10 Manfaat Vitamin C untuk Wajah dan Cara Memilih Produk yang Tepat

Manfaat vitamin C untuk wajah antara lain mencerahkan wajah, mengurangi keriput, dan menghilangkan bekas jerawat. Produk yang mengandung vitamin C dapat dipilih dengan tepat.
Image title
4 Januari 2022, 10:05
Ilustrasi penggunaan vitamin C untuk wajah. Manfaat vitamin C untuk wajah antara lain mencerahkan wajah, mengurangi keriput, dan menghilangkan bekas jerawat.
Pexels/Ron Lach
Ilustrasi penggunaan vitamin C untuk wajah

Kulit wajah membutuhkan nutrisi agar tetap sehat. Beberapa produk perawatan yang tersedia diformulasi dengan vitamin C yang bermanfaat untuk kulit wajah. Merujuk publikasi Harvard Health Publishing, vitamin C adalah antioksidan.

Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas berbahaya (racun) yang bersentuhan dengan kulit dari sumber eksternal, seperti polusi udara. Radikal bebas dapat merusak kulit. Oleh sebab itu, menggunakan produk yang mengandung vitamin C dapat membantu memerangi radikal bebas serta memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Berbagai penelitian telah mengungkapkan manfaat vitamin C untuk wajah sebagai berikut.

1. Menutrisi wajah

Manfaat vitamin C untuk menutrisi wajah terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan kolagen. Sebuah studi tahun 2015 dalam jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menemukan, menggunakan serum vitamin C pada kulit menyebabkan peningkatan produksi kolagen sehingga kulit tampak lebih muda. Peningkatan kadar kolagen juga membantu menyembuhkan luka.

Advertisement

2. Mencerahkan wajah

Vitamin C mencerahkan wajah dengan menghambat jumlah melanin yang dihasilkan sel-sel pigmen kulit. Studi dalam jurnal Nutrients mengungkapkan, aplikasi vitamin C pada wajah telah terbukti menghambat produksi melanin.

Vitamin C berinteraksi dengan tirosinase, yaitu enzim untuk konversi asam amino tirosin menjadi melanin, sehingga mengurangi pigmentasi. Ini dapat membantu memudarkan bintik hitam dan kusam secara umum.

3. Mengurangi hiperpigmentasi pada wajah

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi di mana bercak-bercak kulit menjadi lebih gelap dari warna kulit normal di sekitarnya. Penggelapan ini terjadi ketika kelebihan melanin. Vitamin C dapat mengurangi hiperpigmentasi pada wajah karena mampu menghambat melanin.

Sebagai inhibitor tirosinase, vitamin C membantu mencegah produksi melanin dan meringankan hiperpigmentasi sehingga warna kulit wajah menjadi rata kembali.

4. Memperbaiki keriput pada wajah

Beberapa studi klinis telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat memperbaiki keriput pada wajah. Fakta tersebut diungkap melalui penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2017.

Penggunaan formulasi vitamin C untuk wajah setiap hari selama setidaknya tiga bulan dapat memperbaiki munculnya kerutan halus dan kasar pada wajah dan leher. Vitamin C juga dapat memperbaiki tekstur dan penampilan kulit secara keseluruhan.

5. Melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet

Vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya bila dikombinasi dengan tabir surya. Studi dalam Journal of the American Academy of Dermatology menunjukkan, menggabungkan vitamin C dengan bahan topikal lainnya, yaitu asam ferulat dan vitamin E, dapat mengurangi kemerahan dan membantu melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang akibat sinar matahari yang berbahaya.

6. Mengatasi jerawat

Vitamin C dapat membantu mengatasi jerawat karena bersifat anti-inflamasi sehingga membantu mengontrol produksi sebum (minyak) di dalam kulit. Merujuk studi dalam Journal of Cosmetic Dermatology, penggunaan vitamin C pada wajah sebanyak dua kali sehari mampu mengurangi luka jerawat.

Vitamin C membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat. Hasilnya lebih signifikan ketika digunakan secara topikal. Vitamin C juga dapat membantu memperbaiki bekas jerawat.

7. Mengurangi munculnya lingkaran hitam pada mata

Serum vitamin C dapat membantu menghaluskan area di bawah mata dengan mengenyalkan dan menghidrasi. Menurut studi dalam Skin Research and Technology, vitamin C dalam bentuk 10% natrium askorbat dapat memperbaiki lingkaran hitam setelah enam bulan penggunaan.

Vitamin C bekerja dengan menebalkan dermis pada area mata dan menyembunyikan warna gelap karena darah tersumbat.

8. Mengurangi bintik hitam

Vitamin C dapat mengurangi munculnya bintik hitam dengan menghalangi produksi pigmen pada kulit. Merujuk publikasi dalam Journal of the American Academy of Dermatology, mayoritas partisipan yang menerapkan vitamin C pada wajah mengalami perbaikan pada bintik hitam mereka.

9. Mempercepat penyembuhan luka

Mengutip publikasi New York Institute of Beauty, vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan untuk mengurangi munculnya luka dan bekas luka. Vitamin C juga digunakan sebagai perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat.

10. Mengencangkan kulit

Berdasarkan publikasi dalam jurnal Nutrients, vitamin C dapat mengencangkan kulit karena membantu meningkatkan produksi kolagen. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun.

Kolagen adalah protein yang berfungsi sebagai salah satu blok bangunan utama untuk tulang, kulit, rambut, otot, tendon, dan ligamen. 80% dari struktur kulit terdiri dari kolagen. Fungsinya memberikan kekencangan dan kekuatan pada kulit.

Cara Memilih Produk Vitamin C yang Tepat

Merujuk publikasi Harvard Health Publishing, vitamin C dapat ditemukan dalam serum atau produk perawatan kulit lainnya. Formulasi vitamin C yang berbeda dapat mengubah kekuatan dan efeknya pada kulit.

Pilih produk vitamin C yang terverifikasi dengan formulasi klinis dan mengandung bentuk aktif vitamin C, seperti L-ascorbic acid. Pastikan produk memiliki kadar vitamin C sebesar 10% hingga 20%, dan pH lebih rendah dari 3,5.

Selalu baca daftar bahan sebelum membeli produk vitamin C. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap salah satu bahan, tes produk dengan oleskan pada sebagian kecil area wajah dan pantau selama 24 jam.

Jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawat atau berminyak, pertimbangkan untuk menggunakan produk yang mengandung bahan asam salisilat untuk membantu melawan jerawat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait