Cara Belanja di Shopee dengan Mudah dan Praktis

Cara belanja di Shopee tidaklah sulit, Anda bahkan bisa memilih sistem COD hingga menggunakan layanan gratis ongkir.
Image title
18 November 2021, 11:30
Cara Belanja di Shopee dengan Mudah dan Praktis
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Aktivitas belanja kini semakin mudah dengan hadirnya marketplace yang menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan konsumen. Shopee menjadi salah satu marketplace yang banyak menjadi rujukan untuk belanja online. Cara belanja di Shopee yang mudah dan cepat membuat banyak orang senang bertransaksi di e-commerce ini.

Selain kemudahan yang diberikan, di Shopee juga banyak promo dan berbagai layanan konsumen lainnya. Yang paling sering digunakan yaitu promo gratis ongkir dan layanan pembayaran COD.

Cara Belanja di Shopee untuk Pemula

Cara belanja di Shopee tidaklah sulit. Untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi online shop ini, berikut penjelasannya.

1. Unduh Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengunduh aplikasi Shopee melalui Google Play Store atau App Store. Kemudian pasang di smartphone yang Anda gunakan. Pastikan jaringan internet stabil agar proses instaling tidak terganggu.

2. Buat Akun Shopee

Cara belanja di Shopee untuk pemula berikutnya yaitu membuat akun Shopee terlebih dahulu. Adapun cara membuat akun Shopee, sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee yang sudah diunduh.
  • Kemudian klik menu “Saya” yang terdapat di kanan bawah.
  • Lalu pilih “Daftar” dan masukkan nomor handphone yang Anda miliki.
  • Tunggu beberapa saat sampai kode OTP dikirimkan melalui SMS ke nomor yang Anda daftarkan.
  • Masukkan kode OTP dengan benar, kemudian klik “Lanjut”.
  • Selanjutnya Anda bisa mengganti username sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Langkah berikutnya yaitu membuat password baru.
  • Terakhir klik “Daftar”.

3. Pilih Produk yang Akan Dibeli

Memilih produk menjadi cara belanja di Shopee berikutnya. Anda bisa langsung mencari produk yang akan dibeli dengan menuliskan kata kunci di kolom pencarian yang ada di bagian atas.

Setelah pilihan produk muncul, Anda bisa menggunakan menu filter untuk mencari produk yang paling sesuai dengan keinginan. Filter yang tersedia mulai dari lokasi, metode pembayaran, kategori, hingga merek dari barang tersebut.

Apabila menu filter digunakan, maka produk yang akan ditampilkan sesuai dengan filter yang sudah dipilih.

4. Membeli Produk

Setelah menemukan produk yang sesuai, Anda bisa langsung membuka produk tersebut. Kemudian klik “Beli Sekarang” yang terdapat di kanan bawah.

5. Isi Alamat Pengiriman

Langkah selanjutnya, Anda harus mengisikan alamat pengiriman. Isi dengan lengkap mulai dari nama jalan, RT/RW, nomor rumah, dan jika perlu tuliskan patokan untuk memudahkan kurir.

Anda juga harus memasukan nama penerima beserta nomor handphone yang aktif. Hal ini penting untuk meminimalisir paket hilang atau salah kirim.

6. Pilih Metode Pembayaran dan Jasa Pengiriman

Cara belanja di Shopee selanjutnya yaitu memilih metode pembayaran dan jasa pengiriman. Anda bisa memilih jasa pengiriman sesuai dengan ongkos kirim yang dibebankan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menentukan waktu pengiriman. Apakah akan dikirim saat jam kerja atau bisa dikirim kapan saja.

Setelah semua tahap selesai, kini Anda cukup tunggu sampai paket tiba di lokasi yang ditentukan. Anda juga bisa mengecek lokasi paket menggunakan nomor resi atau menggunakan fitur pelacakan yang disediakan oleh Shopee.

Cara Belanja di Shopee COD

Cash on delivery (COD) merupakan sistem pembayaran di tempat atau saat barang telah sampai di tangan pembeli. Sebagai platform belanja online yang banyak penggunanya, Shopee juga menyediakan metode pembayaran COD. Bahkan Shopee sering memberikan voucher promo khusus untuk metode pembayaran COD.

Cara belanja di Shopee COD bagi pemula tidaklah sulit. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di handphone.
  2. Pilih produk yang akan Anda beli.
  3. Kemudian buka produk tersebut lalu klik menu “Beli sekarang”.
  4. Lanjutkan dengan memasukan alamat pengiriman.
  5. Kemudian pilih jasa pengiriman.
  6. Lalu pilih metode pembayaran COD (bayar di tempat) untuk menggunakan sistem COD.
  7. Selanjutnya, klik “Buat Pesanan” dan tunggu sampai pesanan sampai ke alamat yang Anda tuliskan.

Jika Anda ingin menggunakan sistem COD, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mengutip dari Help.shopee.co.id, berikut penjelasannya.

  • Pembayaran dengan sistem COD berlaku tanpa minimal pembelian, namun memiliki maksimal pembelian yakni Rp 3.000.000.
  • Pastikan alamat pengiriman termasuk dalam area jangkauan ekspedisi pengiriman.
  • Pilih toko yang mengaktifkan metode pembayaran COD.
  • Gunakan jasa pengiriman yang menerima pembayaran COD. Dalam laman resmi Shopee, beberapa eskpedisi yang bisa menggunakan sistem COD antara lain J&T Express, J&T Economy, Shopee Express Standard, Shopee Express Hemat dan Standar Ekspres, serta ID Express.

Cara belanja di Shopee COD akan dikenakan biaya penanganan yang berlaku untuk seluruh pengguna Shopee. Dari penjelasan di laman resmi Shopee, berikut ketentuannya.

  • Pesanan COD pertama sampai ke-6 dikenakan biaya penanganan 0%. Bagi pengguna lama, biaya penanganan akan dihitung secara prorata berdasarkan jumlah transaksi COD yang sudah dilakukan sebelum 25 Januari 2021.

Sebagai contoh, apabila pengguna sudah memesan 3 kali sebelum 25 Januari 2021, maka biaya penanganan 0% hanya berlaku untuk pesanan ke-4 sampai ke-6.

  • Pesanan sistem COD ke-7 dan seteruskan akan dikenakan biaya penanganan 3%.
  • Untuk para dropshipper yang mengaktifkan fitur “dropship” atau yang teridentifikasi melakukan transaksi COD ke >3 alamat berbeda, biaya penanganannya 9%.
  • Penjual yang menggunakan sistem dropship lebih dari pesanan normal, maka seluruh pesanan dikenakan biaya penanganan 9%.
  • Pembeli yang menggunakan browser atau mobile web saat checkout dikenakana biaya penanganan 9%.

Cara Mendapat Gratis Ongkir Belanja di Shopee

Selain sistem COD, layanan Shopee lainnya yang juga banyak digunakan yaitu voucher gratis ongkir alias ongkos kirim. Gratis ongkir menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan dalam data yang diterbitkan Databoks, disebutkan bahwa gratis ongkir manjadi faktor utama e-commerce tetap digemari.

Cara belanja di Shopee agar gratis ongkir tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu cari voucher gratis ongkir dan klaim.
  2. Kemudian, cari produk yang hendak Anda beli.
  3. Setelah menemukan, buka produk tersebut lalu klik “Beli Sekarang”.
  4. Masukkan alamat pengiriman.
  5. Berikutnya, pilih metode pembayaran dan jasa pengiriman.
  6. Cara belanja di Shopee agar gratis ongkir berikutnya yaitu masukkan voucher gratis ongkir pada menu “Voucher Shopee” yang ada di bagian bawah.
  7. Terakhir, klik “Buat pesanan”, selesaikan pembayaran dan tunggu sampai barang sampai.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait