Mengenal Metaverse Lengkap dengan Contohnya

Saat ini istilah metaverse sedang ramai diperbincangkan. Lantas apa itu metaverse? Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Image title
14 Februari 2022, 06:03
Ilustrasi metaverse
Katadata
Ilustrasi metaverse

Istilah metaverse semakin dikenal setelah Facebook berganti nama menjadi Meta. Lantas, apa itu metaverse? Temukan jawabannya berikut ini.

Definisi Metaverse

Secara Etimologi, metaverse berasal dari kata “meta” yang artinya melampaui dan “verse” berarti alam semesta. Sehingga jika disatukan metaverse memiliki arti melampaui alam semesta. CEO Meta Mark Zuckerberg juga menerangkan bahwa metaverse adalah perbatasan berikutnya.

Metaverse digambarkan sebagai teknologi yang memungkin orang berkumpul dan berkomunikasi dengan masuk ke dunia virtual. Di metaverse atau dunia virtual, setiap orang tidak akan berkialasan secara individu. Mereka akan memiliki koneksi dengan orang lain, bahkan NPC otonom dan hologram.

Dunia maya tersebut membuat setiap orang bisa mencoba dan membeli barang secara virtual. Artinya, produsen sebuah produk juga perlu merancang brand untuk konsumen yang ingin memiliki produk secara virtual.

Advertisement

Metaverse juga dikabarkan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas virtual seperti di dunia nyata. Lewat dunia virtual ini, pengguna bisa melakukan aktivitas seperti bekerja, bersosialisasi, belanja, bermain, hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah tanpa harus bepergian secara fisik.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Statsita pada 4 Februari 2022 lalu, sebanyak 52% responden menyebutkan bahwa mereka ingin masuk ke metaverse agar bisa mendapatkan pengalaman bekerja di ruang kerja virtual.

Contoh Metaverse

Di masa yang akan datang, perkembangan metaverse akan semakin pesat dan masif. Hal tersebut dikarenakan teknologi akan semakin canggih dari waktu ke waktu. Dalam USA Today, ada beberapa teknologi yang dikatakan sebagai contoh metaverse. Berikut penjelasannya.

1. Meta

Meta merupakan perusahaan teknologi yang dahulunya bernama Facebook. Perusahaan ini secara gamblang ingin mengembangkan metaverse. Salah satu aplikasi metaverse yang akan hendak dikembangkan oleh perusahaan ini yaitu konsel 3D atau tiga dimensi.

Mark Zuckerberg bahkan menyebutkan bahwa pengguna bisa merasakan kehadiran orang lain, berada di tempat lain, dan memiliki pengalaman berbeda yang tidak dapat dilakukan di aplikasi atau halaman web 2D.

Meta juga sedang membuat platform “kantor tanpa batas” lewat VR. Pengguna teknologi ini diketahui dapat merasakan duduk sebagai hologram di sofa, sehingga akan terasa seperti pergi ke kantor sesungguhnya.

2. Microsoft

Contoh metaverse lainnya yaitu microsoft. Perusahaan teknologi software ini juga telah menggunakan hologram dan sedang terus mengembangkan aplikasi mixed and extended reality (XR) dengan menggunakan Microsoft Mesh.

Microsoft menggabungkan dunia nyata menggunakan augmented reality dan virtual reality. Perusahaan besar ini juga sudah berencana menghadirkan realitas campuran termasuk hologram dan avatar virtual ke Microsoft Teams di tahun ini.

3. Game Epik

Game Epik diketahui akan mengembangkan manusia digital fotorealistik dengan MetaHuman Creator. Teknologi tersebut dapat menjadi bagian dari cara pengguna menyesuaikan doppelganger digital di game dunia terbuka di masa yang akan datang.

4. Roblox

Contoh metaverse lainnya yaitu Roblox. Platform ini dibentuk pada 2004 lalu dan telah menampung banyak game buatan pengguna, termasuk penawaran permainan peran seperti Bloxburg dan Brookhaven. Permainan tersebut membuat pengguna bisa membangun rumah, bekerja, dan bermain cerita tertentu.

Bagaimana Cara Daftar Metaverse?

Di dunia virtual kita bisa memiliki aset dan properti seperti di dunia nyata. Namun untuk bisa membeli properti virtual, Anda harus menggunakan platform metaverse. Berikut beberapa platform yang dapat menjadi digunakan untuk membeli aset metaverse.

1. The Sandbox

The Sandbox menjadi platform yang dapat digunakan untuk membeli lahan virtual menggunakan yang kripto SAND dan ethereum. Setelah itu, pengguna bisa langsung masuk ke web Map of The Sandbox.

Di situs tersebut, ada banyak informasi tentang waktu penjualan. Pengguna kemudian bisa memilih lahan yang hendak di beli. Setelah itu, sistem akan secara otomatis mengarahkan untuk transaksi.

2. Decentraland

Decentraland juga termasuk platform yang digunakan untuk membeli lahan digital menggunakan cryptocurrency. Cara membeli metaverse di platform ini cukup mudah, Anda bisa langsung mendaftar akun. Kemudian memilih paket lahan yang akan dibeli. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan transaksi pembelian.

3. Axie Infinity

Jika ingin memiliki lahan dengan variasi yang berbeda, Anda bisa membelinya di platform Axie Infinity. Di sini ada empat jenis lahan yang bisa Anda miliki yaitu Savannah, Hutan, Arktik, dan Mystic. Setiap lahan memiliki item khusus yang dapat digunakan untuk bermain gim di dunia virtual.

Agar bisa membeli tanah di Axie Infinity, Anda harus memiliki akun dan ethereum. Setelah itu, pengguna bisa berkunjung ke pasar Axie Infinity untuk mencari lahan. Buka menu dan klik lahan yang dipilih. Setelah itu, Anda dapat melihat informasi harga dan pemilik lahan tersebut.

Itulah ulasan tentang metaverse dari definisi hingga cara membeli metaverse di berbagai platform. Walaupun belum sepenuhnya digunakan, namun dunia virtual ini akan menjadi masa depan teknologi sehingga sangat penting bagi kita untuk memahaminya.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait