Cara Membuat Alis dengan Pensil Alis, Tanpa Mencukur

Ada berbagai cara membuat alis dengan pensil alis tanpa harus mencukurnya lebih dulu. Cara ini efektif diterapkan oleh pemula. Berikut cara dan tips membuat alis yang sesuai.
Image title
26 Desember 2022, 21:45
Ilustrasi cara membuat alis dengan pensil alis
Katadata
Ilustrasi cara membuat alis dengan pensil alis

Cara membuat alis dengan pensil alis ala Korea membutuhkan ketelitian dan ketekunan agar bisa lancar. Terlebih alis merupakan bagian yang banyak diperhatikan dalam penampilan. Bagi Anda yang masih pemula, ada banyak cara membuat alis mata agar tetap terlihat natural dan sempurna.

Membuat alis natural dengan pensil alis tanpa mencukur bisa membuat alis tampak sempurna dan tidak berlebihan. Dalam kecantikan, cara membuat alis mata meliputi cara membersihkan alis, menggambar alis yang benar dan memilih warna.

Tips Membuat Alis

Sebelum membahas seputar cara membuat alis tanpa mencukur, ketahui tips membuat alis menggunakan pensil alis dilansir dari Kamini.id:

Tips membuat alis
Tips membuat alis (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Siapkan Alis

Langkah pertama siapkan alis untuk digambar layaknya sebuah kanvas yang harus dipastikan bersih untuk bisa dilukis. Silahkan hapus make up terlebih dahulu, meski tidak memakai riasan tetap bersihkan agar alis bersih dari kotoran dan debu.

2. Rapikan Alis

Tahap selanjutnya rapikan alis menggunakan pensil alis agar lebih mudah diatur. Mau tebal, tipis atau botak, alis wajib dirapihkan sebelum mulai dibentuk. Jika ingin menyisirnya saja maka siapkan sikat alis.

3. Tentukan Bentuk Alis yang akan Digunakan

Langkah selanjutnya adalah menggunakan pensil alis dengan menentukan bentuk alis yang diinginkan terlebih dahulu. Anda bisa memilihnya sesuai mood dan kreativitas.

4. Tentukan Titik Awal dan Akhir

Gunakan rumus 3 langkah, pertama dengan menggunakan sikat pensil alis, posisikan di samping cuping hidung. Tandai garis awal alis yang selurusan dengan pensil alis. Kedua miringkan sikat alis melewati tengah mata untuk melihat batas lengkungan alis, beri tanda juga di titik akhir alis.

Cara Membuat Alis dengan Pensil Alis Tanpa Mencukur

Membuat pensil alis tanpa mencukur meliputi beberapa langkah berikut:

Cara membuat alis dengan pensil alis
Cara membuat alis dengan pensil alis (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Rapihkan Alis Menggunakan Sikat Khusus

Cara membuat alis dengan pensil alis tanpa dicukur, Anda bisa menggunakan sikat khusus alis yang ukurannya kecil dan bulunya lembut, sehingga nyaman digunakan. Menyikat menggunakan sikat khusus, bisa membentuk alis lebih rapi dan tertata.

Jika ingin membuat alis lebih rapi dan awet, Anda bisa menggunakan brow soap yang diaplikasikan dengan sikat khusus alis. Brow soap merupakan sabun untuk merapihkan alis dan membuat alis tahan lama serta rapi.

2. Menggunakan Produk Pensil Alis yang Sesuai 

Apabila sudah membingkainya, sediakan juga pensil alis yang sesuai agar lebih mudah saat membentuknya. Kini tidak hanya pensil alis kayu tetapi ada juga jenis brow matic dengan bagian ujung yang lebih pipih, bentuk segitiga pipih dengan permukaan datar dan jenis eyebrow powder.

Bentuk pensil alis memudahkan Anda membingkai alis dengan baik, apalagi jika bagian ujungnya runcing. Warnanya juga cenderung nyata dan cepat keluar. Sementara itu, jenis brow matic dengan bentuk pipih dan ujungnya datar bisa digunakan untuk membuat alis natural karena ujungnya tidak terlalu tebal.

3. Bingkai Alis dan Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

Bingkai alis sesuai bentuk wajah merupakan cara membuat alis dengan pensil alis berikutnya. Penting sekali memperhatikan bentuk wajah agar Anda bisa menentukan seperti apa bentuk alis yang sesuai.

Langkah selanjutnya, mulailah membingkai alis bagian bawah, di atas kelopak mata dari bagian depan dekat hidung ke belakang hingga sepanjang mata. Kemudian lanjutkan membingkainya di bagian atas. Membingkai di bagian atas membutuhkan kehati-hatian agar bentuknya tidak terlalu tebal.

4. Mengisi Bagian Kosong secara Perlahan

Langkah selanjutnya mengisi bagian yang kosong dari bagian dalam keluar secara perlahan. Di langkah ini akan dibuat pewarnaan gradasi agar tampilan alis terkesan natural dan tidak terlalu tebal.

Mengisi bagian yang kosong mulailah di bagian belakang atau ekor alis. Selanjutnya tebalkan hingga ke bagian tengah dan arsir secara perlahan tanpa menekan pensil alis ke bagian depan. Lanjutkan menyikatnya menggunakan spoolie (sikat khusus alis) untuk memberikan tampilan gradasi.

5. Sempurnakan Bentuk Alis Menggunakan Concealer

Tahap terakhir membuat alis tanpa mencukur bagi pemula yaitu menyiapkan concealer untuk menyamarkan rambut-rambut halus di sekelilingnya sehingga tidak terlihat bercabang. Jika sudah dibingkai sempurna, Anda bisa mengaplikasikan concealer di sisa alis yang berada di sekitarnya.

Lanjutkan dengan mengesetnya menggunakan bedak tabur untuk mengunci riasan sehingga lebih tahan lama. Ratakan menggunakan jari tangan atau spons dengan cara di tap-tap supaya warnanya tidak berbeda dengan kulit wajah.

Demikian lima cara membuat alis dengan pensil alis tanpa cukur ini penting Anda ketahui agar alis terlihat lebih rapi dan sempurna. Bagi pemula mungkin akan terasa sulit dilakukan tetapi seiring waktu pasti bisa jika terus dilakukan secara konsisten.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait