Ragam Manfaat Wortel untuk Perawatan Kecantikan

Image title
4 Januari 2022, 15:57
Manfaat wortel untuk kecantikan.
Pexels/Mali Maeder
Manfaat wortel untuk kecantikan.

Wortel merupakan jenis sayuran yang cukup sering digunakan sebagai lauk. Salah satu umbi-umbian yang juga disebut sebagai biennial karena memiliki siklus hidup 12-24 bulan ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, selain untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegahnya dari berbagai penyakit yang mengancam, wortel nyatanya dapat digunakan sebagai alternatif bahan alami peratawan kecantikan.

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

Mengutip bebeautiful.in dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat wortel untuk kecantikan.

1. Memperlambat Penuaan

Manfaat wortel untuk kecantikan ialah mampu memperlambat penuaan dan membuat kulit tampak awet muda.

Wortel adalah salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Kadar vitamin A dalam wortel membantu mengusir radikal bebas dari tubuh, mencegah pengumpulan lemak dan empedu di hati serta membilasnya secara menyeluruh.

Di samping itu, karena wortel larut dalam air, sayuran ini dapat menghantarkan racun keluar dari tubuh.

2. Menjaga Kulit Lembap dan Kenyal

Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, terutama musim panas. Defisit nutrisi yang dapat menyebabkan kulit terkelupas tak lain disebabkan kurangnya kalium dalam tubuh.

Hal terebut dapat diatasi dengan menyertakan wortel ke dalam menu makanan Anda, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembap dan terasa kenyal.

3. Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Wortel termasuk sayuran yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, dermatitis, sampai ruam.

Selain karena kandungan antioksidanya, wortel menyimpan betakaroten yang bekerja pada penyembuhan bekas luka dan noda pada kulit. Untuk memeroleh manfaat ini, Anda hanya perlu membuat bubur atau jus wortel dan mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah.

4. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat wortel lainnya ialah mambut menjaga kesehatan rambut. Sayuran berwarna jingga ini memberi vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, membuatnya lebih kuat, tebal, dan berkilau.

Vitamin A dan vitamin E pada wortel membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal tersebut dapat memicu pertumbuhan rambut dan melindungi rambut dari uban prematur (munculnya uban sebelum usia 25 tahun).

5. Membuat Kulit Tampak Glowing

Mengonsumsi wortel dapat membuat kulit tampak cerah berkilau. Hal tersebut disebabkan karena kandungan betakaroten pada sayuran ini.

6. Melindungi Kulit dari Sengatan Matahari

Salah satu upaya untuk melindungi kulit dari sengatan matahari ialah memperkaya nutrisi beta karoten kulit dari dalam. Mengonsumsi wortel akan memberi perlindungan kulit terhadap efek radiasi UV.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...