA), Magnesium Ascorbyl Phosphate, Ascorbyl Palmitate, Ascorbyl Glucosamine, dan Sodium Ascorbyl Phosphate. Zat-zat ini lah yang memberikan beberapa manfaat yang baik untuk wajah. Berikut manfaat serum Vitamin C untuk wajah untuk wajah.

1. Mengurangi Keriput dan Garis Halus

Serum Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat kuat dan dapat membantu meremajakan kulit, sehingga kulit terasa awet muda. Kerutan pada wajah akan muncul ketika lapisan kulit kehilangan kolagen.

Sebenarnya, kerutan pasti muncul seiring bertambahnya usia. Tetapi penuaan dini bisa terjadi jika kulit selalu terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dan tanpa perlindungan.

Selain itu, kebiasaan merokok dan kurang tidur juga bisa menjadi salah satu penyebabnya garis-garis halus muncul di usia muda. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan serum vitamin C yang dapat mengatasi kerutan pada wajah.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat manfaat serum Vitamin C untuk Wajah adalah sebagai pencerah alami. Pasalnya Vitamin C terbukti bekerja untuk menghambat produksi melanin, yang memberi warna pada kulit.

Selain itu, vitamin C membantu merangsang produksi kolagen, yang memberikan elastisitas dan kekencangan kulit, sehingga kulit akan terasa sangat cerah dan mampu membuat kulit terasa lebih sehat.

3. Mengurangi Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Paparan sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya dapat merusak kulit wajah. Akibatnya, kulit jadi berkerut, kusam, dan tampak tidak sehat.

Namun, jangan khawatir salah satu manfaat serum Vitamin C untuk wajah adalah melindungi dari efek buruk sinar matahari. Kandungan antioksidan dalam serum vitamin C dapat memperbaiki kondisi kulit yang terbakar matahari.

Namun, jangan lupa untuk tetap menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang cukup, agar serum Vitamin C yang digunakan dapat bekerja secara maksimal.

4. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat serum Vitamin C selanjutnya ialah secara efektif mengecilkan pori-pori wajah yang membesar. Pori-pori wajah memang tak elastis yang dapat membesar dan mengecil begitu saja.

Serum Vitamin C membantu memperkuat serat kolagen di kulit, meningkatkan elastisitas, dan membuat pori-pori tampak lebih kecil dari waktu ke waktu.

5. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Serum vitamin C juga membantu menetralkan radikal bebas dan racun yang dapat merusak kulit dan menyebabkan jerawat. Serum Vitamin C mendorong regenerasi sel, sehingga penyembuhan lebih cepat dari lesi jerawat yang ada. Efeknya kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah secara keseluruhan.

6. Menghidrasi dan Menghaluskan Kulit Kasar

Manfaat serum Vitamin C selanjutnya ialah memperbaiki jaringan yang rusak dan mengembalikan kekenyalan pada kulit yang kering dan pecah-pecah. Serum vitamin C bekerja menembus jauh ke dalam epidermis untuk membantu mengatasi kekeringan pada sumbernya.

7. Meratakan Warna Kulit

Vitamin C ini juga berguna untuk memberikan nutrisi yang baik bagi kulit. Bahkan salah satu manfaat serum Vitamin C dapat meremajakan kulit agar terlihat awet muda.

Pada bagian wajah kerap muncul bintik-bintik, serum dengan kandungan Vitamin C aktif dapat mengurangi hiperpigmentasi. Agar wajah terlihat menawan.

8. Mengurangi Lingkar Hitam di Bawah Mata

Banyak orang yang meyakini manfaat serum vitamin C dapat membantu mengurangi tampilan lingkaran hitam di bawah mata. Sebuah studi kecil yang dimuat pada Skin Research & Technology menyebutkan bahwa kadar vitamin C dalam bentuk natrium askorbat 10% yang digunakan secara rutin selama 6 bulan dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat serum vitamin C untuk wajah ternyata juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Ketika penyembuhan luka berjalan cepat maka risiko peradangan, infeksi, dan munculnya bekas luka dapat berkurang.

Ketika wajah tergores saat jatuh atau sedang breakout maka serum vitamin C ini sangat berguna untuk penyembuhan pada kulit. Wajah akan terbebas dari bekas.

Cara Memakai Serum Vitamin C yang Aman

Untuk memaksimalkan manfaat serum vitamin C untuk wajah dan menghindari efek samping yang mungkin terjadi. Perhatikan beberapa cara memakainya dengan aman berikut ini.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement