10 Manfaat Vitamin C untuk Wajah dan Cara Memilih Produk yang Tepat

Image title
4 Januari 2022, 10:05
Ilustrasi penggunaan vitamin C untuk wajah. Manfaat vitamin C untuk wajah antara lain mencerahkan wajah, mengurangi keriput, dan menghilangkan bekas jerawat.
Pexels/Ron Lach
Ilustrasi penggunaan vitamin C untuk wajah

Kulit wajah membutuhkan nutrisi agar tetap sehat. Beberapa produk perawatan yang tersedia diformulasi dengan vitamin C yang bermanfaat untuk kulit wajah. Merujuk publikasi Harvard Health Publishing, vitamin C adalah antioksidan.

Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas berbahaya (racun) yang bersentuhan dengan kulit dari sumber eksternal, seperti polusi udara. Radikal bebas dapat merusak kulit. Oleh sebab itu, menggunakan produk yang mengandung vitamin C dapat membantu memerangi radikal bebas serta memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Berbagai penelitian telah mengungkapkan manfaat vitamin C untuk wajah sebagai berikut.

1. Menutrisi wajah

Manfaat vitamin C untuk menutrisi wajah terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan kolagen. Sebuah studi tahun 2015 dalam jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menemukan, menggunakan serum vitamin C pada kulit menyebabkan peningkatan produksi kolagen sehingga kulit tampak lebih muda. Peningkatan kadar kolagen juga membantu menyembuhkan luka.

2. Mencerahkan wajah

Vitamin C mencerahkan wajah dengan menghambat jumlah melanin yang dihasilkan sel-sel pigmen kulit. Studi dalam jurnal Nutrients mengungkapkan, aplikasi vitamin C pada wajah telah terbukti menghambat produksi melanin.

Vitamin C berinteraksi dengan tirosinase, yaitu enzim untuk konversi asam amino tirosin menjadi melanin, sehingga mengurangi pigmentasi. Ini dapat membantu memudarkan bintik hitam dan kusam secara umum.

3. Mengurangi hiperpigmentasi pada wajah

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi di mana bercak-bercak kulit menjadi lebih gelap dari warna kulit normal di sekitarnya. Penggelapan ini terjadi ketika kelebihan melanin. Vitamin C dapat mengurangi hiperpigmentasi pada wajah karena mampu menghambat melanin.

Sebagai inhibitor tirosinase, vitamin C membantu mencegah produksi melanin dan meringankan hiperpigmentasi sehingga warna kulit wajah menjadi rata kembali.

4. Memperbaiki keriput pada wajah

Beberapa studi klinis telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat memperbaiki keriput pada wajah. Fakta tersebut diungkap melalui penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2017.

Penggunaan formulasi vitamin C untuk wajah setiap hari selama setidaknya tiga bulan dapat memperbaiki munculnya kerutan halus dan kasar pada wajah dan leher. Vitamin C juga dapat memperbaiki tekstur dan penampilan kulit secara keseluruhan.

5. Melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet

Vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya bila dikombinasi dengan tabir surya. Studi dalam Journal of the American Academy of Dermatology menunjukkan, menggabungkan vitamin C dengan bahan topikal lainnya, yaitu asam ferulat dan vitamin E, dapat mengurangi kemerahan dan membantu melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang akibat sinar matahari yang berbahaya.

6. Mengatasi jerawat

Vitamin C dapat membantu mengatasi jerawat karena bersifat anti-inflamasi sehingga membantu mengontrol produksi sebum (minyak) di dalam kulit. Merujuk studi dalam Journal of Cosmetic Dermatology, penggunaan vitamin C pada wajah sebanyak dua kali sehari mampu mengurangi luka jerawat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...