Ragam Manfaat Wortel untuk Perawatan Kecantikan

Manfaat wortel sangatlah beragam. Sayuran ini dikenal mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Selain itu, umbi-umbian ini dapat digunakan sebagai alternatif perawatan kecantikan.
Image title
4 Januari 2022, 15:57
Manfaat wortel untuk kecantikan.
Pexels/Mali Maeder
Manfaat wortel untuk kecantikan.

Wortel merupakan jenis sayuran yang cukup sering digunakan sebagai lauk. Salah satu umbi-umbian yang juga disebut sebagai biennial karena memiliki siklus hidup 12-24 bulan ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, selain untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegahnya dari berbagai penyakit yang mengancam, wortel nyatanya dapat digunakan sebagai alternatif bahan alami peratawan kecantikan.

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

Mengutip bebeautiful.in dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat wortel untuk kecantikan.

1. Memperlambat Penuaan

Manfaat wortel untuk kecantikan ialah mampu memperlambat penuaan dan membuat kulit tampak awet muda.

Advertisement

Wortel adalah salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Kadar vitamin A dalam wortel membantu mengusir radikal bebas dari tubuh, mencegah pengumpulan lemak dan empedu di hati serta membilasnya secara menyeluruh.

Di samping itu, karena wortel larut dalam air, sayuran ini dapat menghantarkan racun keluar dari tubuh.

2. Menjaga Kulit Lembap dan Kenyal

Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, terutama musim panas. Defisit nutrisi yang dapat menyebabkan kulit terkelupas tak lain disebabkan kurangnya kalium dalam tubuh.

Hal terebut dapat diatasi dengan menyertakan wortel ke dalam menu makanan Anda, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembap dan terasa kenyal.

3. Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Wortel termasuk sayuran yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, dermatitis, sampai ruam.

Selain karena kandungan antioksidanya, wortel menyimpan betakaroten yang bekerja pada penyembuhan bekas luka dan noda pada kulit. Untuk memeroleh manfaat ini, Anda hanya perlu membuat bubur atau jus wortel dan mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah.

4. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat wortel lainnya ialah mambut menjaga kesehatan rambut. Sayuran berwarna jingga ini memberi vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, membuatnya lebih kuat, tebal, dan berkilau.

Vitamin A dan vitamin E pada wortel membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal tersebut dapat memicu pertumbuhan rambut dan melindungi rambut dari uban prematur (munculnya uban sebelum usia 25 tahun).

5. Membuat Kulit Tampak Glowing

Mengonsumsi wortel dapat membuat kulit tampak cerah berkilau. Hal tersebut disebabkan karena kandungan betakaroten pada sayuran ini.

6. Melindungi Kulit dari Sengatan Matahari

Salah satu upaya untuk melindungi kulit dari sengatan matahari ialah memperkaya nutrisi beta karoten kulit dari dalam. Mengonsumsi wortel akan memberi perlindungan kulit terhadap efek radiasi UV.

7. Melindungi Gigi

Wortel dapat membuat senyum Anda lebih cerah dari biasanya. Sebab sayuran yang satu ini sudah sejak lama diakui ampuh mencegah gigi berlubang. Bahkan, mengunyah wortel mentah sama efektifnya dengan menyikat gigi.

Di samping itu, wortel kaya akan keratin dan vitamin A yang bekerja melawan plak dan memperkuat email gigi yang halus.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cara terbak untuk menrunkan berat badan adalah dengan mengganti menu diet dengan makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Wortel kaya akan serat dan dapat memuaskan rasa lapar Anda lebih lama serta membantu menurunkan berat badan.

Asupan kalori yang lebih rendah plus formula kaya nutrisi membuat saluran pencernaan Anda terkendali. Mengonsumsi wortel juga dapat menjaga usus tetap sehat dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

9. Perawatan Kulit Berminyak

Bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, barangkali sudah tidak asing dengan produk kecantikan yang mengandung vitamin A dalam bentuk retinoid dan tretinoin, yang juga terkandung dalam wortel. Mengonsumsi wortel secara rutin dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit.

10. Obat Gatal

Selain kaya manfaat untuk organ dalam, ternyata daun wortel baik untuk kulit. Daun yang sudah diolah menjadi sari daun dapat dioleskan sebagai obat luar. Obat luar ini untuk mengobati gatal-gatal pada kulit.

Daun dan umbi wortel bisa dihaluskan untuk masker. Masker ini untuk mengobati jerawat dan noda-noda hitam. Bisa juga dicampurkan sari daun dengan bubuk rimpang kunyit untuk hasil maksimal.

11. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Wortel mampu menjadi suplemen alami untuk kekebalan tubuh. Hal itu bisa terjadi karena kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit, misalnya Covid-19.

Namun, konsumsi wortel saja juga tidak cukup. Harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara lainnya, seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin olahraga.

Wortel untuk Perawatan Kecantikan

Wortel baik untuk kulit. Betakaroten bisa menyamarkan flek hitam pada wajah. Campurkan parutan wortel dengan kuning telur. Aduk secara merata dan tempelkan pada wajah. Campuran wortel ini bisa menjadi masker alami untuk wajah. Jangan lupa bilas dengan air bersih.

Selain itu, wortel bisa dimanfaatkan sebagai spray wajah untuk menyegarkan kulit setelah melewati berbagai aktivitas harian yang membuat kulit terasa panas, lelah, dan kusam.

Spray yang terbuat dari wortel juga dapat membantu memulihkan kulit kering dan membuatnya tampak lebih bercahaya.

Untuk membuat spray wortel, siapkan setengah cangkir jus wortel segar, air mawar, dan botol semprot kosong. Selanjutnya, campurkan jus wortel dan air mawar. Lalu, masukan ke dalam botol semprot. Spray wortel siap digunakan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait