Limit Google Drive Terbatas, Begini Cara Mudah dan Cepat Mengatasinya

Berikut tata cara mudah atasi limit Google Drive dengan mudah dan cepat
Image title
22 Oktober 2021, 23:00
Ilustrasi guru mengatasi limit Google Drive
ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.
Ilustrasi guru mengatasi limit Google Drive

Google Drive menjadi bagian yang rekat hubungannya dengan masyarakat, termasuk dalam hal pekerjaan maupun tugas kuliah. Hal ini mengacu pada manfaat atau fungsi Google Drive untuk menyimpan, mengirim hingga mengedit file.

Namun, beberapa kendala kadang muncul dan bisa menjadi momok bagi penggunanya, salah satunya limit atau batasan kapasitan penampungan file di Google Drive. Dikutip dari Kumparan Tekno, ada sejumlah cara mengatasi limit Google Drive, mulai dari limit penyimpanan, hingga kuota download yang bisa diselesaikan dengan solusi cepat dan mudah.

Bila melihat secara definisinya, Google Drive merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud yang dikembangkan oleh Google, kemudian tersedia secara gratis. Banyak orang menggunakan Google Drive untuk menyimpan berbagai dokumen atau file.

Fungsi Google Drive

Google Drive memiliki beberapa fungsi penting yang memudahkan Anda berbagi dan mengakses file secara online. Berikut merupakan beberapa fungsinya:

1. Berbagi File

Dengan menggunakan layanan Google Drive, Anda bisa langsung membagikan sebuah file tanpa perlu melakukan konfigurasi yang cenderung rumit. Anda juga bisa langsung berbagi file dengan mengundang beberapa pengguna lain melalui sebuah link yang Anda punya untuk dibagikan.

2. Mengedit File

Anda dapat melakukan editing data langsung tanpa perlu melakukan pengunduhan. Google Drive juga telah mendukung fitur edit data yang teksnya akan terhubung dengan Google Spreadsheat. Google Spreadsheat memiliki fungsi menjadikan file bersifat online, tanpa harus menginstal software lagi.

3. Menyimpan File

Menyimpan berbagai file atau dokumen menjadi fungsi utama aplikasi Google Drive. Dengan fungsi ini,  Anda dapat menyimpan sebuah data dan juga menyimpannya langsung dalam bentuk dokumen, gambar, dalam bentuk simpanan online, tanpa sebuah stroge dan juga media penyimpanan offline seperti hardisk atau ram.

4. Backup Data

Melakukan backup data, juga menjadi bagian dari manfaat Google Drive. Layanan tersebut di gunakan untuk mengamankan atau pencadangan sebuah data yang telah ada di komputer dan juga perangkat lunak lainnya.  Google Drive juga bisa menjadi penyelamat data atau file jika terjadi masalah pada website, Anda juga bisa me-restart atau memulai membuat kembali file tersebut. 

Aplikasi Google Drive cukup terkenal untuk penyimpanan data yang cukup mudah digunakan. Anda tidak perlu repot-repot membawa sebuah flashdisk ataupun alat penyimpanan lainnya. Bahkan, Google Drive mampu menjaga data jika alat atau file hilang akibat terkena virus.

Data-data penting lainnya juga bisa aman disimpan di aplikasi Google Drive. Anda juga bisa memotret ataupun melakukan scanning pada sebuah dokumen dan juga penyimpanan email yang Anda miliki.

Pengguna Google Drive kini dapat membagikan dokumen yang tersimpan di akunnya. Caranya hanya dengan membagikan link, sehingga dapat menghemat penyimpanan perangkat.

Bagi pengguna Google Drive gratis, terdapat limit penyimpanan yang akan dikenakan, yaitu sebesar 15 GB. Sedangkan untuk download file, tidak dikenakan limit.

Namun, ada beberapa kasus yang kerap muncul seperti rencana berbagi file dengan dengan banyakorang dalam waktu hampir bersamaan. Jadi, Google akan mengunci file dari unduhan berikutnya selama 24 jam agar tidak terjadi penyalahgunaan.

Tips dan Trik Menghadapi Limit Google Drive

Berikut tips untuk menanggulangi limit Google Drive apabila ruang penyimpanan sudah terlanjur penuh, antara lain:

1. Menghapus Data

Memiliki limit data hingga 15 GB, layanan Google Drive mencakup penyimpanan Google Drive, Gmail, dan Photos. Anda bisa menghapus berbagai file tidak penting agar penyimpanan lebih lega, sehingga dapat menyimpan dokumen lainnya yang lebih penting sifatnya.

2. Melakukan Upgrade

Anda bisa menambah storage alias kapasitas tampung file di Google Drive menjadi 100 GB, 200 GB, atau 2 TB dengan membayar setiap bulannya. Setelah upgrade penyimpanan, secara otomatis Anda akan menjadi anggota Google One.

Berikut ini cara mengatasi limit Google Drive PC, dikutip dari halaman bantuan Google:

1. Cara Mengatasi Limit Google Drive

Salah satu caranya adalah dengan menghapus data dan melakukan upgrade. Setelah itu, Anda bisa mengatasi limit penyimpanan di Google Drive.

2. Pilih Storage di Google Drive

Buka browser di komputer atau laptop Anda. Lalu, pastikan Anda sudah masuk ke akun Google. Selanjutnya, buka one.google.com, selanjutnya klik tab 'Storage' di sebelah kiri, kemudian klik tombol 'Get more storage'.

1. Tentukan batas penyimpanan yang diinginkan

2. Pilih batas penyimpanan yang Anda inginkan.

3. Kemudian, lakukan pembayaran lewat kartu kredit/debit, ShopeePay, Dana, Doku, Gopay, atau kode reedem. Setelah itu, setiap bulannya pembayaran akan diperpanjang secara otomatis kecuali Anda mengubah paketnya.

Cara Mengatasi Limit Google Drive Tanpa Download

Pengguna tidak memiliki batas limit untuk download file di Google Drive. Namun, jika di waktu yang berdekatan terjadi unduhan oleh banyak orang, maka Google akan mengunci file tersebut untuk mengurangi penyalahgunaan.

Anda mungkin akan mendapatkan pesan berisi "Download quota is exceeded" atau "Sorry you can't view or download this file at this time", saat ingin mengunduh file yang sudah dikunci oleh Google. Hal ini sering terjadi pada file di Google Drive yang dibagikan secara umum, seperti menaruh link-nya di blog, media sosial, atau dibagikan lewat chat.

Anda bisa menyalin file yang dibagikan, dan sudah mencapai batas limit unduhan ke akun Google Drive pribadi agar dapat diakses dengan mudah. Mengutip laman Help Desk Geek, berikut ini tutorial mengatasi limit Google Drive saat download file:

 

Buka akun Google Drive pribadimu

Buka link download file. Jika Anda sudah masuk ke akun Google, secara otomatis file tersebut akan masuk ke dalam Google Drive dan Anda akan melihatnya di bagian atas. Namun, tidak jelas di mana file tersebut disimpan.

Buat salinan file tersebut ke Google Drive pribadimu dengan cara klik 'File' dan pilih 'Make a copy'. Selanjutnya, pilih lokasi penyimpanan dan klik 'OK'.

Anda juga bisa melakukannya lewat Google Drive, yaitu klik tab 'Shared with me' di bagian kiri. Kemudian, klik kanan file yang ingin diunduh, dan pilih 'Make a copy'. Setelah itu, cari file hasil salinan dan unduh file tersebut.

Jika Anda pemilik file dan mendapatkan laporan bahwa file tersebut mencapai batas limit download, maka Anda hanya cukup membuat salinan file dengan klik kanan. Lalu, klik 'Make a copy' dan membagikan link untuk file salinan yang baru.

Sehingga, orang-orang yang tidak bisa download file tersebut karena limit, bisa memperoleh file yang sama.

Itulah cara mengatasi limit Google Drive yang dapat Anda coba. Melalui cara di atas, pekerjaan Anda tidak akan terhambat lagi.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait