Viral MS Glow Raup Rp 600 M, Produk Kecantikan Diminati di E-commerce

Fahmi Ahmad Burhan
25 Maret 2022, 17:50
juragan 99, Shandy Purnamasari, MS Glow, kecantikan, pajak, tokopedia, lazada, shopee, e-commerce
Instagram/@shandypurnamasari
Gilang Widya Pratama alias Juragan 99 dan istrinya, Shandy Purnamasari menunjukkan ikon MS Glow

Belakangan kabar MS Glow meraup Rp 600 miliar per bulan viral di media sosial. Di Tokopedia, Lazada, dan Shopee, penjualan produk kecantikan memang melonjak.

Istri dari Gilang Widya Pramana alias Juragan 99, Shandy Purnamasari mengatakan bahwa omzet bisnis produk kecantikan MS Glow Rp 600 miliar per bulan hanyalah asumsi perhitungan, bukan angka sebenarnya.

Sebelumnya disebutkan bahwa MS Glow berhasil menjual dua juta produk per bulan selama pandemi Covid-19. Sedangkan harga produknya berkisar Rp 50 ribu hingga Rp150 ribu, sementara paket dibanderol Rp 300 ribu.

Jika dipukul rata-rata penjualan Rp 300 ribu dikalikan Rp 2 juta, maka penghasilan MS Glow mencapai Rp 600 miliar per bulan.

Shandy kemudian menjelaskan melalui laman Instagram Story, bahwa angka tersebut hanyalah asumsi perhitungan. “Bukan pernyataan pendapatan fix,” kata Shandy melalui akun Instagram, Jumat (25/3).

“Jadi kurang tepat menurut saya jika kita menjadikan acuan untuk menghakimi. Sepertinya kita perlu memilah dan membaca hati-hati," tambah dia.

Meski begitu, produk kecantikan memang diminati di e-commerce. Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata menyebutkan, penjualan produk serum wajah melonjak hampir dua kali lipat secara tahunan (year on year/yoy) selama awal tahun ini.

Penjualan serum bulu mata dan alis meningkat hampir tiga kali lipat. “Di sisi lain, transaksi krim tirai matahari untuk wajah meroket lebih dari tiga kali lipat,” ujar Sherine kepada Katadata.co.id.

Namun ia tidak dapat membagikan data spesifik merek produk yang paling banyak dibeli di platform.

Tokopedia juga mencatatkan peningkatan penjualan produk kecantikan hampir dua kali lipat pada akhir 2020. Produk yang paling diminati yakni pembersih wajah, paket perawatan wajah, serum, masker wajah hingga krim wajah.

Hal senada terjadi di Shopee. "Di tengah kondisi pandemi, ada peningkatan penjualan produk kecantikan," kata Head of FMCG dan Electronics Putri Lukman dalam acara Bincang Shopee 9.9 Super Shopping Day: Potensi Produk Kecantikan Lokal di Era Modern, September tahun lalu (2/9/2021).

Setidaknya ada tiga tren transaksi produk kecantikan selama pandemi corona, sebagai berikut:

1. Meningkatnya penjual atau brand produk kecantikan lokal

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...