5 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Air cucian beras dikenal ampuh mencerahkan kulit wajah, karena memiliki kandungan vitamin. Simak pembahasan terkait manfaat air cucian beras untuk wajah di bawah ini.
Image title
12 Januari 2023, 15:06
Manfaat air cucian beras untuk wajah.
pexels
Ilustrasi, orang mencuci wajah.

Produk kecantikan banyak yang menawarkan khasiat untuk mencerahkan kulit. Mulai dari tabir surya, serum, pelembap, dan masih banyak lagi.

Selain menggunakan produk tersebut, ternyata juga ada cara lain untuk mendapatkan kulit yang cerah. Salah satunya adalah mengaplikasikan bahan alami pada wajah, salah satunya air cucian beras.

Air cucian beras dikenal ampuh mencerahkan kulit wajah. Ternyata, kandungan di dalamnya memang bagus untuk kesehatan kulit. untuk lebih jelasnya, berikut kandungan yang ada di dalam air cucian beras.

Kandungan Air Cucian Beras

Termina sempat membahas tentang kandungan air cucian beras yang berperan dalam menimbulkan manfaat. Berikut daftar kandungannya:

- Vitamin A
- Vitamin C
- Vitamin E
- Flavonoids
- Phenolic.

Selain itu, kali ini Katadata.co.id juga ingin membahas tentang manfaat air cucian beras untuk wajah. Bukan hal yang baru, air cucian beras memang dikenal bagus untuk kesehatan dan tampilan wajah. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Mencerahkan Wajah

MANFAAT AIR CUCIAN BERAS UNTUK WAJAH
MANFAAT AIR CUCIAN BERAS UNTUK WAJAH (pexels)

 

Dilansir dari Mama Earth, disebutkan bahwa air beras diyakini mampu memutihkan dan mencerahkan kulit. Air cucian beras mengandung berbagai vitamin dan eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel kulit mati serta melembutkan tekstur wajah. Tak heran ketika terdapat kosmetik dengan kandungan air beras di dalamnya. Kandungan asam askorbat pada air cucian beras yang difermentasi diyakini mampu memudarkan flek dan noda hitam serta meratakan warna kulit.

2. Mencegah Jerawat

Cocok untuk kulit berminyak, manfaat air cucian beras untuk wajah berikutnya adalah mengatasi jerawat. Mengutip dari Health Line, membasuh wajah dengan air cucian beras mampu mengurangi jerawat yang meradang. Selain itu, juga bisa membersihkan pori-pori kulit beserta sebum atau minyak yang bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Sebagian orang juga merasakan sensasi kulit yang lebih tenang dan dingin.

3. Mengencangkan Kulit dan Menunda Penuaan

MANFAAT AIR CUCIAN BERAS UNTUK WAJAH
MANFAAT AIR CUCIAN BERAS UNTUK WAJAH (pexels)

 

Air cucian beras juga diyakini mampu kurangi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kerutan dan garis-garis halus. Hal ini mengacu pada sifatnya yang antioksidan sehingga mampu menangkan senyawa yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Air cucian beras juga dipercaya bisa merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen di kulit. Perlu diketahui bahwa kolagen berperan penting dalam mengencangkan kulit agar terlihat awet muda. Merangkum dari Health Line yang berpatokan pada studi National Institutes of Health tahun 2013, air beras yang difermentasi dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

4. Meredakan Iritasi

Air cucian beras mampu menenangkan kulit yang meradang akibat penyakit dermatitis, gatal, serta paparan sinar matahari berlebih. Selain itu, senyawa yang ada di dalamnya juga berperan sebagai pelindung alami dari sinar matahari. Mengutip Health Line, kombinasi air cucian beras dengan ekstrak tumbuhan lain, bagus untuk kesehatan wajah dan sangat efektif untuk merawat kulit.

5. Menyamarkan Pori-pori

Menggunakan air cucian beras untuk perawatan wajah juga bisa jadi solusi untuk Anda yang memiliki masalah pori-pori besar. Melansir laman My Glamm, air cucian beras juga bisa digunakan menjadi ‘toner’ yang luar biasa. Hal tersebut juga berkaitan dengan perannya dalam mengontrol produksi sebum atau minyak pada kulit yang bisa memicu pori-pori melebar.

Demikian penjelasan mengenai manfaat air cucian beras untuk wajah. Perlu diperhatikan bahwa air cucian beras yang dimaksud tidak selalu ‘air’ yang didapatkan setelah Anda mencuci beras. Akan lebih baik apabila yang digunakan berupa fermentasi.

Selain itu, beras yang digunakan juga tidak harus beras yang biasa dimasak menjadi nasi putih. Anda juga bisa menggunakan dari beras coklat maupun beras melati. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat air cucian beras untuk membasuh wajah, simak cara berikut ini.

Cara Membuat Air Cucian Beras untuk Wajah

MANFAAT AIR CUCIAN BERAS UNTUK WAJAH
MANFAAT AIR CUCIAN BERAS UNTUK WAJAH (Pixabay)

 

1. Siapkan beras. Anda bisa menggunakan jenis beras apa saja. Namun yang paling direkomendasikan adalah beras putih, coklat, dan melati.
2. Masukkan 92,5 gram beras ke dalam mangkuk. Mengutip dari Healthy and Natural World, air cucian beras yang akan dibuat akan awet sampai satu minggu ke depan.
3. Cuci beras sambil membersihkan partikel kotor di dalamnya. Cuci hingga bersih.
4. Rebus air untuk membuat air lebih terkonsentrasi. Anda juga bisa memfermentasi air beras untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang lebih banyak.
5. Bilas dan keluarkan beras ke tempat kosong lain. Beras bebas digunakan untuk apa saja.
6. Tambahkan lagi 710 ml air.
7. Rebus beras hingga mendidih
8. Diamkan hingga dingin
9. Rendam air beras selama 15-30 menit hingga bertekstur sangat encer.
10. Saring beras dan tiriskan air beras ke dalam wadah terpisah.
11. Tiriskan hingga tidak ada butiran beras di dalam air dan berwarna putih susu.
12. Tempatkan air beras dan diamkan selama 1-2 dalam keadaan terbuka.
13. Masukkan ke dalam lemari apabila sudah berbau asam untuk menghentikan proses fermentasi.
14. Tuang air cucian beras ke dalam wadah baru dan tutup hingga rapat.
15. Simpan di dalam lemari es kurang lebih satu minggu sebelum dipakai.

Demikian langkah-langkah membuat air cucian beras yang bisa dibasuh ke wajah. Rekomendasi tersebut bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan dan jenis kulit wajah Anda.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait