Cara Membuat Link Google Drive dengan Mudah

Image title
22 Oktober 2021, 12:56
Ilustrasi cara membuat Google Drive
Firmbee/Pixabay
Ilustrasi cara membuat Google Drive

Google Drive menjadi salah satu pilihan platform untuk penyimpanan data di dunia maya. Semenjak diluncurkan pada tahun 2012 lalu, Google Drive telah memfasilitasi penggunanya untuk menyimpan sebuah data, saling berbagi berkas dan juga dapat mensinkronisasi data di perangkat yang sangat berbeda. Aplikasi Google drive telah ada pada sebuah bentuk dekstop maupun smartphone.

Para pengguna ponsel kini juga telah dimanjakan dengan Google Drive. Aplikasi ini juga telah menjadi sebuah aplikasi bawaan yang dapat terinstal secara otomatisnya di sistem. Para penggunanya difasilitasi dengan kapasitas penyimpanan file-file gambar, dokumen, audio maupun video sekaligus.

Para pengguna juga dapat menikmati sebuah kapasitas yang gratis sebesar 15 Gigabyte. Jika Anda menginginkan lebih dari itu maka bisa melakukan upgrade account pada Google Drive tersebut.

Tidak hanya sekadar menyimpan. Anda juga dapat mengambil, mengedit dan membagikan file dari Google Drive menggunakan perangkat komputer dan juga smartphone yang terhubung jaringan internet.

Fungsi Google Drive

Google Drive memiliki beberapa fungsi penting yang memudahkan untuk berbagi dan mengakses file secara online.

1. Berbagi File

Anda bisa membagikan sebuah file melalui Google Drive tanpa perlu lagi melakukan sebuah konfigurasi yang rumit. Berbagi file bisa dilakukan dengan mengundang beberapa pengguna lain melalui link Google Drive.

2. Mengedit File

Anda dapat melakukan editing data langsung tanpa memerlukan sebuah pengunduhan lagi. Google Drive telah mendukung fitur edit data berbagai format teks yang terhubung dengan Google Spreadsheat. Google Spreadsheat memiliki sebuah fungsi sebagai pbentuk online tanpa harus menginstal software lagi.

3. Menyimpan File

Untuk menyimpan yang digunakan sebagai fungsi utama aplikasi Google drive. Dengan fungsi ini, maka Anda dapat menyimpan sebuah data dan juga dapat menyimpan langsung dalam bentuk dokumen gambar maupun pada sebuah media penyimpanan online tanpa sebuah stroge dan juga media penyimpanan offline seperti hardisk atau ram (memory).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...