Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 versi Forbes

Forbes selalu merilis daftar orang terkaya setiap tahunnya. Banyak pengusaha ulung yang menduduki posisi teratas daftar tersebut. Berikut daftar orang terkaya di Indonesia 2021.
Image title
4 Oktober 2021, 21:15
Orang Terkaya di Indonesia
www.portalzine.com
Budi (kiri) dan Michael (kanan)

Majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes, menunjukkan daftar orang-orang yang memiliki kekayaan dengan jumlah besar. Mereka dikualifikasikan dalam banyak kategori.

Ada puluhan orang terkaya di Indonesia yang juga masuk dalam daftar tersebut. Mereka adalah para pebisnis dengan kekayaan hingga ratusan triliun rupiah.

Dalam daftar Real Time Billionaire List, Forbes terus memperbarui kepemilikan masing-masing individu terhadap perusahaan publik setiap lima menit setelah pasar saham dibuka. Sementara, untuk individu yang nilai kekayaannya terikat pada perusahaan yang tidak tercatat di pasar saham, akan diperbarui 24 jam sekali.

Melansir laman Forbes, penentuan daftar orang terkaya di Indonesia menggunakan metode kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa saham, laporan tahunan, dan analis.

Peringkat tersebut mencantumkan keterangan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagikan di antara kerabat. Perusahaan swasta dinilai berdasarkan perusahaan sejenis yang diperdagangkan secara publik.

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia

Perusahaan besar di Indonesia membuat para pemiliknya memiliki kekayaan berlimpah. Inilah pebisnis yang masuk ke dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes Real Time Billionaire List.

1. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono

Hartono bersaudara menjadi orang paling kaya di Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes tersebut. Kekayaan Budi, saudara kandung Michael Hartono tersebut menembus US$ 20,5 miliar atau setara dengan Rp 297 triliun.

Sumber kekayaan Budi Hartono didominasi dari usahanya di sektor perbankan, sebagai salah satu pemilik saham mayoritas Bank Central Asia (BCA). Budi juga pemilik perusahaan tembakau, yakni merek rokok ternama Indonesia, Djarum. Ada juga usaha di sektor peralatan elektronik lewat merek Polytron.

Secara global, Budi Hartono menempati posisi 86 dalam daftar orang paling kaya sedunia versi Forbes. Budi Hartono memegang posisi sebagai orang terkaya di Indonesia dan mencatatkan dirinya di posisi 80 dalam daftar orang terkaya di dunia. Total kekayaannya mencapai US$ 13,6 miliar atau setara Rp 217,6 triliun.

Sementara itu, Michael Hartono, adik Budi Hartono, merupakan orang terkaya kedua di Indonesia dan berada di posisi 86 dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan Michael meraih US$ 13 miliar atau setara Rp 185,9 triliun (kurs Rp 14.300).

Sri Prakash Lohia
Sri Prakash Lohia (indoramaventures.com)

 

2. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia menghasilkan banyak kekayaan dengan memproduksi polyethylene terephthalate (PET) dan petrokimia lainnya.

Dilansir dari Forbes, Sri Prakash Lohia memiliki harta kekayaan sebanyak US$ 6,7 miliar atau sekitar Rp 95,8 triliun. Dengan kekayaan tersebut, Sri Prakash Lohia menempati urutan ke-412 dari daftar orang terkaya di dunia.

Pada 1970-an, dia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia, di mana mereka mendirikan Indorama Corporation sebagai pembuat benang pintal. Sekarang, perusahaan tersebut menjadi pembangkit tenaga listrik petrokimia, membuat produk industri termasuk pupuk poliolefin, bahan baku tekstil dan sarung tangan medis.

Lohia tetap menjadi ketua dalam perusahaannya, tetapi dia tinggal di London. Putranya Amit menjabat sebagai wakil ketua. Sementara, adik laki-lakinya, Aloke Lohia juga seorang miliarder yang tinggal di Thailand dan menjalankan bisnis pembuatan polimer PET Indorama Ventures Public Co.

3. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu masuk dalam daftar 100 orang terkaya di Indonesia versi Forbes di urutan ketiga. Dia adalah seorang pengusaha Indonesia, sekaligus konglomerat kayu terbesar di Indonesia sebelum krisis ekonomi 1997. Bisnisnya dimulai pada akhir 70-an dengan Djajanti Timber Group dan membentuk Barito Pacific. Menurut laporan, dia telah mendapatkan lebih dari 6 juta hektare konsesi hutan. Tahun 2021, Prajogo Pangestu memiliki total kekayaan US$ 6 miliar atau sekitar Rp 85,8 triliun.

 

4. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung masuk dalam urutan ke-688 dari daftar orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebanyak US$ 4,1 miliar atau sekitar Rp 58,6 triliun. Chairul Tanjung dikenal sebagai bos di CT Corp. Dia juga menjalankan bisnis perbankan, hypermarker, dan pemilik salah satu stasiun TV swasta.

Trans retail milik Chairul Tanjung memiliki toko grosir dengan merek Carrefour dan Transmart. Grupnya juga mengontrol franchise Wendy di Indonesia dan memiliki franchise Versace, Mango dan Jimmy Choo. Selain itu, Chairul Tanjung memiliki saham di maskapai nasional Garuda Indonesia.

5. Jerry Ng

Dalam daftar orang terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Jerry Ng. Dia masuk dalam urutan ke-821 dari daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Diketahui harta kekayaan yang dimiliki sebanyak US$ 3,9 miliar atau sekitar Rp 55,7 triliun.

6. Tahir dan Keluarga

Tahir dan keluarga masuk dalam urutan ke-961 daftar orang terkaya di dunia. Menurut laporan Forbes, harta kekayaannya mencapai US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp 48,6 triliun.

Keluarga Tahir diketahui sebagai pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group. Perusahaan ini membawahi holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha, seperti perbankan, televisi berbayar, media cetak, properti, sampai rumah sakit.

7. Djoko Susanto

Bisnis retail minimarketnya mengantarkan Djoko pada posisi orang terkaya ke-25 di Indonesia pada tahun 2011, lalu naik ke peringkat 17 pada 2012. Kemudian, pada 2014 lalu Forbes menempatkan Djoko Susanto pada urutan 27 dari 50 orang terkaya di Indonesia.

Tahun ini, Djoko Susanto menduduki peringkat ke-7 orang terkaya di Indonesia. Dari bisnis yang digelutinya, kekayaan riil Djoko Susanto mencapai US$ 2,3 miliar atau setara dengan Rp 32,9 triliun. Kekayaan yang dicatat Forbes tersebut merupakan nilai yang tertinggi sejak 2017.

8. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi Sariaatmadja masuk dalam urutan ke-981 daftar orang terkaya di dunia. Adapun harta yang dimilikinya mencapai 2,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 31,5 triliun.

Eddy Kusnadi adalah pendiri salah satu perusahaan media di Indonesia, yakni grup Emtek pada 1983 lalu. Pada 2020 lalu, dia sempat terdepak dari daftar orang terkaya di dunia dan pada tahun ini kembali masuk jajaran lagi.

Grup Emtek diketahui menaungi tiga stasiun televisi yakni SCTV, Indosiar dan O Channel. Saat ini, anaknya Alvin Sariaatmadja menjabat sebagai Presiden Direktur Emtek grup. Emtek juga menjalin kerjasama dengan Alibaba's Ant Financial untuk sistem pembayaran digital di Indonesia.

9. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat adalah orang terkaya Indonesia di posisi kesembilan dan 1.520 di dunia. Total kekayaannya di tahun ini tercatat US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 31,46 triliun.

Theodore Rachmat adalah pengusaha pendiri Triputra group pada 1998 lalu. Saat ini, dia memiliki bisnis di bidang agribisnis, manufaktur dan pertambangan.

Rachmat juga diketahui memilki saham minoritas di Adaro Energy, dan menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden Komisaris. Sedangkan putranya, Ariano adalah Wakil Presiden Direktur dan Wakil CEO Adaro Energy.

10. Mochtar Riady dan Keluarga

Mochtar Riady berada di posisi ke-10 sebagai orang terkaya di Indonesia. Kekayaan Bos Lippo Group tahun ini tercatat US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28,7 triliun.

Adapun kekayaan pria berusia 91 tahun ini cenderung stagnan dari tahun lalu. Dan saat ini dia menjadi orang terkaya nomor 1.606 di dunia.

Saat ini perusahaannya dijalankan oleh anaknya James dan Stephen. Dia memiliki sejumlah usaha dari real estate, ritel, kesehatan, media serta pendidikan. Cucunya John kini menjalankan e-commerce MatahariMall, serta bisnis digital bank, Bank Nobu. John Riady juga menjadi CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait